APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Catat Jadwal Penting Ini, Pelajar SMA/SMK!

Ujian Sekolah

photo via www.nta.ac.in

Hai! Kamu yang sekarang berstatus pelajar kelas XII SMA/ SMK, sudah tahu jadwal-jadwal mahapenting tahun depan? Eitts, jangan bilang, "Ah, paling-paling juga sama kaya tahun kemarin." Enggak banget, cuy!Agar kamu siap dengan momen penting dalam karirmu dibidang akademik, cuss lihat ini, deh.

 

Pertimbangan Bulan Puasa Terkait dengan Jadwal Ujian

Jika kamu ingat, Ujian Nasional 2018 dilakukan pada bulan April. Tapi karena pertimbangan bulan puasa umat Muslim, maka jadwal UN SMA 2019 dimajukan. Tepatnya, UN SMK pada tanggal 25-28 Maret 2019 dan UN SMA pada tanggal 1,2,4, dan 8 April 2019.

UN Susulan SMA dan SMK juga dilakukan serentak, yaitu pada tanggal 15-16 April 2019. Untuk sinkronikasi, biasanya dijadwalkan mulai sekitar dua hari sebelum hari H.

 

Tentang Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional 2019

Yang sama dengan tahun-tahun sebelumya dalam UN 2019 adalah pelaksanaannya yang menggunakan komputer (UNBK). Baik Kemendikbud maupun Kemenag menargetkan Ujian Nasional yang diikuti oleh pelajar SMA, MA, SMK, dan Paket C seluruhnya berbasis komputer.

Bagaimana dengan soalnya? Untuk USBN, komposisi soal ujian terdiri dari 90% pilihan ganda dan 10% uraian. Sebanyak 75-80% soal ujianmu nantinya disusun oleh guru-gurumu sendiri, sedangkan 20-25% sisanya adalah soal dari pemerintah pusat. Jadi, jangan sampai ketinggalan materi pelajaran yang telah diberikan oleh bapak/ibu guru, ya!

Untuk UN, seluruh soal 100% disiapkan oleh pemerintah pusat. Kecuali Matematika, seluruh soal dalam bentuk pilihan ganda (yaaayy!) – lagipula, jawaban uraian Matematika dalam ujian seberapa panjang sih, tau ndiri, kan.

 

Pengumuman yang Ditunggu-Tunggu Seluruh Pelajar

Setelah dipindai, lembar jawabanmu diskor pada tanggal 16 April – 2 Mei 2019. Mungkin inilah saat kamu kenceng-kencengnya berdoa?

Keesokan harinya, tanggal 3 Mei 2019, hasil UN dijadwalkan tiba di masing-masing provinsi. Kemudian, kamu bisa memperoleh pengumuman hasil UN-mu di sekolah pada 6-9 Mei 2019.

 

Jangan lupa mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menghadapi soal-soal penalaran (HOTS). Yak, kamu masih akan menjumpai soal-soal ini pada Ujian Nasional Besok. Semangat yaa!

600

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog