redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Cara Menumbuhkan Minat Siswa Pada Karir di Masa Depan

Perencanaan karir sedini mungkin akan membantu siswa menemukan profesi tepat di masa depan

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Fakta menarik muncul dari hasil penelitian Youthmanual terhadap 400 ribu lebih responden. Hasil penelitian menyebutkan 92 persen siswa SMA/SMK sederajat mengalami kebingungan dan tidak tahu akan menjadi apa kedepannya. Fakta lain yang terkuak adalah 45 persen mahasiswa merasa salah mengambil jurusan.  Sekolah sudah seharusnya mengambil peranan dalam perencanaan karir siswanya dengan menyediakan bimbingan atau pendidikan karir yang dibutuhkan. Menumbuhkan minat bakat siswa sangat mempengaruhi pemilihan pekerjaan masa depan siswa. Oleh karena itu mengembangkan potensi siswa sangat sedini mungkin akan sangat bermanfaat bagi siswa nantinya.

Karir masa depan tidak hanya sekedar mencari pekerjaan masa depan. Karir bagi remaja merupakan sesuatu yang secara sosial ingin diakui oleh masyarakat dan juga sebagai bentuk pencapaian kepuasan batin serta tujuan hidup. Frank Parson merumuskan perencanaan karir sebagai cara untuk membantu siswa dalam memilih suatu bidang karir yang sesuai dengan potensinya, sehingga kelak dapat cukup berhasil di bidang pekerjaan yang mereka pilih. Perencanaan karir harus disiapkan sebelum siswa terjun secara langsung dalam dunia karir. Biasanya perencanaan karir didasarkan pada potensi yang dimiliki siswa sehingga nantinya tidak ada pertentangan antara karir yang dipilih dengan potensi yang ada pada diri siswa. Perencanaan karir siswa dapat dilakukan guru atau sekolah melalui 5 cara berikut ini.

1. Memberikan Informasi Karir


Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash

Perencanaan karir siswa dapat dimulai dengan memberikan informasi karir sebanyak-banyaknya. Informasi karir yang mencakup segala informasi terkait dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, misal media elektronik, media cetak atau pun sumber yang bersangkutan secara langsung. Siswa yang telah memiliki rencana untuk karirnya di masa depan akan memanfaatkan Informasi yang telah didapat dari berbagai sumber untuk dipelajari sehingga setiap siswa memiliki pemahaman tentang karir dan dapat mulai mempersiapkan dirinya untuk memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk mencapainya.

2. Mengundang Narasumber


Photo by Campaign Creators on Unsplash

Sekolah melalui Guru BK dapat mengundang narasumber secara langsung untuk berbagi informasi dengan siswa. Akan lebih baik jika narasumber adalah alumni sekolah tersebut dan mewakili berbagai jenis pekerjaan tidak hanya jenis pekerjaan yang sudah umum diketahui oleh siswa seperti dokter, guru, polisi, dan profesi umum lainnya. Narasumber dapat menjadi sumber inspirasi karena dianggap memiliki pengetahuan, pengalaman, sekaligus keahlian yang dapat memberikan wawasan pada siswa.

 3. Memberikan Program Pendidikan Tambahan


Photo by Irene Strong on Unsplash

Profesi yang menjanjikan di masa depan biasanya membutuhkan keahlian khusus. Guru Pintar dapat mengarahkan siswa untuk mengikuti kursus atau pendidikan tambahan diharapkan agar siswa memiliki keahlian terkait dengan karir yang telah direncanakan. Memiliki keahlian tertentu terutama yang berhubungan dengan pilihan pekerjaan/karir dapat mempermudah siswa untuk meraih kesuksesan. Misalnya siswa yang ingin berkarir sebagai animator dapat mulai dengan mengikuti kursus menggambar.

4. Mengadakan Kegiatan Career Day

cara menumbuhkan minat siswa pada karir di masa depan
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Salah satu kegiatan perencanaan karir yang sudah dilakukan beberapa sekolah adalah career day. Dalam acara ini Guru Pintar dapat mengadakan talk show dengan narasumber untuk menjabarkan seluk beluk pekerjaan yang digelutinya termasuk syarat dan ketentuan yang harus siswa penuhi jika ingin memilih bidang karir tersebut. Narasumber dapat pelaku atau orang yang menggeluti pekerjaan tertentu atau bahkan dari perusahaan langsung. Kegiatan lainnya yang dapat Guru Pintar adakan adalah memberikan simulasi. Misalnya bagaimana mencari pekerjaan, bagaimana melakukan wawancara, atau bagaimana melakukan sebuah pekerjaan. Kegiatan ini pasti sangat bermanfaat karena memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa.

5. Bimbingan Karir

Bimbingan karir merupakan salah satu wujud upaya pendidikan karir atau perencanaan karir yang dilakukan sekolah. Program Karir berorientasi pada pendampingan proses perkembangan karir siswa. Bimbingan karir dapat diartikan sebagai usaha untuk mengetahui dan memahami diri, memahami apa yang ada dalam diri sendiri siswa dengan baik, serta untuk mengetahui dengan baik pekerjaan apa saja yang ada dan persyaratan apa yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Harapannya siswa dapat menyiapkan diri untuk membekali diri dengan keahlian yang dituntut oleh suatu pekerjaan atau karir yang diinginkan.

Kegiatan perencanaan karir tidak hanya dapat dilakukan pada level SMK/SMA atau mahasiswa saja, lho. Guru Pintar dapat mengadakan kegiatan ini bahkan mulai dari level SD atau SMP. Yang perlu dipertimbangkan adalah bentuk kegiatannya yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan siswa.

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet