redesain-navbar Portlet

null

Blog

Catet! Rekomendasi Waktu Terbaik Otak untuk Belajar dari Rumah

Mengenali siklus badan sendiri dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar.

Waktu Belajar, photo by Dose Media on unsplash

Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk belajar? Bisa nggak sih, kita menemukan waktu terbaik buat belajar supaya... (1) belajarnya nggak perlu lama-lama (yaayy!!), (2) materi yang dipelajari cepat dipahami dan tersimpan lama di otak (3)... wait! That's it! That's the most important part of studying: our brain.

Did you know, Sobat? Ternyata otak kita punya iramanya sendiri (ehm... bukan salsa atau jazz, ya!) Irama yang dimaksud adalah waktu terbaik otak saat melakukan sesuatu, termasuk waktu terbaik untuk belajar. Tapi sebagai bagian dari badan kita, fungsi dan kinerja otak tak bisa dipisahkan dari sistem biologis badan kita.

Nah, biar tau kapan waktu terbaik untuk belajar, kita kepoin jam biologis badan kita, yuk! Sekalian juga, biar kita bisa menyusun jadwal belajar sendiri yang paling sesuai dengan keadaan badan kita.

 

Kenali Waktu yang Tepat untuk Belajar Secara Efektif dan Efisien

Waktu Belajar Jam 12 dini hari – 6 pagi (00.00 – 05.59)

Di jam-jam ini, badan memproduksi hormon melatonin. Inilah saatnya tidur, bukan waktu belajar yang baik untuk otak kita. Otak memang tak benar-benar tidur saat kita terlelap. Tapi jika memaksakan diri belajar pada jam-jam ini, belajarnya justru nggak kelar-kelar! Beberapa saat kita memaksakan diri terjaga dan belajar, beberapa saat kemudian kita tertidur – begitu terus sampai pagi.

 

Kenali Waktu yang Tepat untuk Belajar Secara Efektif dan Efisien

Waktu Belajar Jam 6 – 9 pagi (06.00 – 08.59)

Pada pagi hari di jam-jam ini, tekanan darah kita sedang tinggi. Bisa merasakannya, Sobat? Biasanya kita merasa penuh semangat kalau pagi-pagi. Kalau masih lesu karena mengantuk, coba berjemur sebentar. Sinar matahari pagi dapat membantu me-reset jam biologis badan kita dan membuat kita bersemangat lagi untuk memanfaatkan jam belajar yang baik ini.

Yup! Inilah waktu terbaik otak untuk belajar, baik mempelajari materi baru maupun mengulang pelajaran – apalagi kalau ada jadwal ujian di hari itu. Memori jangka pendek otak kita sedang berada di masa keemasaannya. Lancar deh, itu ujian!

 

Kenali Waktu yang Tepat untuk Belajar Secara Efektif dan Efisien

Waktu Belajar Jam 9 pagi – 2 siang (09.00 – 13.59)

Beranjak siang, hormon kortisol kita mulai aktif. Otak kita lebih mudah terfokus pada tugas-tugas penting, termasuk belajar. Inilah waktu belajar yang efektif untuk mempelajari materi yang memerlukan konsentrasi tinggi. Kemampuan analisis kita juga sedang berada di puncaknya pada jam-jam ini. Tambahan pula, kortisol memicu tingkat kreativitas kita.

In other words, it's the best time for you to be productive during the day. Ada materi pelajaran yang harus dikejar? Ada tugas yang harus diselesaikan? Do it all at these hours. Benar-benar waktu yang tepat untuk belajar, nih!

 

Kenali Waktu yang Tepat untuk Belajar Secara Efektif dan Efisien

Waktu Belajar Jam 2 siang – 3 sore (14.00 – 14.59)

Suka ngantuk di jam-jam segini? Memang ini saatnya sistem pencernaan kita bekerja ­– abis makan siang, bukan? Jam-jam ini bukan waktu terbaik otak untuk belajar karena aliran darah ke otak sedang menurun. Alhasil, butuh perjuangan banget kalau harus konsentrasi belajar setelah makan.

Bagaimana kalau kita terpaksa harus belajar di jam-jam tidur siang ini? Lemesin badan sebentar, Sobat. Stretching dan minum air putih bisa membantu membuatmu terjaga. Atau, coba hal-hal lain yang mampu memberimu dampak yang sama: meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Masih bisa di-cheat kok walaupun memang bukan waktu terbaik buat belajar.

 

Kenali Waktu yang Tepat untuk Belajar Secara Efektif dan Efisien

Waktu Belajar Jam 3 siang – 6 petang (15.00 – 17.59)

Our temperature technically rises up at these hours. Bersamaan dengan itu, kinerja jantung dan paru-paru kita juga meningkat. Lantas, apakah ini waktu yang tepat untuk belajar?

Sobat Pintar ngerasa nggak, kalau pada sore hari seperti ini badan kita terasa lebih sigap dan kuat? So, use it well! Kita bisa membantu pekerjaan di rumah atau membereskan tugas-tugas sekolah atau kampus yang memerlukan energi tinggi. Yes, exercising is a good option to take.

 

Kenali Waktu yang Tepat untuk Belajar Secara Efektif dan Efisien

Waktu Belajar Jam 6 petang – 9 malam (18.00 – 20.59)

Sistem pencernaan kita sudah mulai beristirahat, Sobat. Ibaratnya seharian bekerja, sistem pencernaan kita mulai beberes untuk istirahat. Kadar serotonin dalam sistem badan kita juga mulai memudar. Secara umum ini bukan waktu belajar yang baik untuk otak. Lantas, apa yang harus kita kerjakan di jam ini?

Biasanya kita menghabiskan waktu bersama keluarga di petang hari ini atau melakukan hal-hal yang membuat kita merasa lebih rileks. Di saat kadar melatonin dalam sistem badan kita masih rendah, otak kita juga mulai 'beberes.’ Tapi kita masih bisa belajar, kok! Masih terhitung jam belajar yang baik, asal belajarnya yang 'ringan-ringan' saja.

 

Kenali Waktu yang Tepat untuk Belajar Secara Efektif dan Efisien

Waktu Belajar Jam 9 malam – 12 dini hari (21.00 – 23.59)

Di jam ini, hormon melatonin kita diproduksi. Jadi wajar saja bila kita mulai merasa mengantuk, dan semakin berat mengantuk ketika semakin larut. Definitely, bukan waktu terbaik otak untuk belajar.

But your sleepiness depends heavily on your morning hour. Hingga 80% serotonin kita dirangsang oleh sinar matahari. Seiring matahari meninggi di pagi hari, kadar serotonin dalam sistem badan kita pun naik. Ketika mahari tenggelam di sore hari, kadar serotonin kita juga berkurang.

Seorang night owl atau tipe kalong yang aktif di malam hari, biasanya mendapatkan sinar matahari lebih lambat dibanding tipe early bird. Jadi jangan heran kalau si night owl masih bersemangat belajar di jam ini, ketika si early bird sudah terlelap. Jangan heran kalau inilah waktu belajar yang baik bagi para night owls.

 

Apakah jam-jam dan waktu terbaik untuk belajar di atas bersifat mutlak? Tentu tidak, Sobat. Each and every one of us will always be different. Bahkan kita yang hari ini takkan sama persis dengan diri kita yang kemarin, bukan?

But surely, jam-jam di atas bisa digunakan sebagai referensi bila Sobat Pintar ingin menyusun jadwal belajar mandiri dan waktu belajar yang efektif di rumah. Dicoba ya, Sobat!

360

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
sedih.. aku baru bisa belajar di jam malem :(
00

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp