redesain-navbar Portlet

null

Blog

Belajar secara Mandiri: Ikuti 7 Langkah Mudah Ini

Belajar secara mandiri di rumah dapat dilakukan dengan mudah.

Belajar secara Mandiri, image via www.lifehack.org

Belajar dari rumah sebenarnya membawa manfaat yang tak bisa dianggap sebelah mata. Setelah tugas-tugas dari guru dan dosen tuntas, kita punya waktu yang dapat digunakan sesuka hati. Bersantai dan relaksasi memang diperlukan, tapi sayang sekali bila kita rebahan sepanjang sisa waktu, bukan?

Jadi, kenapa tak menggunakan waktu untuk belajar sesuatu yang selama ini menjadi minatmu, Sobat? Mungkin dengan mendalami dan mengeksplor Matematika, belajar satu bahasa asing, atau yang lain? Apapun itu, semua dapat dikerjakan dengan beberapa langkah mudah ini.

 

1. Membaca dengan Aktif

Setiap orang bisa sekedar membaca. Bagi kita yang sudah berada di sekolah menengah atau kuliah, membaca bukan hal yangn sulit dikerjakan. Tapi sudahkan kita membaca dengan aktif?

Membaca aktif bukan berarti kita harus selalu meninggalkan komentar di kolom yang disediakan. Akan tetapi, lebih utamanya adalah kemampuan kita dalam memahami, menemukan makna isi yang disampaikan, hingga mampu menjelaskan ulang suatu bacaan.

 

2. Membaca Layap

Membaca cepat atau membaca layap kita lakukan ketika mencari ide-ide pokok atau hal-hal penting dari suatu bacaan. Teknik membaca layap biasanya dilakukan ketika kita hanya membutuhkan gagasan pokok. Tapi membaca layap juga dapat kita lanjutkan dengan membaca detail, kemudian merangkum isi bacaan.

 

3. Perbanyak Sumber Bacaan

Jangan terpaku pada satu sumber bacaan. Saat belajar secara mandiri, kita membutuhkan beragam sumber. Ibarat melihat peta, Sobat Pintar ingin menuju ke suatu lokasi, ada banyak jalan yang bisa ditempuh. Semakin banyak alternatif jalan yang bisa ditempuh, kita semakin terlatih untuk menemukan jalan terbaik.

Begitu pula dengan rujukan atau sumber belajar mandiri. Seiring waktu, kita akan terlatih untuk merujuk pada sumber belajar yang lebih kredibel. Ketika harus belajar tanpa bimbingan guru atau dosen, skill seperti ini perlu kita kembangkan secara mandiri.

 

4. Jangan Segan Meminta Bantuan

Doing your best to help yourself is an important skill in independent learning. Tapi bukan berarti kita tak boleh meminta bantuan ketika membutuhkan, Sobat. Sama aktifnya ketika mencari bahan belajar, kita juga harus aktif mencari bantuan ketika membutuhkan – bisa melalui forum online, misalnya.

 

5. Terbuka untuk Diskusi

Selain forum online, kita dapat membuka diskusi melalui media sosial. Bahkan dari diskusi terbuka melalui media sosial, boleh jadi kita justru belajar sesuatu yang belum pernah terbersit dibenak. We'll never know whom we can learn from.

 

6. Tentukan Target

Apa yang ingin dicapai dari belajar secara mandiri yang sedang atau akan dikerjakan, Sobat? Misalnya, Sobat Pintar ingin belajar Matematika lebih banyak. Kenapa Sobat melakukannya? Apa yang ingin dicapai dikemudian hari? Sekedar menyukai matapelajaran Matematika saja tidak akan cukup untuk melecutkan semangatmu belajar.

Adakalanya kita akan menjumpai topik-topik yang cukup sulit atau berat untuk dipelajari seorang diri. Forum diskusi dan bantuan dari orang lain memang akan membantu. Tapi bila tak ada target jelas yang ingin dicapai, kita seolah belajar tanpa arah yang jelas.

Misalnya Sobat Pintar ingin mengikuti olimpiade Matematika tahun depan atau ingin menguasai materi Matematika untuk UTBK. Target seperti ini memberimu semangat untuk terus belajar, khususnya ketika menghadapi materi yang lebih sulit dikuasai.

 

7. Atur Waktu Seefisien Mungkin

Belajar dari rumah membuat kita harus pandai-pandai mengatur waktu. Masih ada tugas-tugas dari sekolah atau kampus yang harus kita kerjakan pula. Tanpa pengaturan waktu yang efisien, misi belajar mandiri kita bisa kacau balau.

Untuk meningkatkan efisiensi waktu, pilah-pilah tugas yang harus dikerjakan. Kemudian, tentukan berapa lama waktu yang diperlukan untuk masing-masing tugas. Terakhir, susun jadwal yang mencakup seluruh tugas dan alokasi waktunya. Pastinya, usahakan untuk terus menaati jadwal yang sudah disusun itu ya, Sobat!

 

Yang tak kalah penting saat kita belajar sesuatu secara mandiri adalah semangat pantang menyerah. Don't give up when a task becomes challenging. Just don't. Teruslah belajar sampai Sobat memahami benar apa yang sedang dipelajari.

60

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
1 Comment
ya good
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp