redesain-navbar Portlet

null

Blog

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Menarik

Belajar cara membuat CV dapat dilakukan sejak sekarang.

Cara Membuat CV, photo by Lukas on pexels

Bagaimana cara membuat membuat CV yang menarik? Apakah pertanyaan ini pernah mengusikmu, Sobat Pintar? Cepat atau lambat, CV (Curriculum Vitae) akan menyita perhatian kita. Itulah kenapa kita perlu tahu dan belajar tentang bagaimana cara membuat Curriculum Vitae. Then, let's do so, Sobat!

 

Pengertian CV/ Curriculum Vitae

Daftar riwayat hidup atau CV adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja. Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain.

Diterjemahkan dari Bahasa Latin, pengertian CV adalah "perjalanan hidup saya." Karena ditujukan untuk melamar pekerjaan, isi CV harus memuat informasi yang mampu menggambarkan pengalaman profesional dan akademis kita.

 

Isi Format CV yang Wajib Ada

As it's mentioned earlier, isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman profesional kita. Maka dari itu, yang wajib dicantumkan dalam CV adalah:

1. data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email

2. riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar

3. pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang

4. keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Poin-poin penting isi CV di atas dicantumkan secara kronologis. Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidupmu tergambar lengkap dan jelas. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.

 

Cara Membuat CV

Bagian-bagian penting dari isi CV di atas memang tak boleh ditinggalkan, tapi kita dapat menambahkan keterangan yang mendukung citra profesional tanpa mengaburkan format CV itu sendiri. Dan jangan lupa, Sobat. Format CV juga harus tampak menarik. Bukankah pelamar kerja bukan hanya kita? You need to make yourself standout among the crowd!

Itulah sebabnya, selain belajar tentang bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar, kita juga harus tahu bagaimana membuat CV yang menarik. Tapi seperti apa sih, CV keren dan menarik itu?

Berikut ini beberapa contoh Curriculum Vitae sebagai referensi yang dapat kita pelajari. Tentu saja, Sobat Pintar dapat menyesuaikan contoh-contoh di bawah ini saat membuat CV yang menarik menurut versimu sendiri.

 

Contoh CV Magang

Tak hanya Sobat Pintar di SMK, mahasiswa Diploma juga biasanya mengikuti program magang. Karena pada umumnya belum memiliki pengalaman pekerjaan, isi CV untuk magang lebih terfokus pada data data diri, pendidikan, dan keterampilan pendukung.

 

Contoh CV Mahasiswa

Ingin membuat CV yang menarik? Takkan jadi soal buat mahasiswa! CV menarik bagi mahasiswa mencerminkan kreativitas mereka. Namun tetap, jangan lupakan informasi penting yang harus disertakan seperti pada contoh CV mahasiswa di bawah ini.

 

Contoh CV Lamaran Kerja

Melamar pekerjaan tak harus menunggu kita lulus kuliah. You can basically apply a job at any point of your life. Untuk itu, isi CV juga harus menyesuaikan dengan kualifikasi yang dimiliki pada saat kita melamar pekerjaan. But for now, kita ambil contoh Curriculum Vitae yang dibuat untuk melamar kerja setelah lulus kuliah.

 

Contoh CV Menarik

Format CV memang harus baik dan benar seperti contoh-contoh di atas. But again, jangan lupakan bahwa CV juga harus tampil menarik agar profil kita standout di antara para pelamar kerja yang lain. Perlu dicatat, CV yang menarik bukan berarti harus tampil berlebihan. Sebagai gambaran, berikut ini contoh CV menarik untuk referensimu, Sobat.

 

Membuat CV Sendiri

CV keren dan menarik punya makna yang luas. Keren dan menarik bagi tim HRD suatu perusahaan belum tentu sama keren dan menariknya bagi perusahaan lain. Bidang pekerjaan pun biasanya turut menentukan definisi menarik, Sobat.

Pekerjaan di bidang industri kreatif cenderung lebih menghargai saat seseorang membuat CV yang menarik, penuh kreativitas, dan generally standout. Tapi jika Sobat Pintar membuat lamaran pekerjaan untuk instansi pemerintah, misalnya, format CV yang cenderung rapi dan konvensional lebih dianjurkan.

Saat ini sudah ada situs-situs online maupun aplikasi yang menawarkan jasa pembuatan CV, seperti Canva. Tapi Sobat Pintar masih bisa membuat CV yang menarik di Word, kok! Keep exploring your creativity and create your very own Curriculum Vitae. Dicoba ya, Sobat!

100

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp