redesain-navbar Portlet

null

Blog

Cara Re-Charge 6 Tokoh Hebat Dunia

Mengenali kebiasaan diri dan membuat rutinitas yang baik dapat membantu memperbaiki produktivitas sehari-hari.

Cara Re-Charge Tokoh Hebat Dunia, image via www.self.com

Seberapa intens kita dibombardir dengan keyakinan bahwa kesuksesan ditentukan oleh tingkat produktivitas dan kreativitas sehari-hari? Benarkah bahwa semakin banyak yang kita kerjakan, semakin besar pula peluang sukses yang mungkin kita raih?

Tapi seberapa banyak aktivitas yang sebenarnya sanggup kita kerjakan sepanjang hari? Kalau sudah sekolah dari pagi sampai sore, masihkah kita bisa belajar dimalam hari? Kalau sudah praktikum selama berjam-jam, masih sanggupkah kita menulis laporan sebelum tidur?

Bagaimana dengan tokoh-tokoh hebat di dunia? Dengan begitu banyaknya aktivitas yang harus dikerjakan, bagaimana mereka me-recharge energi dimalam hari? Berapa jam yang mereka butuhkan untuk istirahat setiap malamnya, sehingga produktivitas mereka tetap terjaga sepanjang hari?

 

1. Elon Musk

Dikenal sebagai tech entrepreneur, founder dan CEO Tesla dan SpaceX ini menggunakan ponselnya untuk memastikan berapa jam waktu yang dibutuhkannya untuk tidur dimalam hari. Dalam sebuah interview pada 2015, Elon Musk menyebutkan bahwa jam tidurnya rata-rata setiap malam adalah enam jam.

Kegiatan rutin Elon Musk dipagi hari adalah memeriksa email-email penting. Bila pekerjaan ini selalu dilakukannya sekitar pukul 7:00 pagi, diperkirakan Elon Musk berangkat tidur sekitar pukul 1:00 pagi.

 

2. Richard Branson

Virgin Group adalah sebuah perusahaan asal Inggris yang memberikan investasi kepada perusahaan-perusahaan kecil di berbagai negara di dunia. CEO perusahaan multinasional ini adalah Sir Richard Branson, yang meyakini bahwa tidur cukup selama lima hingga enam jam membuatnya menjadi lebih produktif keesokan harinya.

Sebelum berangkat tidur pada pukul 11:00-12:00 malam, Richard Branson melakukan hal-hal ringan yang menenangkan pikiran seperti memeriksa media sosial atau menonton film dokumenter. Bangun pada pukul 5:00-6:00 pagi, ia siap menghadapi hari.

 

3. Barack Obama

Mantan presiden Amerika ini terkenal sebagai pekerja yang giat dimalam hari. Pada masa-masa menjabat sebagai presiden, bukan hal yang aneh bila Barack Obama mengirim email menjelang pagi.

Rutinitasnya dimalam hari adalah langsung menuju ruang kerjanya setelah makan malam dengan keluarganya. Barack Obama menghabiskan waktu selama empat hingga lima jam di ruang kerja tersebut sebelum akhirnya tidur antara pukul 12:30 atau 1:00 dini hari. Bangun sekitar pukul 7:00 pagi, Barack Obama memerlukan waktu istirahat selama enam jam.

 

4. Sallie Krawcheck

Sallie Krawcheck adalah co-founder dan CEO Ellevest, sebuah perusahaan Amerika yang berfokus pada pemberdayaan perempuan. Apa salah satu kunci produktivitasnya? Sallie Krawcheck memilih tidur awal agar dapat bangun sebelum fajar terbit, sekitar pukul 4:00 pagi hari.

Berkebalikan dari Barack Obama, Sallie Krawcheck menyadari bahwa ia tak dapat bekerja dengan maksimal setelah jam 8:00 malam. Itulah sebabnya ia memilih untuk bersantai dimalam hari dan menyelesaikan pekerjaannya dipagi hari – yang adalah waktu terbaiknya.

 

5. Oprah Winfrey

Selain sebagai pembawa acara The Oprah Winfrey Show, perempuan luar biasa ini adalah seorang aktris, filantropis, produser, dan pengusaha. Dengan begitu banyaknya peran yang harus dilakoninya, tak diragukan lagi betapa sibuk kesehariannya.

Tapi karena komitmennya untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat, Oprah Winfrey biasanya tidur pukul 10:00 malam setelah menuliskan lima hal baik yang disyukurinya hari itu – setiap malam. Biasanya ia bangun keesokan hari pukul 06:00 pagi – tanpa alarm!

 

6. Arianna Huffington

Selain Oprah Winfrey, masih ada lagi sosok perempuan luar biasa: Arianna Huffington – founder Huffington Post. Bukan hanya seorang pebisnis, Arianna Huffington juga adalah seorang penulis. Bila banyak penulis lebih produktif dimalam hari, Arianna Huffington berbeda – ia tidur pukul 11:00 malam.

Baginya, tidur adalah prioritas utama. Bukan tanpa alasan, Sobat. Pada 2007, Arianna Huffington pernah pingsan di meja kerjanya karena kurang tidur dan kelelahan. Bahkan, peristiwa tersebut meremukkan tulang pipinya. Kini, kantor-kantor bisnisnya dilengkapi dengan ruang tidur siang dan para pegawainya tidak diharuskan memeriksa email setelah lewat jam kerja.

 

Salah satu dari keenam tokoh diatas mungkin mewakili pola istirahat dan aktivitas kita. Sebagian kita mungkin lebih produktif dimalam hari seperti Barack Obama, sebagian lagi merasa lebih maksimal belajar dan bekerja dipagi hari seperti Sallie Krawcheck.

Dan apakah Sobat Pintar memperhatikan benang merah yang dimiliki orang-orang hebat ini? They set a routine! Misalnya, Barack Obama menyempatkan sekitar 30 menit membaca sebelum tidur pada jam yang kurang lebih sama setiap malamnya.

Tampaknya istirahat yang cukup dan rutinitas mempengaruhi produktivitas tokoh-tokoh besar dunia. Lantas, bagaimana denganmu, Sobat?

210

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp