redesain-navbar Portlet

Blog

Cara Mengajar Agar Materi Mudah Dipahami Siswa

5 Tips mengajar yang efektif

Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Guru Pintar pasti ingin semua siswanya memahami pelajaran yang diajarkan. Cara mengajar menjadi salah satu kunci penting supaya siswa dapat memahami pelajaran dengan baik. Jangan hanya menyalahkan siswa jika mereka mengalami kendala memahami pelajaran. Sebagai guru yang baik, Guru Pintar wajib melakukan refleksi apakah sudah mengajar siswa-siswa di sekolah dengan baik. Guru Pintar juga harus selalu belajar cara mengajar yang baik, cara mengajar yang menyenangkan, dan cara menyampaikan materi agar mudah dipahami.

Sebagai bahan refleksi, Guru pintar dapat mulai dengan membuat list pertanyaan untuk dijawab sendiri. Contoh pertanyaan yang harus Guru Pintar jawab antara lain: apakah cara mengajar Guru Pintar di kelas sudah baik? Apakah Guru Pintar sudah menerapkan teknik mengajar yang menarik?, dan lain sebagainya. Setelah itu, Guru Pintar dapat merancang strategi mengajar yang dapat memudahkan siswa memahami pelajaran yang diajarkan oleh Guru Pintar.

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat Guru Pintar terapkan supaya mengajar di kelas menjadi bermakna dan semua siswa mampu memahami konten pelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal.

1. Jangan abaikan bahasa tubuh

Cara Mengajar Agar Materi Mudah Dipahami Siswa
Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Cara mengajar guru menjadi kunci penting dalam keberhasilan sebuah pembelajaran. Dalam sistem pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai pusat sekalipun, Guru Pintar tetap memegang peranan penting supaya target belajar dapat diraih dengan maksimal. Metode mengajar yang baik saat mengajar salah satunya adalah menggunakan bahasa tubuh.

Bahasa tubuh Guru Pintar saat mengajar di kelas memegang peranan penting dalam membangun suasana suasana belajar. Jika Guru Pintar duduk terus saat mengajar dan menggunakan nada suara yang datar, sudah terbayang siswa pasti akan cepat merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar. Jika hal itu terjadi, apakah tujuan pembelajaran dapat tercapai? Tidak ada salahnya lho,  Guru pintar berjalan mendekati siswa, berbicara dengan penuh ekspresi, dan menggunakan gerak tangan, jangan lupa untuk mengajak siswa berinteraksi. Dengan demikian dijamin siswa merasa senang belajar dan lebih mudah paham materi yang diajarkan.

2. Terapkan teknik mengajar yang bervariasi


Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Menerapkan cara cepat memahami pelajaran untuk siswa adalah impian semua guru. Kegiatan belajar yang sama dan dilakukan secara berulang-ulang/ berturut-turut menjadi sumber rasa bosan yang menjangkiti siswa dan juga Guru Pintar. Merancang pembelajaran yang bervariasi akan sangat efektif membantu siswa memahami materi. Kegiatan belajar yang bervariasi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan kondisi siswa sangat sesuai dengan pembelajaran berbasis keterampilan abad 21 yang menganjurkan Guru Pintar untuk membuat non-routine activity dalam setiap pembelajaran.

Contoh teknik mengajar yang bervariasi misalnya Guru pintar dapat membuat media pembelajaran yang berbeda untuk setiap materi yang diajarkan atau membuat games-games yang menarik rasa penasaran dan semangat belajar siswa. Guru Pintar juga dapat mencoba membuat mind map dan mengajak siswa membuat proyek.

3. Ikuti perkembangan Zaman


Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Cara belajar agar cepat paham dan ingat materi yang diajarkan, siswa perlu diberitahu trik-triknya. Siswa zaman sekarang berbeda dengan zaman ketika Guru Pintar menyandang status sebagai siswa. Cara mengajar zaman dulu sudah pasti sudah relevan jika diterapkan di masa kini.

Guru Pintar harus selalu update dengan karakteristik siswa, apa yang sering dibicarakan siswa, apa yang siswa sukai, atau lagu apa yang sedang hits di kalangan siswa. Dengan informasi yang detail tentang siswa, Guru Pintar dapat merancang pembelajaran yang disukai siswa sekaligus membuat mereka cepat mengerti materi yang sedang dipelajari.

4. Menggunakan teknologi untuk menunjang pembelajaran


Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Salah satu cara mengajari anak agar cepat mengerti adalah dengan menggunakan teknologi untuk menunjang pembelajaran. Siswa zaman milenial sudah sangat akrab dengan teknologi. Apalagi saat ini berbagai aplikasi penunjang pendidikan telah banyak diciptakan.

Guru Pintar tinggal memilih bentuk aplikasi mana yang paling cocok untuk digunakan dalam mengajarkan materi. Ada aplikasi kuis interaktif, games, atau LMS ( learning management system) yang dilengkapi berbagai fitur untuk membuat pembelajaran lebih kekinian tanpa mengurangi esensi dari pembelajaran itu sendiri.

5. Sesekali adakan pembelajaran di luar kelas


Foto oleh Lukas dari Pexels

Mengajar yang baik dan benar artinya dapat menjawab masalah dan kebutuhan siswa. Jika ingin siswa cepat paham konsep pelajaran yang Guru Pintar ajarkan adalah dengan cara membuat pembelajaran yang bermakna. Sesekali adakan pembelajaran di luar kelas. Ajak siswa mengamati lingkungan sekitar atau belajar langsung dari ahlinya.  Misalnya mengajak siswa ke kantor pemadam kebakaran, ke kebun binatang, atau mengunjungi narasumber secara langsung.

Pembelajaran di luar kelas  harus direncanakan secara matang. Pertimbangkan efektifitas pembelajaran, tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran, dan juga keamanan siswa. Guru Pintar dapat melakukan survey terlebih dahulu sebelum mengadakan pembelajaran di luar kelas. Dengan demikian, segala sesuatu yang tidak diinginkan dapat diantisipasi.

Menjadi guru yang baik tidak cukup hanya dengan menguasai materi pembelajaran. Mengetahui cara mengajarkannya pada siswa tentu juga sangat penting.

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet