redesain-navbar Portlet

Blog

Berjiwa Pendidik Lihat Referensi Jurusan Ini, image via unsyiah.ac.id

Berjiwa Pendidik? Lihat 7 Referensi Jurusan Ini

Jurusan kependidikan yang berbeda menyiapkan mahasiswanya untuk kecakapan dibidang pendidikan yang berbeda.

Adakah Sobat Pintar yang bercita-cita menjadi guru? Lebih dari sekedar mengajar suatu matapelajaran, guru memiliki peran penting dalam mendidik generasi muda. Oleh sebab itu, pendidikan guru memiliki cakupan yang lebih luas daripada mengajarkan tentang bagaimana cara mengajar.

Nah, bila Sobat Pintar menggenggam cita-cita mulia untuk menjadi sosok yang dapat digugu dan ditiru oleh generasi berikutnya nanti, jurusan-jurusan kuliah berikut ini boleh menjadi referensi pilihan. Mahasiswa pada jurusan-jurusan ini tak hanya belajar tentang cara mengajar, tapi juga seluk beluk dunia pendidikan.

 

1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Jurusan ini menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi pendidik profesional pada pendidikan tingkat dasar. Dengan sistem kelas SD saat ini, mahasiswa PGSD dipersiapkan untuk mengajar semua matapelajaran. Walaupun cakupan keilmuannya cukup luas, materi perkuliahannya sendiri terhitung tak terlalu sulit.

Profesi guru SD memberi peluang status ASN/ PNS yang cukup besar karena kuota penerimaannya cenderung lebih besar dibanding jurusan keguruan yang lain. And did you know, Sobat? Diperkirakan pada tahun 2020 nanti akan banyak guru SD yang mencapai masa pensiun sehingga dibutuhkan banyak guru baru untuk menggantikan.

 

2. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Anak usia dini sama dengan anak usia pra sekolah. Artinya, jurusan ini menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi pendidik dan pembimbing anak-anak sebelum mereka masuk SD.

Fokus utama kualitas alumni jurusan ini adalah pada perannya sebagai guru yang mampu mempengaruhi pembentukan sikap dan karakter anak sejak masih sangat belia. Karena orientasi tersebut, calon mahasiswa PAUD biasanya adalah mereka yang memang menyukai anak kecil, penyayang, sabar, telaten, kreatif, dan periang.

 

3. Pendidikan Geografi/Sejarah/Matematika, dll.

Sobat Pintar ingin mengajar matapelajaran tertentu di SMP atau SMA? Maka, referensi jurusan kuliah yang dapat dipilih adalah yang sesuai dengan matapelajaran tersebut, seperti Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, dan lain-lain.

Jurusan kependidikan biasanya ada pada universitas negeri yang dulunya merupakan Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP). Akan tetapi, dibeberapa perguruan tinggi, seluruh jurusan kependidikan menjadi bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

 

4. Pendidikan Bimbingan Konseling

Jurusan inilah yang dipilih kalau Sobat Pintar ingin menjadi guru BK. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bimbingan Konseling memperoleh dua kecakapan ilmu sekaligus, yaitu psikologi dan kependidikan.

Pada ilmu psikologi, mahasiswa Pendidikan BK belajar tentang teori psikologi, ilmu perilaku, pemahaman kepribadian, dan lain-lain. Sementara itu, ilmu kependidikan yang dipelajari bermanfaat dalam melakukan bimbingan dan konseling dibidang pendidikan.

 

5. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

KTP bukan Kartu Tanda Penduduk ya, Sobat – melainkan kependekan dari Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Jurusan ini pun terkadang disebut TEP atau Teknologi Pendidikan. Tak ada yang berbeda dari keduanya – sama-sama mengacu pada jurusan yang fokus kajian ilmunya pada pemanfaatan teknologi dan pengembangan kurikulum pendidikan.

Pemanfaatan teknologi yang tepat dapat membantu kelancaran dan efisiensi mengajar, sehingga diperlukan kurikulum yang relevan di sekolah. Teknologi juga membantu proses belajar menjadi lebih mudah. Sama seperti ketika Sobat belajar bersama melalui AP Live, bukankah teknologi membuat kegiatan belajarmu jadi lebih menyenangkan?

 

6. Manajemen Pendidikan

Ilmu yang dipelajari pada jurusan ini lebih dibutuhkan oleh mereka yang kelak menjadi staf Tata Usaha dan administrasi sekolah, bahkan Kepala Sekolah. Pasalnya, mahasiswa Manajemen Pendidikan lebih banyak belajar tentang kebijakan pendidikan, manajemen keuangan, pengembangan SDM, teknologi informasi, dan lain-lain.

Alih-alih dipersiapkan untuk berhadapan dengan siswa secara formal, alumni jurusan ini lebih piawai dibidang manajemen sekolah. Perencanaan dan jalannya proses pendidikan menjadi keahlian utama alumni Manajemen Pendidikan, termasuk pula pengawasan dan pengelolaan aset dan infrastruktur pendidikan.

 

7. Pendidikan Luar Biasa

Jurusan ini merupakan referensi pilihan bagi Sobat Pintar yang bercita-cita mengajar anak-anak berkebutuhan khusus. Alumni Jurusan Pendidikan Luar Biasa adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk merancang proses pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Mereka pun mempu berkomunikasi sesuai dengan kebutuhan siswanya.

Selain kecakapan dalam perancangan proses pembelajaran, orang-orang yang paling sesuai untuk berkiprah dibidang pendidikan khusus ini adalah mereka yang tekun dan terampil dalam berkomunikasi. Tentunya, bakat alami tersebut dipoles lagi dengan ilmu tentang ortopedagogik, sensomotorik, ortodidaktik, dan masih banyak lagi.

 

Lantas, jurusan kuliah yang mana yang menarik bagimu, Sobat? But wait, sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan minat dan keunikan dirimu sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki. Bagaimana mengetahui kesesuaian keduanya? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Minat Pintar. Sudah mencobanya, Sobat?

Lebih masukan Blog

6 Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia

Kalau Sobat Pintar ingin memperdalam tentang Sastra Inggris diperguruan tinggi, apakah harus...

KIP Kuliah untuk Calon Mahasiswa 2020/2021

Sejak tahun 2010, Bidikmisi telah membantu banyak lulusan SMA/ SMK untuk melanjutkan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line