APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Mencari FPB dan KPK dengan MUDAH DAN CEPAT

Memahami cara Mencari FPB dan KPK dengan dua cara mudah dan cepat beserta contoh soal

Photo by Skitterphoto on pexels

Hi sobat pintar! Bagaimana nih kabarnya? Apakah kalian masih ingat dengan cara mencari FPB dan KPK? Pasti masih ingat dong , atau udah pada lupa ini ? Eits jangan khawatir, pada artikel ini kita akan sama – sama membahas mengenai cara mencari FPB dan KPK, buat kalian sudah lupa dengan cara mencari FPB dan KPK jangan lupa baca artikel ini sampai selesai ya!!!!
Sebelum masuk ke pembahasan, masih ingatkah kalian dengan kepanjangan dari FPB dan KPK? Ya, FPB itu kepanjangan dari Faktor Persekutuan Terbesar, sedangkan KPK itu kepanjangan dari Kelipatan Persekutuan Terkecil. 


Cara Mencari FPB dan KPK


Cara mencari FPB


FPB atau faktor persekutuan terbesar merupakan faktor yang sama dari dua bilangan atau lebih dan merupakan bilangan terbesar di antara faktor – faktor persekutuannya. Nah disini akan dibahas 2 cara untuk mencari nilai FPB, cara yang pertama yaitu dengan faktorisasi prima dan cara yang kedua yaitu mengambil angka yang sama dan terbesar dari faktor – faktornya. 


Faktorisasi Prima


Langkah – langkah :
- Menentukan faktorisasi prima dari masing – masing bilangan.
- Mengalikan faktor yang sama dari bilangan – bilangan tersebut.
- Jika pada faktor yang sama pangkatnya berbeda, maka ambilah faktor yang terkecil.
Contoh Soal :
Tentukanlah FPB dari 20 dan 30 !
Pembahasan:
Langkah pertama, membuat pohon faktor untuk menentukan faktorisasi prima dari kedua bilangan tersebut. Nah caranya itu sobat, kalian bisa membagi kedua bilangan tersebut dengan bilangan prima sampai diperoleh hasil akhir yang tersisa dan tidak dapat dibagi lagi. 

Dari gambar diatas, kita memperoleh faktorisasi prima sebagai berikut :
20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
30 = 2 x 3 x 5
Nah sobat untuk mencari nilai FPB yaitu dengan cara mengalikan faktor yang sama dari bilangan 20 dan 30. Jika kalian menemukan faktor bilangan tersebut terdapat bilangan yang sama dan memiliki pangkat yang berbeda, ambilah bilangan yang memiliki pangkat yang terkecil. Dari hasil faktorisasi prima kita tadi terdapat  bilangan yang sama dan berpangkat terkecil yaitu 2 dan 5. Jadi sobat, nilai FPB dari 20 dan 30 adalah :
FPB dari 20 dan 30 =  2 x 5 = 10


Dengan Mengambil Angka Yang Sama Dan Terbesar Faktor – Faktor Persekutuannya


Nah sobat, untuk mencari nilai FPB dengan mengambil angka yang sama dan terbesar, maka kita terlebih dahulu harus membuat faktor – faktor persekutuan dari masing – masing bilangan. 
Contoh soal:
Carilah FPB dari 20 dan 30 !
Faktor – faktor 20 = 1, 2, 4, 5, 10, 20
Faktor – faktor 30 = 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30
Faktor persekutuan 20 dan 30 = 1, 2, 5, 10
Nah sobat, dari faktor – faktor persekutuan 20 dan 30 dapat kita ambil satu angka yang sama dan terbesar. Dari hasil diatas diperoleh 10 sebagai angka yang sama dan terbesar dari faktor persekutuan antara bilangan 20 dan 30. Jadi FPB dari 20 dan 30 adalah 10.


Cara mencari KPK


KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil merupakan kelipatan yang sama dengan nilai terkecil diantara kelipatan – kelipatan persekutuan dari dua bilangan atau lebih. Nah disini akan dibahas 2 cara untuk mencari nilai KPK, cara yang pertama yaitu dengan faktorisasi prima dan cara yang kedua yaitu mengambil angka yang sama dan terkecil dari faktor – faktornya. 


Faktorisasi Prima


Langkah – langkah :
- Membuat pohon faktor dari masing – masing bilangan.
- Mengalikan semua faktor – faktor persekutuanya.
- Jika ada bilangan yang sama pangkatnya berbeda, maka ambilah faktor yang terbesar.
Contoh Soal :
Tentukanlah KPK dari 20 dan 30 !
Pembahasan:
Langkah pertama, membuat pohon faktor untuk menentukan faktorisasi prima dari kedua bilangan tersebut. Nah caranya itu sobat, kalian bisa membagi kedua bilangan tersebut dengan bilangan prima sampai diperoleh hasil akhir yang tersisa dan tidak dapat dibagi lagi. 

Dari gambar diatas, kita memperoleh faktorisasi prima sebagai berikut :
20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
30 = 2 x 3 x 5
Nah sobat untuk mencari nilai KPK yaitu dengan cara mengalikan semua bilangan dari faktorisasi prima. Jika kalian menemukan faktor bilangan tersebut terdapat bilangan yang sama dan memiliki pangkat yang berbeda, ambilah bilangan yang memiliki pangkat yang terbesar. Jadi sobat, nilai KPK dari 20 dan 30 adalah :
FPB dari 20 dan 30 =  22 x 3 x 5 = 60


Dengan Menentukan Kelipatan Angka Terkecil Yang Sama


Nah sobat, untuk mencari nilai KPK dengan menentukan kelipatan angka terkecil yang sama. Maka kita perlu mengalikan bilangan tersebut dengan bilangan asli ( 1, 2, 3, 4, 5, 6,... dan seterusnya). Kemudian kalian carilah angka yang sama pada kelipatan terkecil. 
Contoh soal:
Carilah KPK dari 20 dan 30 !
Kelipatan 20 = 20, 40, 60, 80,....
Kelipatan 30 = 30, 60, 90, 120, .....
Nah sobat, dari kelipatan bilangan 20 dan 30 dapat kita peroleh angka 60 sebagai nilai yang sama dari kelipatan terkecil. Jadi KPK dari 20 dan 30 adalah 60.
Nah bagaimana sobat pintar penjelasan diatas, cukup menarik dan mengesankan bukan?

Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store, ya! Ada fitur Belajar Pintar yang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya, yaa.
Writer: Khofifah Titan Palupi
Editor: Muhammad Fahmi Ridlo
 

0
10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog