APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Biologimu Bagus? Ini 9 Jurusan buat SNBP 2023

Beberapa jurusan kuliah cenderung lebih dekat dengan bidang ilmu biologi.

Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

Rekomendasi jurusan SNBP untuk yang nilai biologinya bagus itu apa saja, sih? Jawabannya bisa beragam banget, Sobat, apalagi ada ketentuan mapel pendukung pilihan jurusan untuk SNBP. Namun jika dilihat dari popularitasnya, beberapa jurusan yang berhubungan dengan biologi di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan.

rekomendasi Jurusan SNBP untuk yang nilai biologinya bagus
Photo by Edward Jenner on Pexels

1. Biologi

Jurusan terbaik SNBP yang terkait biologi adalah... tentu saja Biologi! Ini adalah jurusan yang paling umum dan paling sering dipilih oleh calon mahasiswa yang tertarik pada biologi. Di jurusan ini kamu belajar tentang anatomi, fisiologi, biokimia, genetika, evolusi, ekologi, botani, dan zoologi.

Dengan semua yang dipelajari selama kuliah itu, lantas lulusan sarjana biologi kerja dimana? Lulusan Biologi murni dapat bekerja di berbagai bidang, seperti penelitian, konservasi, pengelolaan lingkungan, maupun industri bioteknologi. Sementara buat para lulusan Pendidikan Biologi atau Tadris Biologi yang punya "bonus" keterampilan dan kemampuan mengajar, biasanya mereka menjadi guru di sekolah.

jurusan yang berhubungan dengan kimia
Photo by Edward Jenner on Pexels

2. Farmasi

Farmasi adalah salah satu jurusan yang berhubungan dengan kimia dan biologi sekaligus. Mahasiswa jurusan ini belajar tentang farmakologi, farmakokinetik, farmakodinamik, kimia farmasi, teknologi farmasi, analisis farmasi, farmasi klinis, dan farmasi jaringan. Mahasiswa Farmasi juga belajar tentang cara kerja obat-obatan, cara menentukan dosis yang tepat, interaksi obat-obatan dengan tubuh, cara pembuatan obat-obatan, serta cara analisis obat-obatan.

Karena berkaitan dengan dua bidang ilmu sains sekaligus, tak heran bila Farmasi dikenal sebagai jurusan yang cocok untuk anak IPA. Alumni jurusan ini biasanya bekerja di industri farmasi, di apotek, atau di rumah sakit.

jurusan yang berhubungan dengan biologi
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels

3. Kedokteran

Semestinya kamu sudah tau banyak tentang jurusan ini, Sobat. Enggak heran dong, kalau ngebahas rekomendasi jurusan SNBP biologi pasti masuk menjadi salah satunya. Mahasiswa Kedokteran memang belajar anatomi, fisiologi, patologi, farmakologi, diagnostik, bahkan terapi sampai bedah, yang semua itu masih berada dalam ranahnya biologi. Tinggal kamunya nih, mau pilih kuliah di Kedokteran umum, Gigi, atau Hewan. Apa pun yang kamu pilih, kedokteran memang bidang ilmu dan pekerjaan yang berhubungan dengan biologi – fixed no debat ini mah.

jurusan yang berkaitan dengan biologi
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels

4. Peternakan

Peternakan juga adalah jurusan yang berkaitan dengan biologi. Kuliah di jurusan ini mengharuskanmu belajar tentang berbagai aspek dari usaha ternak, seperti reproduksi, pemeliharaan, nutrisi, pengendalian penyakit, manajemen, sampai pemasaran produk ternak. Lulusan Peternakan dapat bekerja di industri peternakan, di perusahaan pakan ternak, atau bahkan di perusahaan perkebunan.

pemilihan jurusan di SNBP 2023
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

5. Ilmu Pertanian

Kalau kamu suka biologi, Ilmu Pertanian adalah rekomendasi jurusan SNBP 2023 yang enggak boleh dilewatkan. Di jurusan ini kamu bakal belajar bagaimana mengoptimalkan produksi tanaman, varietas tanaman, teknik budidaya, pengendalian hama dan penyakit tanaman, irigasi, drainase, jaringan air, hubungan antara tanaman, hewan, lingkungan, hingga pengolahan hasil pertanian. Lulusan Ilmu Pertanian dapat bekerja di perusahaan perkebunan, di industri pertanian, atau di perusahaan pakan ternak.

Jurusan apa yang cocok untuk biologi
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels

6. Bioteknologi

Jurusan apa yang cocok untuk biologi? Biologi udah disebutin di atas. Bagaimana dengan Bioteknologi? Perkuliahan di jurusan ini berkaitan ilmu dasar biologi seperti biokimia, genetika, mikrobiologi, dan biologi molekuler. Mahasiswa Bioteknologi juga belajar sisi teknologinya, seperti teknologi DNA rekombinan, teknologi kultur sel, maupun teknologi PCR. Bahkan, jika kelak kuliah di jurusan ini, kamu juga akan belajar tentang pemasaran dan manajemen di bidang bioteknologi. Bioteknologi sendiri dapat diterapkan di bidang kedokteran, pertanian, lingkungan, maupun industri.

Lulusan sarjana biologi kerja dimana
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels

7. Kehutanan

Hutan adalah laboratoriumnya anak bio. Bener ga, Sobat? Mudah saja kok, memahami Kehutanan itu jurusan yang berhubungan dengan biologi. Kuliah Kehutanan itu penuh dengan materi tentang biologi tumbuhan dan hewan, hidrologi, geomatika, sampai ekonomi sumber daya alam dan peraturan hukum yang berlaku dalam bidang kehutanan. Berbagai aspek manajemen hutan, seperti teknik reboisasi, konservasi, pengelolaan sumber daya hutan, pengelolaan lingkungan, dan ekologi hutan, juga dipelajari selama kuliah.

jurusan yang cocok untuk anak ipa
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels

8. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Jangan ketinggalan, masih ada Ilmu Kesehatan Masyarakat (atau Kesehatan Masyarakat) sebagai tambahan pemilihan jurusan di SNBP 2023. Jurusan yang berkaitan dengan biologi ini mengkaji tentang epidemiologi, biostatistik, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, kesehatan reproduksi, kesehatan mental, kesehatan komunitas, manajemen kesehatan, dan berbagai aspek kesehatan masyarakat lainnya.

pekerjaan yang berhubungan dengan biologi
Photo by Edward Jenner on Pexels

9. Ilmu Lingkungan

Ilmu Lingkungan juga merupakan salah satu rekomendasi Jurusan SNBP untuk yang nilai biologinya bagus. Saat menjadi mahasiswa Ilmu Lingkungan, kamu akan belajar tentang ekologi, geologi, hidrologi, kimia lingkungan, meteorologi, biologi lingkungan, teknologi lingkungan, dan lain-lain. Jurusan ini pasti menarik buat kalian yang punya kepedulian lingkungan tinggi karena materi perkuliahannya sarat dengan pengelolaan dan pengendalian masalah lingkungan, seperti polusi udara, polusi air, pencemaran tanah, bahkan pemanasan global.

Nah, udah ngga bertanya-tanya lagi kan, Sobat, apa saja jurusan yang berhubungan dengan biologi? Udah makin mantap nih, dengan pemilihan jurusan di SNBP 2023? Biar enggak sampai salah pilih, pastikan lagi pilihanmu dengan menggunakan Tes Penjurusan Kuliah, ya.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog