APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Budidaya Perairan - Memilih dan Memilah

Cari Tahu Jurusanmu

photo via marrow.be

Kamu memiliki minat khusus pada kehidupan air? Atau memang sudah berkecimpung dalam dunia perikanan dan ingin memperdalam pengetahuan dengan kuliah di Jurusan Perikanan? Tahukah kamu kalau selain Budidaya Perikanan, ternyata ada juga Jurusan Budidaya Perairan. Nah, apa bedanya, sih? Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang Budidaya Perairan ini.

 

Budidaya Perairan atau Budidaya Perikanan?

Budidaya Perairan enggak sama dengan Budidaya Perikanan ya, Sobat Pintar. Budidaya Perairan dikenal juga sebagai Akuakultur, dimana kamu belajar tentang pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut dan tawar seperti ikan, tiram, udang, rumput laut, dan lain sebainya. Sementara itu, Budidaya Perikanan terbatas pada komoditas ikan saja. Nah, enggak rancu lagi, kan?

Jurusan Budidaya Perairan atau Akuakultur biasanya berada pada Fakultas Perikanan dan Kelautan walaupun beberapa universitas menempatkan jurusan ini pada Fakultas Pertanian. Pada Jurusan Budidaya Perairan, kamu belajar tentang budidaya ikan air tawar, payau, maupun laut. Tak hanya menyangkut pertambahan kuantitas ikan melalui pembibitan, pemeliharaan, kesehatan, dan teknologi pakan, Budidaya Perairan juga menyangkut tentang kelestarian lingkungan di mana budidaya ikan tersebut dilakukan. Dan sebenarnya, disinilah letak perbedaan yang lebih signifikan antara Budidaya Perairan dengan Budidaya Perikanan.

 

Jurusan Budidaya Perairan

Secara umum, Budidaya Perairan memang lebih kompleks. Selain mempelajari tentang teknologi pembenihan ikan atau penyakit ikan, kamu juga akan belajar tentang Biologi, Fisika, dan Kimia perairan. Manajemen Kesehatan Ikan, Bioteknologi Akuakultur, Pengembangan Pakan Ikan, Biologi Perairan Darat, dan Pengembangan Industri Perikanan adalah beberapa matakuliah yang akan kamu ikuti selama menjadi mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan.

Ilmu yang diperoleh dibangku kuliah nantinya akan mengantarkanmu menjadi seseorang yang dapat mengelola lingkungan perairan, menguasai teknologi pembenihan, menerapkan teknologi akuakultur, meningkatkan nilai tambah sumberdaya perikanan dan kelautan, menumbuhkan usaha perikanan, mengendalikan hama dan penyakit ikan, hingga menguasai teknologi pakan dan nutrisi ikan. Dengan kata lain, kamu memiliki kompetensi dalam penguasaan dan penerapan keilmuan, kewirausahaan, dan manajemen dibidang perikanan.

 

Prospek Kerja Sarjana Budidaya Perairan

Mengingat begitu luasnya lautan yang mendominasi permukaan bumi, tak ada alasan bagi sarjana Budidaya Perairan untuk jadi pesimis. Apalagi Indonesia adalah negara kepulauan dengan lautan membentang yang menunggu untuk dikelola. Kamu bisa menjadi seorang spesialis pengairan, peneliti dan ahli teknologi pangan, peneliti hewan, atau ahli peternakan dan pengembangbiakan hewan. Dan berikut ini adalah 4 prospek masa depan yang terbuka bagimu setelah kuliah di Jurusan Budidaya Perairan.

  • Karyawan perusahaan

Kamu bisa bekerja pada perusahaan budidaya ikan, lele, mutiara, ikan hias, atau udang pada bagian operasional maupun manajemen.

  • Pengusaha atau Wirausahawan

Menjadi seorang pembudidaya ikan bernilai jual bagus juga bisa menjadi pilihan profesi masa depan yang menarik. Kuliah di Jurusan Budidaya Perairan telah membekalimu dengan pengetahuan kewirausahaan dan manajemen yang mendukung.

  • Pegawai Negeri Sipil

Kamu juga bisa bekerja pada departemen atau instansi pemerintah yang terkait dengan perikanan dan perairan, seperti Balai Penelitian Kelautan, Kementerian Kelautan dan Peirkanan, atau Dinas Perikanan Daerah.

  • Akademisi

Kamu bisa menjadi guru di SMK Kelautan atau menjadi dosen di Fakultas Perikanan dan Kelautan setelah melanjutkan kuliah lagi kejenjang Master. Kamu juga bisa menjadi pengajar ilmu Agrikultural.

 

Jadi, apakah Budidaya Perairan adalah jawaban dari pencarianmu? Bila ilmu yang kamu butuhkan dan profesi yang kamu impikan bisa kamu raih melalui jurusan ini, kamu bisa belajar tentang Akuakultur di Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Syah Kuala, Universitas Sriwijaya, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Mulawarman, Universitas Riau, Universitas Tadulako, Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Palangkaraya, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Pattimura, Universitas Malikussaleh, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Batanghari Jambi, atau Universitas Bung Hatta. Pertanyaan berikutnya adalah, di universitas manakah kamu akan kuliah Akuakultur?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog