APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Menarik

Belajar cara membuat CV dapat dilakukan sejak sekarang.

Cara Membuat CV, photo by Lukas on pexels

Cara membuat CV yang menarik itu bagaimana, sih? Apakah pertanyaan seperti ini pernah mengusikmu, Sobat Pintar? Cepat atau lambat, CV (Curriculum Vitae) akan menyita perhatian kita. Itulah kenapa kita perlu tahu dan belajar tentang bukan hanya bagaimana cara bikin CV, tetapi juga bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar. Yuk, kita mulai, Sobat!

 

Pengertian CV/Curriculum Vitae

cara membuat cv lamaran kerja
Photo by Joao Ferrao on Unsplash

Daftar riwayat hidup atau CV adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja. Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain.

Diterjemahkan dari Bahasa Latin, pengertian CV adalah "perjalanan hidup saya." Karena ditujukan untuk melamar pekerjaan, isi CV harus memuat informasi yang mampu menggambarkan pengalaman profesional dan akademis kita.

 

Isi Format CV yang Wajib Ada

cara membuat cv di hp
Photo by cottonbro studio on Pexels

Sekali lagi, isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman profesional kita. Maka dari itu, yang wajib dicantumkan dalam CV adalah:

1. data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email

2. riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar

3. pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang

4. keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Poin-poin penting isi CV di atas dicantumkan secara kronologis. Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidupmu tergambar lengkap dan jelas. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.

 

Cara Membuat CV yang Baik dan Menarik

cara membuat cv yang menarik
Photo by Soundtrap on Unsplash

Di samping mencantumkan bagian-bagian penting CV yang telah disebutkan di atas, boleh banget menambahkan keterangan yang sekiranya dapat mendukung citra profesional diri kita. Pelamar kerja itu enggak pernah berkurang,  Sobat, jadi isi CV kita juga harus istimewa.

Itulah sebabnya, selain belajar tentang bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar, kita juga harus tahu bagaimana membuat CV yang menarik. Keduanya sama-sama penting. Terus, seperti apa sih, CV keren dan menarik itu?

Berikut beberapa contoh Curriculum Vitae sebagai referensi. Tentu saja, kamu dapat menyesuaikan contoh-contoh di bawah ini saat membuat CV yang menarik menurut versimu sendiri.

Contoh CV Magang

Tak hanya Sobat Pintar di SMK, mahasiswa Diploma juga biasanya mengikuti program magang. Karena pada umumnya belum memiliki pengalaman pekerjaan, isi CV untuk magang lebih terfokus pada data data diri, pendidikan, dan keterampilan pendukung.

©resumego.blogspot.com

Contoh CV Mahasiswa

Ingin membuat CV yang menarik? Enggak jadi soal buat mahasiswa! CV menarik versi mahasiswa biasanya mencerminkan kreativitasnya. Eitts, jangan sampai lupa menyertakan informasi penting seperti pada contoh CV mahasiswa di bawah ini.

©resumego.blogspot.com

Contoh CV Lamaran Kerja

Melamar pekerjaan itu enggak harus menunggu sampai kita lulus kuliah loh, Sobat Pintar. Nah, isi CV juga harus menyesuaikan dengan kualifikasi yang dimiliki pada saat kita melamar pekerjaan. Kita ambil contoh Curriculum Vitae di bawah ini, yang dibuat untuk melamar kerja setelah lulus kuliah.

©www.hendrisetiawan.com

Contoh CV Menarik

Format CV memang harus baik dan benar seperti contoh-contoh di atas. Namun di bidang-bidang tertentu, CV biasanya harus tampil menarik agar profil kita standout di antara para pelamar kerja yang lain. Perlu dicatat, CV yang menarik bukan berarti harus tampil berlebihan. Sebagai gambaran, berikut contoh CV menarik buat referensi, Sobat.

©resumego.blogspot.com

 

Membuat CV Sendiri

cara membuat cv yang baik dan benar
Photo by Corinne Kutz on Unsplash

CV keren dan menarik punya makna yang luas. Keren dan menarik bagi tim HRD suatu perusahaan belum tentu sama keren dan menariknya bagi perusahaan lain. Bidang pekerjaan pun biasanya turut menentukan definisi menarik.

Pekerjaan di bidang industri kreatif cenderung lebih menghargai saat seseorang membuat CV yang menarik, penuh kreativitas, dan generally standout. Namun jika kamu membuat lamaran pekerjaan untuk instansi pemerintah, misalnya, format CV yang cenderung rapi dan konvensional lebih dianjurkan.

Sekarang ini kamu sudah bisa membuat CV online loh, Sobat Pintar. Bikin Curriculum Vitae online pada umumnya lebih disukai karena desainnya yang menarik, dapat diperbarui kapanpun kita mau, dapat diintegrasikan dengan portofolio, dan dapat dikirim dengan cepat dan efisien. Singkatnya, buat CV online itu lebih hemat waktu dan biaya.

Terus gimana cara bikin CV online? Ini dia beberapa ide buat kamu, Sobat.

Gunakan HP

Tau ga, Sobat, kalau ada cara membuat CV di HP? Emang gimana caranya bikin CV di HP? Nah, penasaran kan?

Pertama-tama, tentukan dahulu aplikasi yang mau digunakan. Kalau di HP, cara bikin CV pake aplikasi apa? Macam-macam kok, Sobat! Kamu bisa menggunakan Microsoft Word, Google Docs, atau aplikasi khusus pembuatan CV seperti Canva, Resume Builder, atau CV Engineer.

Buka aplikasi pilihanmu dan tentukan template CV yang kamu inginkan. Beberapa aplikasi menyediakan template CV gratis yang dapat digunakan buat menyusun isi CV. Setelah urusan isi beres, sesuaikan tata letak dan desainnya. Jika tersedia fitur untuk mengedit, kamu dapat mengubah ukuran font, warna, dan mengatur elemen desain lainnya.

Pakai Canva

Udah kenal Canva, dong? Platform desain grafis online ini juga menyediakan berbagai template CV yang dapat digunakan secara gratis. Kalau kamu pengin belajar cara membuat CV yang menarik, langsung aja masuk ke situs web Canva. Kemudian, kamu dapat mencari "CV" atau "resume" di bidang pencarian template. Udah deh, kamu bakal melihat berbagai pilihan template CV yang tersedia. Ada template CV gratis, ada juga sebagian dengan fitur premium yang memerlukan pembayaran.

Pilih template yang kamu sukai, lalu edit dengan informasi dan desain yang ingin kamu inginkan. Fitur pengeditan Canva terbilang mudah digunakan. Kamu bisa mengubah teks, menambahkan gambar, atau menyesuaikan tata letak. Setelah selesai, unduh CV-mu dalam format yang diinginkan, seperti PDF atau gambar. Bisa kan, buat CV online kayak gini, Sobat?

Manfaatin PowerPoint Template

Cara membuat CV lamaran kerja berikutnya adalah dengan menggunakan PowerPoint Template. Kamu pernah menggunakannya buat presentasi kan, Sobat? Nah, kamu tinggal ketikkan "CV" atau "resume" di "New Presentation," tuh. Cari template yang relevan, seperti "Education", "Professional", atau "Creative."

Mulai edit template sesuai dengan isi CV yang kamu inginkan, seperti nama, alamat, kontak, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan. Pilih desain dan warna yang kamu sukai. Gunakan slide tambahan bila ada bagian atau informasi lain yang ingin kamu, seperti portofolio, referensi, atau proyek yang relevan. Setelah selesai mengedit dan menyesuaikan template, simpan presentasi dalam format PowerPoint (.pptx) atau konversi ke format lain seperti PDF.

Sebuah CV yang tak hanya menarik, tetapi juga baik dan benar, merupakan sarana yang penting untuk memperkenalkan diri kita kepada calon penyedia kerja. Jika disusun dengan baik, CV dapat menyoroti keahlian, pengalaman, dan pencapaianmu secara terperinci serta menunjukkan profesionalisme dan kemampuanmu dalam komunikasi tertulis. Oleh sebab itu, isi CV sebenarnya bukan cuma daftar kualifikasi, tetapi juga mencerminkan identitas dan nilai-nilai diri kita sebagai individu.

370

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog