APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cari Tahu Minat Penelitianmu di 5 Kampus Ini

Penelitian dapat membawa perubahan kearah kualitas hidup yang lebih baik.

Cari Tahu Minat Penelitianmu, image via www.plasticstoday.com

Penelitian, penelitian, dan penelitian. Riset, riset, dan riset. Bagi kita yang kurang akrab dengan kegiatan ilmiah ini, rasanya-rasanya tak ada yang menarik dari sebuah penelitian atau riset. Tapi bila Sobat sudah terbiasa, bahkan sangat berminat dengan karya ilmiah, melakukan penelitian menjadi kegiatan yang mengasyikkan.

Pada dasarnya, penelitian dilakukan karena kita ingin tahu tentang sesuatu. Millions saw the apple fall, but Newton asked why – Bernard Baruch. Bayangkan, bagaimana jadinya kalau Newton sama tak pedulinya dengan orang-orang lain pada saat itu?

Kemungkinan pertama, kita takkan pernah tahu tentang hukum gravitasi. Kemungkinan kedua, namanya takkan pernah dikenal oleh generas-generasi sesudahnya (kita). Barangkali akan ada nama orang lain yang muncul, yang memiliki keingintahuan pada buah apel yang jatuh menggelinding di atas tanah – suatu fenomena yang dianggap biasa oleh semua orang pada masa itu.

Bagaimana dengamu, Sobat? How much of curiosity does your mind keep? Jangan disimpan saja, Sobat. Salurkan rasa penasaran dan keingintahuanmu tersebut dengan melakukan penelitian yang Sobat sukai dibangku kuliah nanti. Nah, PTN-PTN berikut ini memiliki kinerja penelitian terbaik menurut BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).

 

1. Universitas Gadjah Mada

Dari riset-riset yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosennya, UGM telah mengembangkan berbagai karya bermanfaat untuk bangsa. Terbaru, Fisika FMIPA UGM telah mengembangkan alat rontgen, Radiografi Sinar-x Fluoresens Digital (RSFD). Alat rontgen digital ini akan sangat meningkatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas.

 

2. Institut Pertanian Bogor

IPB memiliki puluhan pusat studi yang mendukung penelitian mahasiswa dan dosen. Tak hanya dibidang pertanian, IPB juga mengadakan penelitian dibidang reklamasi tambang, bisnis, biofarma, satwa, dan masih banyak lagi. Bahkan sepuluh tahun silam, penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen IPB diklaim sebagai yang terbaik se-Indonesia.

 

3. Universitas Diponegoro

Penelitian di Undip terus bertambah dari tahun ketahun. Sebagai ilustrasi, dalam kurun waktu tujuh tahun saja, jumlah penelitian di PTN ini telah bertambah hingga lebih dari tiga kali lipat. Publikasi jurnal penelitian juga aktif dilakukan secara nasional dan internasional. Tahun-tahun kedepan, mungkin karyamu yang akan muncul dalam jurnal tersebut, Sobat?

 

4. Universitas Andalas

Posisi keempat sebagai PTN dengan kinerja penelitian terbaik merupakan hasil kerja keras yang melejitkan Unand dari posisi ke-12 pada tahun 2016. Seperti IPB, Unand mengembangkan riset melalui puluhan pusat-pusat studinya. Bahkan, beberapa waktu lalu Unand meluncurkan salah satu produk baru hasil penelitiannya, yaitu Virgin Coconut Oil (VCO).

 

5. Institut Teknologi Bandung

Tiga tahun sebelumnya, ITB merupakan tiga besar kampus dengan kinerja penelitian terbaik di Indonesia. Meskipun kini turun dua peringkat, ITB senantiasa mengembangkan penelitian kampusnya dibidang biosains, bioteknologi, energi, mitigasi bencana, nanosains, nanoteknologi, teknologi informasi, dan lain-lain.

 

Lima besar PTN ini menjadi kebanggan kita bersama, sekaligus pemicu semangat untuk terus melakukan penelitian diberbagai bidang. Penelitian, selain sebagai pemenuhan rasa ingin tahu, juga merupakan cara ampuh pemecahan masalah yang obyektif, sistematis, prosedural, dan ilmiah.

Jadi, hasil penelitian di kampus tidak hanya berhenti menjadi laporan dalam jurnal ilmiah saja, Sobat. Misalnya, minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) yang dihasilkan dari penelitian Unand merupakan produk antibiotik. Masyarakat luas dapat menggunakannya dan mendapatkannya di Science Techno Park (STP) Unand.

Nah, kira-kira Sobat Pintar kelak akan melakukan penelitian tentang apa? Dan bagaimana hasil penelitian tersebut akan bermanfaat bagi banyak orang?

230

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog