APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Cepat Menghitung Akar Pangkat 3

Menghitung akar pangkat tiga dengan empat cara, termasuk akar pangkat tiga tidak sempurna, beserta contoh soal akar pangkat tiga.

Photo by Milad Fakurian on Unsplash

Cara menghitung akar pangkat 3 itu bagaimana, sih? Kamu pernah menghitung volume kubus kan, Sobat Pintar? Pernah nggak, kamu mendapatkan soal yang sudah diketahui volume, tetapi belum diketahui panjang rusuk kubusnya? 

Tahukah kamu kalau volume kubus itu adalah salah satu aplikasi dari bilangan pangkat 3? Nah, untuk mencari tahu rusuk suatu kubus jika diketahui volumenya, kita dapat menggunakan rumus akar pangkat 3.

Kamu pasti sudah pernah belajar tentang bilangan pangkat 3 dong, ya! Kali ini kita mau bahas lawan dari bilangan pangkat 3, yaitu akar pangkat tiga. Sama nggak sih, dengan akar biasanya? 

Hampir mirip sih, Sobat, tetapi satu tingkat lebih kompleks daripada akar kuadrat. Langsung aja yuk, kita membahas pengertian, cara menghitung akar pangkat 3, dan contoh soal akar pangkat 3.

 

Mengenal Akar Pangkat 3

cara menghitung akar pangkat 3
Photo by BOOM on Pexels

Sebelum mengetahui tentang cara mudah mencari akar pangkat 3, kamu harus tahu dahulu tentang apa yang dimaksud dengan akar pangkat 3. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, akar pangkat tiga merupakan lawan atau proses kebalikan dari menghitung bilangan pangkat 3. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan di bawah ini.


Nah, bagaimana cara cepat menghitung akar pangkat 3? Kamu bisa mencari nilai dari akar pangkat tiga dengan lebih mudah jika Sobat hafal setidaknya akar pangkat tiga dari 1 sampai 10. Berikut tabel bilangan kubik yang bisa kamu hafalkan.


Kira-kira masih susah banget ngehafalin semuanya, ga? Oke deh, salah satu cara mudah mencari akar pangkat 3 adalah dengan menghafal angka terakhir dari akar pangkat tiga dengan hasilnya. Coba ya, Sobat!

 

Cara Cepat Menghitung Akar Pangkat 3 

cara mencari akar pangkat 3
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Nah, jadi gimana cara cepat menghitung Akar Pangkat 3? Yuk, simak bahasan berikut, Sobat Pintar.

1. Tabel Bilangan Kubik

Cara mencari akar pangkat 3 dapat dilakukan dengan menggunakan tabel bilangan kubik. Tabel ini tidak hanya pangkat tiga dari bilangan 1 – 9 saja, tetapi juga pangkat tiga dari bilangan-bilangan kelipatan 10.


Dengan tabel bilangan kubik, kita bisa menentukan perkiraan hasil angka puluhan dan angka satuan akar pangkat tiga dari suatu bilangan. Langkah pertama, pisahkan tiga angka paling belakang, kemudian perhatikan angka ribuan sampai ratusan ribu. Angka berapa yang mendekati angka ribuan tersebut dengan tabel bilangan kubik? Selanjutnya, perhatikan angka satuannya. Angka satuan pada bilangan sama dengan angka satuan pada bilangan pangkat tiga yang mana? Agar lebih mudah dipahami, perhatikan contoh soal akar pangkat 3 berikut.

Contoh:


 

2. Faktorisasi Prima

Cara mengerjakan akar pangkat 3 selanjutnya adalah dengan faktorisasi prima. Kamu pasti sudah ahli dong, Sobat, dalam menentukan faktorisasi prima suatu bilangan?

Sekarang, bagaimana cara mencari akar pangkat 3 dengan faktorisasi prima? Setelah mencari faktorisasi prima dengan pohon faktor, kelompokkan setiap 3 faktor prima yang sama, sehingga dapat digantikan dengan faktor prima berpangkat 3. 



Contoh:


 

3. Metode Ekstraksi Desimal (Longhand Method)

Masih ada satu lagi cara mencari akar pangkat 3, Sobat Pintar, yaitu dengan metode ekstraksi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode ekstraksi antara lain:

1. Memahami atau menghafalkan tabel bilangan kubik

2. Mengekstraksi bilangan, ekstraksi atau pisahkan setiap 3 digit bilangan dari satuan. Misal: 571.787 diekstraksi menjadi 571 dan 787

3. Mencari akar bulat pangkat 3 dari tiga digit pertama yang mendekati, tapi tidak lebih dari tiga digit tersebut

4. Mengurangi bilangan dalam akar dengan nilai ekstraksi yang dipangkatkan tiga

5. Menulis hasil pengurangan dan menurunkan ekstraksi berikutnya

6. Menyelesaikan pasangan angka pada persamaan Newton, yaitu 


a = akar ekstraksi

b = pasangan bilangan yang dicari

c = hasil pengurangan

apabila nilai b disubstitusikan hasilnya harus paling dekat dengan c tapi tidak boleh lebih dari c.

7. Lakukan langkah terakhir hingga diperoleh hasilnya. Untuk mencari pasangan angka, dapat dilakukan dengan mencoba angka yang dianggap mendekati hasil pengurangan terakhir. Cara terakhir ini dapat digunakan untuk menentukan akar pangkat tiga yang tidak bulat (bilangan desimal)

Contoh:


misal b = 3 dengan a = 2, substitusikan ke persamaan Newton diperoleh:


misal b = 1 dengan a = 24 (pada persamaan Newton tanda koma pada nilai ekstraksi dihilangkan), substitusikan ke persamaan Newton diperoleh:


Langkah ini dapat dilanjutkan untuk mencari hasil akar pangkat tiga dari 14 dengan lebih detail lagi.


Dari ketiga cara mengerjakan akar pangkat 3 di atas, manakah yang lebih mudah menurutmu, Sobat Pintar? Apakah cara terakhir ini terbilang rumit? 

Walau rumit, sekarang kamu sudah tahu tentang cara ekstraksi untuk menentukan nilai akar pangkat tiga yang menghasilkan bilangan desimal. Kita lanjutkan ke soal-soal latihan akar pangkat 3, yuk!

 

Latihan Soal Akar Pangkat Tiga


Sudah coba dikerjakan, Sobat Pintar? Yuk kerjakan dulu soal akar pangkat 3 di atas, kemudian simak pembahasannya di bawah ini!






 

Nah, Sobat Pintar, segitu dulu pembahasan mengenai akar dan rumus pangkat 3. Gimana, apakah kamu sudah belajar lebih banyak tentang akar pangkat tiga? 

Eitts, kalian bisa belajar tentang materi pelajaran Matematika lainnya, seperti rumus pangkat maupun rumus akar, melalui aplikasi Aku Pintar di fitur Belajar Pintar. Sampai bertemu di pembahasan berikutnya, Sobat Pintar!


 

Penulis: Kak Sophia

Penyunting: Deni Purbowati

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog