redesain-navbar Portlet

Blog

Biaya Konsultasi Psikolog 2022

Persiapan sebelum melakukan konsultasi psikologi mencakup pula faktor biaya.

biaya konsultasi psikolog, Photo by Lauren Mancke on Unsplash

"Biaya konsultasi ke psikolog itu berapa, sih? Kalau aku mau konsultasi psikologi, uang sakuku cukup, nggak?"

Siapa nih, Sobat Pintar yang galau mikirin biaya konsultasi psikolog? Sejujurnya, biaya ke psikolog itu jarang kita taruh di prioritas teratas. Dengan uang saku yang terbatas, kita mungkin lebih mendahulukan pulsa, perlengkapan sekolah, sampai jajan.

Kalau begitu, healing-nya bagaimana, tuh? Sebenarnya healing itu bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara, Sobat. Kita main medsos beberapa menit lewat WiFi gratisan juga bisa terhitung healing. Sebaliknya, naruh ponsel sebentar buat jongging pun bisa dianggap healing. Namun memang ada beberapa permasalahan dan keadaan psikologis tertentu yang tetap membutuhkan layanan konsultasi psikologi.

 

Kapan Layanan Konsultasi Psikologi Diperlukan?

apa bedanya psikolog dan psikiater
Photo by Dustin Belt on Unsplash

Stressor atau pemicu stres bagi setiap orang tentunya berbeda. Retensi terhadap stres atau tekanan setiap orang juga berbeda. Ibarat mengangkat beban, kamu mungkin sanggup mengangkat sesuatu seberat 10 kilogram, tetapi temanmu enggak bakalan mampu. Namun secara umum, ada tanda-tandanya ketika seseorang sudah perlu konsul psikologi, antara lain:

- Selera makan tiba-tiba meningkat atau, sebaliknya, menghilang

- Sulit tidur dan terlelap atau justru tidur terlalu lama

- Terus-terusan merasa sedih, khawatir, atau marah tanpa sebab yang jelas

- Merasa putus asa dan hilang harapan

- Kehilangan minat pada sesuatu yang disukai

- Mengeluhkan sakit kepala, sakit perut, atau pilek terlalu sering

- Merasa letih terus-menerus

- Kecanduan terhadap sesuatu

- Rutinitas dan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Tanda-tanda di atas tidak selalu menjadi patokan kedaruratan untuk menemui psikolog dan melakukan konsultasi psikologi, Sobat Pintar. Sekali lagi, ketahanan setiap orang berbeda. Namun tak perlu menunggu sampai kesehatan mentalmu memburuk untuk konsul psikologi, bukan?

 

Berapa Tarif Konsultasi Psikolog?

berapa biaya konsultasi ke psikolog
Photo by Juliette Contin on Unsplash

Sama halnya, tak ada patokan yang jelas mengenai biaya ke psikolog. Ada beragam faktor yang menentukan harga konsultasi psikolog, seperti tempat konsultasinya maupun jam terbang psikolognya. Namun ada satu ketentuan yang sama, yakni biaya konsultasi psikolog biasanya dihitung per sesi.

Durasi per sesi pun beragam, ada yang 30 menit, 45 menit, hingga 60 menit. Bila layanan konsultasi psikologi yang dilakukan ternyata membutuhkan waktu lebih lama, biasanya ada biaya tambahan tersendiri. Sebagai gambaran, berikut perkiraan biaya konsultasi ke psikolog yang dapat kamu siapkan.

Kota

Perkiraan Biaya

Jakarta

Rp190.000,00 – Rp750.000,00

Bekasi

Rp210.000,00 – Rp650.000,00

Tangerang

Rp150.000,00 – Rp325.000,00

Jambi

Rp150.000,00

Tegal

Rp130.000,00

Depok

Rp150.000,00 – Rp200.000,00

Banjarmasin

Rp200.000,00

Bogor

Rp135.000,00 – Rp150.000,00

Yogyakarta

Rp145.000,00

Kudus

Rp100.000,00

Bandung

Rp200.000,00

Apakah ada alternatif lain? Tentu saja, Sobat Pintar. Kamu bisa mengikuti konsultasi psikologi secara online. Di aplikasi Aku Pintar, misalnya, ada fitur Konseling Pintar yang memberikan tawaran konseling dengan beberapa psikolog. Biaya biaya konsultasi psikolog online seperti ini cenderung lebih terjangkau, khususnya buat kita yang masih mengandalkan uang saku.

Sekarang ini kamu juga sudah bisa mendapatkan layanan konsultasi psikologi di puskesmas. Jika menggunakan BPJS Kesehatan, biaya ke psikolog di puskesmas itu gratis. Jika tanpa menggunakan BPJS Kesehatan, harga konsultasi psikolog di puskesmas saat ini sekitar Rp7.000,00.

Sayangnya, layanan konsultasi psikologi tidak selalu ada di setiap puskesmas. Kalau begitu, kamu bisa ke RSUD di tempat tinggalmu. Jika tersedia poli psikologi di RSUD tersebut, kamu bisa memanfaatkan konsul psikologi yang diberikan.

Mumpung di rumah sakit, nih. Bagaimana kalau kita menemui psikiater saja? Boleh-boleh saja, Sobat. Namun kamu harus tahu bahwa psikolog dan psikiater itu dua profesi yang berbeda. Apa bedanya psikolog dan psikiater?

Dari latar belakang keilmuannya saja sudah berbeda, Sobat. Untuk menjadi seorang psikolog, kamu harus kuliah S1 Psikologi, kemudian melanjutkan ke S2 Psikologi, dan mengikuti pendidikan Program Profesi Psikolog. Sedangkan untuk menjadi seorang psikiater, kamu harus kuliah S1 Pendidikan Dokter, mengikuti pendidikan Program Profesi Dokter, kemudian kuliah spesialis dokter kejiwaan.

Metode pengobatan keduanya pun berbeda. Seorang psikolog menggunakan konseling untuk mendeteksi, menganalisis, dan memberikan solusi kepada pasien. Sementara itu, seorang psikiater menangani pasien melalui pendekatan medis karena memiliki izin untuk memberikan terapi obat-obatan kepada pasien.

Berapa biaya konsultasi psikiater, terutama jika disandingkan dengan tarif konsultasi psikolog? Berikut perkiraan biaya konsultasi psikiater saat ini di beberapa kota.

Kota

Perkiraan Biaya

Bandung

Rp180.000,00 – Rp200.000,00

Bogor

Rp160.000,00

Tangerang

Rp225.000,00

Yogyakarta

Rp80.000,00 – Rp125.000,00

Depok

Rp175.000,00

Bekasi

Rp90.000,00

Jakarta

Rp300.000,00 – Rp500.000,00

 

 

Apa yang Disiapkan sebelum Mengikuti Konsultasi Psikologi?

berapa harga konsultasi psikolog di indonesia
Photo by Hannah Olinger on Unsplash

Sama seperti pengalaman pertama yang lain, pengalaman pertama mengikuti layanan konsultasi psikologi akan terasa asing dan aneh, bahkan mungkin menakutkan. Tak apa-apa, Sobat Pintar. Kamu bisa mengibaratkan konsul psikologi seperti menemui dokter. Bedanya, kali ini bukan sakit fisik yang menjadi soal.

Checklist konsultasi psikologi sebenarnya mirip dengan checklist-mu ketika sakit dan lantas memeriksakan diri ke dokter. Untuk memudahkan sesi konsultasi dan agar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama melakukan konsul psikologi, lakukan persiapan sebelum bertemu psikolog. Pertama, catat keluhan maupun masalah yang sedang dialami. Kedua, usahakan untuk merasa rileks menjelang sesi konsultasi. Ketiga, istirahat dan makan yang cukup.

Saat menjalani konsultasi psikologi, ceritakan permasalahan dan jawab pertanyaan psikolog dengan jujur. Informasi yang benar darimu akan sangat mempengaruhi akurasi analisis psikolog. Solusi yang tepat hanya akan diperoleh melalui analisis yang cermat dan akurat atas masalah yang kamu sampaikan.

Nah, apakah kamu akan mengikuti konsultasi psikologi, Sobat Pintar? Layanan konsultasi psikologi yang seperti apakah yang kamu inginkan: secara langsung atau online?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3


Artikel Terkait

image article

Mager? Atasi dengan 5 Tips Ini

avatar penulis

deni purbowati

28 Januari 2019

Baca Selengkapnya
image article

Kenali Tanda-Tanda Disleksia Ini

avatar penulis

deni purbowati

20 Oktober 2019

Baca Selengkapnya
image article

Kenapa Perlu Magang Sebelum Lulus? Ini 4 Manfaat Kerja Magan

avatar penulis

deni purbowati

31 Agustus 2018

Baca Selengkapnya

CssBlog

metablog-web Portlet