redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Biologi: Mulai dari Kuliahnya sampai Prospek Kerjanya

Biologi, jurusan IPA yang mengkaji banyak hal tentang makhluk hidup dengan beragam peluang profesi.

Biologi adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang mengkaji tentang sel, struktur organ, fungsi organ, dan berbagai fenomena yang terkait dengan makhluk hidup. Sobat Pintar tentu tak asing lagi dengan Biologi, bukan? Tapi bagaimana kalau kuliah Jurusan Biologi? Akankah sama dengan Biologi yang sudah kita pelajari selama ini? Nah, cari tahu, yuk!

 

Tentang Jurusan Biologi

Photo by Erik_Karits on Pixabay

Apa itu Biologi? As it's mentioned earlier, Biologi adalah cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam Ilmu Biologi, kita belajar tentang berbagai fenomena yang terkait dengan makhluk hidup. Udah tau kan, kalau Biologi itu nggak cuma ngebahas tentang hewan dan tumbuhan? Kita belajar tentang sel, struktur organ, fungsi organ, keragaman, perkembangan, hingga evolusi makhluk hidup.

Bahkan, interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya pun kita pelajari. Saat kuliah Jurusan Biologi, kita mempelajari bagaimana lingkungan sekitar berpengaruh pada kehidupan hewan dan tumbuhan.

Wah, jadi kudu banyak baca, nih? Memang betul, banyak banget buku rujukan yang harus dibaca. Kalau dari awalnya sudah suka baca, kita punya modal dasar untuk jadi mahasiswa Jurusan Biologi, Sobat.

Karena luasnya cakupan kajian, cabang Ilmu Biologi yang dapat kita pelajari pun cukup banyak. Bioteknologi, Biologi Molekuler, Genetika, Histologi, Paleontologi, dan Evolusi, adalah beberapa cabang Ilmu Biologi yang sering dijumpai di perguruan tinggi.

Selain ituu, banyak istilah ilmiah yang digunakan untuk menamai setiap makhluk hidup dalam Ilmu Biologi. Asal Sobat tahu, Ilmu Biologi mengacu pada aturan binomial nomenklatur dalam penamaan makhluk hidup. Gimana supaya kita tahu nama-nama itu? The one and only way is... reading!

 

Praktikum dan Kerja Lapangan

Photo by Free-Photos on Pixabay

Eits! Jangan mikir mahasiswa Jurusan Biologi bakalan cuma baca buku, ya! Justru sebaliknya, menjadi mahasiswa Jurusan Biologi berarti kita harus siap membedah lintah atau cacing dalam mata kuliah Zoologi Invertebrata. Selain praktikum di laboratorium, tak jarang mahasiswa Jurusan Biologi juga mempelajari tentang ekosistem langsung ke kebun, hutan, pantai, sungai, danau, maupun tempat-tempat lain yang kadang jauh dari jangkauan teknologi masa kini.

Harus segitunya, ya? Sabar dulu, Sobat. Praktikum dan kerja lapangan itu penting banget bagi mahasiswa Jurusan Biologi. Saat praktikum dan kerja lapangan itulah kita bisa memahami tentang organisme, habitatnya, serta proses yang mengatur dan terlibat dalam aktivitas kehidupannya.

Makanya, mahasiswa yang kuliah Jurusan Biologi itu biasanya rapi, teliti, nggak gampang jijik, nggak manja, dan tentunya... pemberani! Ada saatnya kita bakal ketemu sama biawak, buaya, ular, atau hewan-hewan lain yang selama ini kesannya seram.

 

Lengkap – Ada Teori, Praktek, dan Hitungan

Photo by kkolosov on Pixabay

Masak sih, ampe segitunya kuliah di Jurusan Biologi? Oh, masih kurang, Sobat Pintar! Kuliah Jurusan Biologi berarti kita juga harus belajar hitungan – iya, Matematika!

Perlu Sobat tahu, Matematika punya peran penting dalam inovasi dan penelitian Biologi. Selama kuliah, sekalipun di Jurusan Biologi Murni, kita bakal ketemu sama Matematika Dasar, Statistika, hingga Fisika Dasar. Bahkan dalam matakuliah Genetika, yang kental "berbau" Biologi, kita masih ketemu sama hitung-hitungan.

Itulah sebabnya, tak heran kalau Biologi berada dalam ranah jurusan kuliah IPA. Sebagai gambaran, mata kuliah Jurusan Biologi itu ada Ekologi Umum, Kimia Organik, Struktur Hewan, Perkembangan Tumbuhan, Sistematika Hewan, Perkembangan Hewan, Biostatistik, Mikrobiologi, Ekologi Hewan, Fisiologi Tumbuhan, Mikrobiologi Lingkungan, Fisiologi Mikroba, Sistematika Mikroba, Biosistematik, Biologi Sel, Akuakultur, Filogenetik Molekuler, dan lain sebaginya.

Udah kebayang kompleksnya Ilmu Biologi, Sobat? Again, di Jurusan Biologi kita memang belajar tentang fungsi, struktur, dan evolusi semua makhluk hidup. Oh iya, jamur dan mikroorganisme juga masuk kategori sebagai makhluk hidup, loh – nggak cuma hewan dan tumbuhan.

 

Kuliah Biologi di Indonesia

Photo by cottonbro on Pexels

Nah, jika minatmu ingin memahami tentang seluk beluk makhluk hidup, mulai dari unit terkecil (sel) hingga ragam spesies, Jurusan Biologi kayaknya memang cocok, nih. Tapi pastikan dulu jurusan pilihanmu dengan menggunakan tes minat bakat di Minat Pintar ya, Sobat.

Kalau pilihan Jurusan Biologi sudah ditarget, berikutnya incar kampusmu. Mau kuliah Jurusan Biologi di PTN? Sobat bisa kuliah di Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjadjaran, atau kampus-kampus negeri yang lain.

Bagaimana dengan pilihan PTS-nya? Jurusan Biologi juga ada di Universitas Nasional, Universitas Pakuan, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Surabaya, Universitas Pelita Harapan, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, ataupun Universitas Surya.

 

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Sudah tahu tentang kuliahnya sampai kampusnya, barangkali sekarang Sobat Pintar jadi penasaran sama prospek alumni Jurusan Biologi. Nah, biasanya alumni Jurusan Biologi kerja apa, sih? Di bawah ini beberapa profesi yang banyak dijalani oleh alumni Jurusan Biologi.

Ahli Biologi

Gelar Sarjana Biologi (S.Si.) dari Jurusan Biologi dapat membawamu menjadi seorang Biologist atau ahli biologi. Profesi ini biasanya terlibat aktif dalam berbagai penelitian Biologi yang dapat merambah ke bidang industri maupun kesehatan.

Ahli Botani

Botani adalah ilmu tentang tumbuhan. Menjadi ahli botani atau Botanist merupakan salah satu profesi yang dijalani oleh alumni Jurusan Biologi. Selain aktif meneliti, Botanist dapat menerapkan Ilmu Biologi yang dimilikinya pada bidang pertanian guna menjaga daya tahan pangan maupun melestarikan spesies tanaman.

Ahli Ekologi

Ahli ekologi dikenal juga sebagai Ecologist. Lingkup pekerjaan alumni Jurusan Biologi yang satu ini lebih luas, mencakup ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya. Itulah sebabnya, Ecologist biasanya dibutuhkan dalam program- program restorasi lingkungan.

Ahli Biokimia

Biochemist atau ahli biokimia adalah profesi dari Jurusan Biologi yang terhitung aktif di laboratorium. Dalam ruang kerjanya, seorang Biochemist mengeksplorasi dan mempelajari proses-proses kimia makhluk hidup. Dengan memahami sifat-sifat kimia makhluk hidup, Biochemist dapat memecahkan berbagai persoalan mulai dari bidang industri makanan hingga layanan laboratorium.

Selain profesi-profesi di atas, tentu masih banyak pekerjaan lain yang dapat dilakoni oleh seseorang yang menyandang gelar Sarjana Biologi. Yang pasti, alumni Jurusan Biologi itu rata-rata adalah orang-orang yang suka meneliti, punya daya ingat yang tajam, dan detil. Mereka juga punya minat pada kehidupan hewan dan isu-isu lingkungan, suka dengan aktivitas luar ruangan, bahkan menyukai serangga.

Nah, bagaimana denganmu, Sobat Pintar? Do you have one of those qualities?

0
280

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet