APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Mengajar Matematika Supaya Mudah Dipahami Siswa

7 Tips mengajar pelajaran Matematika yang efektif dan menyenangkan

Foto oleh Jeswin Thomas dari Pexels

Pelajaran Matematika adalah salah satu pelajaran yang ditakuti oleh siswa. Dalam berbagai survey tentang pelajaran yang dianggap sulit atau tidak disukai, Matematika selalu masuk ranking 5 besar.  Hal ini menjadi tantangan bagi Guru Pintar yang mengajar di sekolah. Oleh karena itu, Guru Pintar harus tahu metode pembelajaran matematika yang menyenangkan dan juga cara mengajar yang efektif sehingga siswa dapat memahami pelajaran ini dengan mudah.

Berikut ini adalah tips atau cara mengajar matematika agar siswa cepat mengerti dan tidak takut lagi pada pelajaran yang satu ini.

1. Ajarkan konsep dengan benar

Cara mengajar matematika supaya mudah dipahami siswa
Foto oleh ThisIsEngineering dari Pexels

Memahami konsep materi yang akan/sedang diajarkan adalah kunci sukses bagi Guru Pintar untuk membuat siswa mengerti dan memahami materi. Jika siswa sudah memahami konsep yang diajarkan dengan benar, belajar Matematika tidak akan menjadi momok lagi bagi siswa. Ilmu Matematika merupakan ilmu yang abstrak. Ketika mengajar pelajaran Matematika terutama di level dasar, harus dimulai dari yang konkret sebelum masuk ke konsep abstrak.

2. Mengajar secara kontekstual

Cara mengajar matematika agar siswa cepat mengerti adalah dengan mengajarkan konsep secara kontektual. Guru Pintar dapat menggunakan media pembelajaran atau peraga yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Misalnya ketika sedang mengajarkan tentang persegi panjang, Guru Pintar dapat menggunakan media yang ada di sekitar misalnya papan tulis, permukaan meja, jendela, dan lain sebagainya. Contoh lainnya ketika mengajarkan materi segitiga, Guru Pintar dapat menggunakan atap rumah atau obyek lainnya yang mudah dilihat oleh siswa.

3. Gunakan metode mengajar yang menyenangkan


Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Metode mengajar matematika yang menarik dan menyenangkan juga menjadi tips supaya pelajaran Matematika mudah dipahami siswa. Guru Pintar harus selalu memperhatikan penerapan model, metode, teknik dan pendekatan yang benar dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Jangan sampai model, metode, teknik dan pendekatan yang Guru Pintar pilih untuk diterapkan di kelas tidak sinkron dengan materi pelajaran matematika yang diajarkan sehingga menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Guru Pintar dapat menunjukkan metode belajar Matematika hanya dengan drilling dan latihan soal saja. Ajarkan Pelajaran Matematika melalui permainan/games atau dengan lagu. Dijamin kelas Matematika Guru Pintar pasti seru!

4. Mencari tahu pemahaman siswa terhadap materi yang akan diajarkan

Cara mudah belajar matematika adalah dengan memahami dasar-dasar atau pengetahuan yang menjadi prasyarat. Belajar Matematika tidak bisa sekaligus. Materi-materi yang diajarkan hendaknya diajarkan secara bertahap mulai dari level Pendidikan yang paling bawah.  Sering kali yang bisa membuat siswa putus asa belajar Matematika adalah gagal paham konsep-konsep dasar sehingga terkendala saat memahami materi-materi pada tahap berikutnya. Oleh karena itu, Guru Pintar wajib berusaha menggali atau mengecek pemahaman siswa tentang materi yang akan diajarkan. Misalnya konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Jika siswa tidak menguasai konsep ini, maka dapat dipastikan siswa akan mengalami kesulitan dalam belajar konsep-konsep Matematika lainnya.

5. Tanamkan mindset “Math is fun”

Cara mengajar matematika biar lebih mudah adalah dengan membuat siswa menyukai pelajaran Matematika. Menanamkan pola pikir yang tepat pada siswa akan berimplikasi besar terhadap paradigma siswa terhadap mata pelajaran matematika. Jika siswa merasa pelajaran Matematika itu menyenangkan dan penuh tantangan, maka secara otomatis akan meningkatkan motivasi dan semangat siswa untuk belajar matematika. Sugesti-sugesti semacam ini penting. Jangan membuat siswa berpikir Matematika itu identik dengan hal yang sulit-sulit. Sebagai guru Matematika, Guru Pintar jangan mencitrakan diri sebagai guru yang galak. Bawakan diri dengan positif, buat siswa nyaman, maka mereka juga kan menyukai pelajaran yang Guru Pintar ajarkan.

6. Jangan hanya teori

Cara agar siswa mudah mengerti dengan pelajaran matematika yang sedang diajarkan adalah dengan mempraktekkannya. Jika siswa hanya diberikan teori-teori saja, siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami konsepnya. Pemberian teori atau konsep yang diikuti dengan praktek yang aplikatif akan membuat siswa lebih mudah memahami dan pengetahuan yang didapatkan akan lebih bermakna. Terlebih jika praktek yang dilakukan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.

7. Beri waktu istirahat

Semua orang pasti tahu bahwa pelajaran Matematika berhubungan erat dengan rumus-rumus dan angka-angka. Jangan membuat siswa tegang dengan memberikan latihan-latihan soal terus menerus dari awal hingga akhir pelajaran. Sangat disarankan bagi Guru Pintar untuk jeli melihat situasi. Jika siswa terlihat sudah lelah, beri waktu istirahat. Bukan berarti membiarkan siswa ke kantin saat pelajaran, ya. Waktu istirahat yang dimaksud adalah waktu siswa untuk refreshing untuk menurunkan ketegangan atau stres saat belajar. Selingan seperti peregangan otot, menyanyi, atau permainan-permainan sederhana dapat Guru Pintar jadikan alat untuk melepaskan stres pada siswa.

Yuk, dipraktekkan di kelas ya Guru Pintar! Tetap semangat!

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog