CssBlog

redesain-navbar Portlet

Blog

Cara Mengatasi Siswa Mengantuk saat Belajar

Penyebab Siswa ngantuk saat belajar dan cara menghilangkannya

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Mengantuk adalah salah satu penyebab siswa kehilangan fokus saat belajar. Motivasi belajar yang sedang tinggi-tingginya, akan langsung sirna saat rasa kantuk melsiswa. Bagaimanakah cara menghilangkan ngantuk saat belajar?

Untuk membantu siswa mengatasi rasa ngantuk saat belajar, hal penting yang harus Guru Pintar ketahui adalah penyebab ngantuk saat belajar. Dengan begitu, Guru Pintar dapat memutuskan cara manakah yang paling tepat untuk membuat siswa yang mengantuk Kembali bersemangat belajar.

Penyebab Siswa Mengantuk Saat Belajar

Cara Mengatasi Siswa Mengantuk saat Belajar
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Ada beberapa faktor yang menjadi faktor penyebab siswa diserang rasa kantuk saat belajar. Salah satunya penyebab ngantuk di kelas adalah makan terlalu banyak. Porsi makanan yang dikonsumsi siswa belum belajar sangat berpengaruh. Jika jumlahnya terlalu banyak sehingga siswa merasa kekenyangan, akan memicu timbulnya rasa mengantuk berat saat belajar.

Pada kenyataannya, mengantuk setelah makan merupakan hal yang wajar sehingga Guru Pintar tidak perlu merasa khawatir akan hal tersebut.  Biasanya, rasa kantuk ini biasanya akan hilang setelah beberapa saat. Faktor-faktor lain yang dapat membuat siswa merasa cepat mengantuk saat belajar adalah tidur terlalu larut malam, lelah setelah melakukan aktivitas lain, atau materi pelajaran yang membosankan.

Ada juga penyebab siswa cepat mengantuk saat belajar karena  siswa mengidap hipersomnia. Hipersomnia adalah kondisi saat seseorang merasa lelah dan mengantuk berlebihan sepanjang hari. Orang atau siswa yang menderita hypersomnia akan tetap merasa kelelahan dan mengantuk walaupun sudah tidur dengan durasi yang cukup.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar


Foto oleh Monstera dari Pexels

Muncul rasa kantuk saat belajar tentu dapat mempengaruhikeberhasilan pembelajaran karena materi yang disampaikan tidak dapat diserap oleh otak dengan maksimal. Oleh karena itu, Guru Pintar harus paham cara menghilangkan ngantuk pada siswa saat belajar baik di kelas atau di rumah.

1. Ajak siswa untuk bergerak

Ajak siswa untuk menggerak-gerakkan anggota badan untuk melancarkan peredaran darah terlebih jika mereka sudah duduk dalam posisi yang sama lebih dari 30 menit. Dengan peredaran darah yang lancar, diharapkan dapat membantu siswa mengatasi rasa kantuk di sela-sela waktu belajar.

Saat kegiatan PJJ, beri waktu siswa supaya dapat berjalan kaki mengelilingi halaman rumah atau melakukan peregangan kecil guna meningkatkan energi, membantu tetap terjaga, melepaskan stres, serta meningkatkan kemampuan mengingat apa yang telah siswa pelajari. Dengan melakukan aktivitas tersebut selama beberapa menit, efektif membuat Siswa terjaga. Siswa yang merasa jenuh dan suntuk pun seketika berubah menjadi lebih segar dan siap untuk belajar lagi.

Bagaimana dengan siswa yang belajar di sekolah? Tentu saja hal ini sangat mungkin dilakukan di sekolah. Ajak siswa menari, melakukan gerakan-gerakan tertentu, ajak siswa berjalan di luar kelas atau di dalam kelas, dan lain sebagainya. Hasil dari sebuah studi yang dimuat dalam Frontiers in Public Health menunjukkan bahwa istirahat dengan berjalan kaki 10 menit di luar ruangan dapat membantu meningkatkan performa pelajar segala usia (SD hingga perguruan tinggi) dalam hal mengingat, menganalisa, dan menyelesaikan tugas.

2. Minta siswa duduk dengan tegak

Pada umumnya, siswa akan mencari posisi senyaman mungkin agar dapat fokus dan konsentrasi saat belajar. Namun, seringkali hal ini justru menimbulkan rasa mengantuk saat belajar pada siswa. Nah, untuk mengantisipasinya ada baiknya siswa disarankan untuk duduk dengan tegak saat belajar.

Duduk dengan posisi tegak membuat aktivitas sistem saraf simpatis, yaitu sistem saraf yang mengendalikan fungsi kewaspadaan, meningkat. Jika siswa belajar dalam posisi berbaring, aktivitas pada sistem saraf beralih ke parasimpatetik, yaitu sistem syaraf dalam mode beristirahat yang dapat menyebabkan siswa mudah mengantuk. Jika siswa benar-benar mengantuk, tak ada salahnya sesekali mencoba belajar sambil berdiri. Belajar dalam posisi berdiri atau berjalan santai dapat membuat siswa bergerak. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan rasa kantuk yang melanda siswa.

3. Minta siswa tidak belajar di kamar tidur

Cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar mandiri salah satunya dengan menganjurkan siswa untuk menghindari belajar di kamar tidur. Memang belajar di kamar apalagi di atas Kasur akan membuat siswa merasa nyaman. Namun hal ini justru membuat Siswa lebih mudah mengantuk saat belajar.

Sebaiknya Guru berkomunikasi dengan orang tua untuk memisahkan area untuk tidur dan belajar. Jika tidak memungkinkan, minimal disiapkan pojok khusus bagi siswa untuk belajar, bukan belajar di atas tempat tidur.

4. Belajar di tempat dengan pencahayaan yang baik

Pencahayaan ruangan belajar juga berpengaruh dalam mengatasi ngantuk saat belajar. Guru Pintar dapat meminta siswa atau orang tua memastikan pencahayaan di tempat belajar siswa cukup memadai. Tubuh manusia dapat memberikan respons berbeda dari cahaya yang diterimanya. Cahaya yang terang membuat siswa lebih mudah terjaga karena tubuh menerima sinyal untuk tetap terjaga. Hal ini dikuatkan oleh hasil studi dalam Cell yang menyatakan bahwa protein dalam tubuh akan teraktivasi saat terpapar oleh sinar. Begitupun sebaliknya, bila siswa belajar di tempat dengan pencahayaan temaram atau redup, mereka akan merasa lebih lelah dan mengantuk.

5. Minum air putih dengan jumlah cukup

Dehidrasi yang terjadi pada tubuh manusia salah satunya ditandai oleh mengantuk dan merasa Lelah. Selain membuat siswa kehilangan energi, dehidrasi juga dapat menyebabkan terganggunya fungsi kognitif sehingga proses belajar menjadi terasa lebih berat. Hasil dari sebuah studi yang dimuat dalam Nutrition Review membuktikan bahwa tingkat dehidrasi ringan hingga sedang dapat mengganggu memori jangka pendek, konsentrasi, hingga tingkat kewaspadaan.

Maka dari itu, Guru Pintar wajib untuk selalu mengingatkan siswa untuk minum air putih yang banyak, terutama bila cuaca sedang panas-panasnya. Apabila cairan dalam tubuh tetap terjaga dengan baik, darah akan terus mengalirkan oksigen dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan otak. Efeknya adalah siswa akan tetap bisa fokus saat belajar.

6. Mengkonsumsi makanan sehat

Selalu memakan makanan yang sehat merupakan salah satu cara menghilangkan ngantuk berat saat belajar. Jenis makanan yang dikonsumsi siswa ternyata sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh, termasuk seberapa mudah siswa merasa ngantuk dan lelah. Terlalu banyak atau sering makan makanan manis dan junk food dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Tetapi kemudian akan menurun dalam waktu yang cepat juga sehingga tubuh siswa menjadi mudah lelah atau lesu.

Contoh makanan sehat yang dianjurkan untuk siswa konsumsi misalnya:

a. Protein, misalnya: ikan putih, kacang-kacangan, daging unggas, telur, dan daging sapi tanpa lemak.

b. Karbohidrat kompleks, contohnya: buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, oat, beras merah, dan roti gandum.

c. Lemak sehat, misalnya: alpukat, salmon, telur, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

7. Belajar secara berkelompok

Belajar sendiri akan terasa begitu membosankan. Jika siswa mudah mengantuk saat belajar sendirian, Guru Pintar dapat mempertimbangkan untuk meminta siswa belajar secara berkelompok sebagai cara mengatasi ngantuk saat belajar.

Selain siswa dapat saling berbagi ilmu satu sama lain, siswa juga akan merasa lebih bersemangat dan termotivasi jika belajar Bersama-sama.

8. Tidur cukup

Tidur yang cukup adalah cara agar siswa tidak mengantuk saat belajar. Kurang tidur dan berbagai gangguan tidur lainnya dapat menyebabkan siswa mudah mengantuk di pagi atau siang hari, termasuk pada saat sedang belajar. Lama waktu tidur siswa idealnya adalah 7 hingga 8 jam. Dengan demikian tubuh memiliki waktu untuk beristirahat dan me-recharge energi. Dengan demikian tubuh akan terasa segar keesokan harinya dan siap untuk menerima pelajaran yang diberikan oleh guru.

Jangan sampai pembelajaran terhambat karena siswa sering ngantuk di kelas ya, Guru Pintar! Cobalah terapkan cara menghilangkan ngantuk di atas, dan lihat hasilnya.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

CssBlog

metablog-web Portlet