redesain-navbar Portlet

null

Blog

Buat Belajar Lebih Menyenangkan – Ini 4 Triknya

Belajar dari rumah menjadi lebih menyenangkan dengan beberapa trik sederhana.

Belajar Lebih Menyenangkan, image via fortune.com

Setelah hampir sebulan belajar dari rumah, bagaimana kesan yang dirasakan, Sobat? Is it exciting? Is it fine? Is it boring? Is it confusing? Apapun itu, rasa bosan pasti muncul.

Bagaimana tidak, kita harus tetap berada di rumah selama masa pandemi ini. Kita juga masih harus belajar dan mengerjakan tugas yang datang silih berganti. How can we not be bored?

Salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan membuat tempat belajar kita jadi lebih menyenangkan. Bagaimana caranya?

 

1. Tempat yang Tenang

Bila memungkinkan, pilihlah tempat yang cukup tenang di rumah khusus untuk belajar. Entah di kamarmu atau ruang yang lain, tempat belajar idealnya jauh dari distraksi kebisingan. Gangguan suara bisa berasal dari televisi, adik yang sedang bermain, atau kakak yang menggunakan sound dengan volume keras.

Tentunya, tempat belajar di rumah ini sangat tergantung keadaan kita masing-masing. Namun pada dasarnya kita lebih sulit berkonsentrasi belajar di tempat yang sama kita makan, duduk-duduk, atau tidur.

Bagaimana bila tak ada pilihan tempat belajar yang tenang? Dalam keadaan yang serba terbatas, kita masih bisa menutup pintu. Setidaknya, pintu yang tertutup dapat meminimalisir kebisingan yang mengganggu.

 

2. Rapikan, Jangan Berantakan

Apakah setiap kali Sobat memulai belajar, pertama-tama yang dilakukan adalah merapikan tempat belajar? Menutup buku-buku dan meletakkannya di ujung meja, mengumpulkan pensil dan pulpen kembali kedalam tempatnya, hingga membuang bungkus makanan ringan yang tercecer ke tempat sampah.

Jika begitu, kapan mulai belajarnya, Sobat? Ketika buku teks, pulpen, laptop, buku catatan, dan barang-barang yang dibutuhkan sudah rapi dan siap digunakan, mood untuk mulai belajar juga lebih mudah dibangun. Once you sit at your study space, you're just ready to begin. Tak perlu lagi membuang waktu diawal untuk beres-beres, bukan?

 

3. Pencahayaan yang Terang

Bila memungkinkan, belajarlah di tempat dimana cahaya matahari pagi menerangi secara langsung. Belajar bersama dikelas maya sambil berjemur, ibarat sekali mendayung dua pulau terlampaui. Lagipula, Vitamin D dapat memperkuat sistem imun kita agar makin bugar menghadapi penyebaran virus berbahaya.

Bagaimana bila tak ada tempat seperti itu di rumah? Tak apa, Sobat. Yang penting, tempatmu belajar mendapat cahaya yang cukup – baik melalui jendela disiang hari maupun dari lampu ruangan dimalam hari.

 

4. Jangan Terlalu Nyaman

Tempat belajarmu mungkin lebih nyaman daripada meja dan kursi di sekolah. But don't let yourself feel too comrotable that you can easily fall asleep. Sofa, tempat tidur, bantal-bantal yang empuk, ataupun selimut adalah beberapa item yang dapat dengan mudah kita asosiasikan dengan kenyamanan – dan tidur.

Cukupkan diri dengan tempat belajar yang membuatmu dapat duduk dengan tegak. Sempatkan untuk bangkit, melakukan peregangan ringan, jalan-jalan sebentar melemaskan kaki disela belajarmu – so you don't fall asleep!

Makanan ringan dan air minum yang mudah dijangkau di tempat belajar juga dapat membantu kita tetap terjaga. Suplai energi dan hidrasi yang cukup dapat menopang kepala kita tetap tegak, bertahan dari kantuk yang diakibatkan oleh tempat belajar yang barangkali terlalu nyaman.

290

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp