APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Catatan SBMPTN 2019: 20 PTN Terfavorit pada Rumpun Saintek dan Soshum

Konsentrasi pilihan peserta SBMPTN menghasilkan beberapa PTN terfavorit.

Catatan SBMPTN PTN Terfavorit pada Rumpun Saintek dan Soshum, photo via kaltim.prokal.co

Sudah melewati SBMPTN tahun ini, Sobat? Bagaimana hasilnya? Apapun itu, ada baiknya kita lihat PTN-PTN mana saja yang menerima banyak pendaftar saat SBMPTN kemarin. Sobat yang akan mengikuti SBMPTN tahun depan, hingga dua atau tiga tahun lagi, bahkan dapat melihat kemungkinan ketatnya persaingan masuk PTN nantinya.

 

10 PTN Favorit Rumpun Saintek

Semakin banyak peminat pada suatu jurusan, semakin berat juga kompetisi untuk diterima sebagai mahasiswa jurusan tersebut. Namun terlepas dari jumlah peminat pada setiap jurusan, jumlah peminat pada universitas yang bersangkutan juga turut memberi gambaran seberapa banyak rival Sobat untuk masuk dan menjadi mahasiswa universitas tersebut.

Dan pada SBMPTN 2019, 10 PTN berikut ini telah menerima pendaftar paling banyak pada rumpun Saintek. Sobat Pintar akan mengikuti SBMPTN Saintek? Jika salah satu pilihan jurusanmu berada pada salah satu PTN dibawah ini, siap-siap belajar lebih giat, ya!

1. Universitas Brawijaya, 33.987 peminat

2. Universitas Hasanuddin, 2.9216 peminat

3. Universitas Diponegoro, 28.825 peminat

4. Universitas Sebelas Maret, 24.293 peminat

5. Universitas Jember, 23.399 peminat

6. Universitas Sriwijaya, 21.447 peminat

7. Universitas Sumatera Utara, 21.447 peminat

8. Universitas Gadjah Mada, 20.640 peminat

9. Universitas Padjadjaran, 20.291 peminat

10. Universitas Andalas, 19.891 peminat

 

Selain jumlah peminat, yang tak kalah penting untuk diperhitungkan sebelum Sobat Pintar menjatuhkan pilihan SBMPTN adalah nilai peserta SBMPTN yang lain. Kita dapat dengan mudah menduga peminat SBMPTN pada jurusan-jurusan Saintek di UGM memiliki nilai UTBK yang rata-rata tinggi.

Meskipun UGM berada pada urutan ke-8 dalam hal jumlah peminat, bukan berarti peluang masuknya lebih besar dibanding tujuh universitas lain yang lebih diminati peserta SBMPTN. Jadi, perhitungkan SBMPTN-mu dengan matang ya, Sobat.

 

10 PTN Favorit Rumpun Soshum

SBMPTN 2019 pada rumpun Soshum pun tak kalah menariknya untuk dicermati. Tak terlalu jauh berbeda dari rumpun Saintek, jumlah peminat PTN dan nilai yang masuk memiliki andil penting dalam menentukan peluang lolosnya Sobat dalam seleksi.

Nah, bila jurusan pilihanmu berada pada salah satu PTN dibawah ini, persiapkan UTBK-mu dengan matang ya, Sobat. Pasalnya, 10 PTN ini memiliki jumlah peminat tertinggi pada SBMPTN Soshum 2019.

1. Universitas Pendidikan Indonesia, 34.544 peminat

2. Universitas Negeri Semarang, 28.945 peminat

3. Universitas Negeri Jakarta, 26.120 peminat

4. Universitas Negeri Yogyakarta, 25.779 peminat

5. Universitas Sebelas Maret, 24.442 peminat

6. Universitas Negeri Malang, 23.077 peminat

7. Universitas Brawijaya, 21.884 peminat

8. Universitas Padjadjaran, 21.676 peminat

9. Universitas Negeri Surabaya, 20.034 peminat

10. Universitas Negeri Padang, 19.871 peminat

 

Pastinya, jumlah peminat yang tinggi tak menentukan jumlah calon mahasiswa baru yang diterima. Jumlah peserta SBMPTN yang lolos, baik pada rumpun Sintek maupun Soshum, dipengaruhi juga oleh kuota SBMPTN pada suatu jurusan.

Justru sebaliknya, semakin banyak jumlah peminat maka semakin banyak juga rival yang harus Sobat Pintar hadapi agar lolos seleksi masuk PTN. It's a story to tell for you who has passed the selection process. Sedangkan bagi Sobat Pintar yang akan menjalaninya tahun depan, catatan ini dapat menjadi bahan pertimbangan tersendiri.

380

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog