redesain-navbar Portlet

null

Blog

Contoh Kata Pengantar 2021: Mulai dari Makalah sampai Karya Ilmiah

Belajar menyusun kata pengantar untuk karya tulis dapat dilakukan sejak sekarang.

Contoh Kata Pengantar, photo by NeONBRAND on Unsplash

Menulis kata pengantar yang baik dan benar itu ternyata tak mudah bagi semua orang. Betulkah begitu, Sobat Pintar? Ada yang sudah bersiap mengawali menyusun proposal, laporan, makalah, ataupun karya tulis yang lain, namun sampai setengah jam kemudian tak satupun kata yang tertulis. Pernah mengalaminya, Sobat?

Kata pengantar makalah, laporan, atau prosposal memang tak sama persis, tapi sebenarnya tak berbeda jauh. Ingin tahu bagaimana sebenarnya cara membuat kata pengantar untuk karya tulis yang berbeda? Belajar bareng-bareng, yuk!

 

Pengertian Kata pengantar

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Apa itu kata pengantar? Kata pengantar adalah ungkapan rasa syukur maupun ucapan terima kasih penulis. Terletak di bagian awal, kata pengantar juga mencakup keseluruhan isi laporan, proposal, atau makalah yang sedang disusun oleh penulis.

 

Fungsi dan Tujuan Kata Pengantar

Photo by fotografierende on Unsplash

Telah disebutkan di atas, kata pengantar adalah ungkapan penulis dan berisi tentang keseluruhan karya tulis. Karena berada di bagian awal, kata pengantar juga berfungsi mengantarkan pembaca kepada uraian karya tulis lebih lanjut.

Sebagai pengantar kepada bahasan yang lebih rinci, isi kata pengantar berupa gambaran umum tentang karya tulis. Kata pengantar makalah, laporan, proposal, maupun karya tulis yang lain sebaiknya mampu membangkitkan minat pembaca untuk terus melanjutkan membaca sampai selesai.

 

Cara Membuat Kata Pengantar

Photo by Nick Morrison on Unsplash

Kalau begitu, bagaimana sih, cara membuat kata pengantar? Untuk membuat kata pengantar, kita harus mengetahui strukturnya dulu, Sobat. Dengan begitu, kita tahu apa saja yang harus dituliskan, baik pada kata pengantar makalah, laporan, proposal, maupun karya tulis yang lain.

1. Pembukaan

Bagian pembukaan kata pengantar adalah pada paragraf pertama sampai kedua. Bagian pembukaan berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, diikuti dengan ucapan terima kasih kepada siapa saja yang telah membantu penulisan karya tulis tersebut.

2. Isi

Isi kata pengantar adalah judul karya tulis dan sedikit ulasan tentang isi karya tulis tersebut. Uraian singkat tentang karya tulis ditujukan untuk mendorong minat pembaca agar ingin membaca lebih lanjut. Jika terlalu detail dan panjang mengulas tentang isi karya tulis, dikhawatirkan pembaca menjadi kehilangan minat untuk melanjutkan membaca.

3. Penutup

Bagian penutup kata pengantar adalah permohonan maaf penulis serta kesediaan untuk menerima saran dan kritik membangun di kemudian hari. Di bagian ini, penulis juga dapat menyampaikan harapan-harapannya, baik tentang karya yang tengah ditulisnya maupun yang akan datang.

Tiga struktur di atas umumnya kita jumpai dalam kata pengantar. Tentu saja, Sobat Pintar dapat membuat penyesuaian sendiri tentang apa saja yang harus disebutkan dalam kata pengantarmu nanti. Langsung saja yuk, kita lihat beberapa contoh kata pengantar singkat di bawah ini.

 

Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul "Teknik Komunikasi Manusia Prasejarah" dengan tepat waktu.

Makalah disusun untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Sejarah. Selain itu, makalah ini bertujuan menambah wawasan tentang manusia prasejarah bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Nina selaku guru Mata Pelajaran Sejarah. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu diselesaikannya makalah ini.

Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun diharapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Surabaya, 6 Maret 2021

Penulis

 

Contoh Kata Pengantar Laporan

Kata Pengantar

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan kegiatan yang berjudul "Menanam Tanaman Obat di Rumah" dengan tepat waktu.

Penulis menyadari bahwa laporan kegiatan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karenanya, diharapkan saran dan kritik yang membangun agar penulis menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Semoga laporan kegiatan ini menambah wawasan dan memberi manfaat bagi pembaca.

Surabaya, 6 Maret 2021

Penulis

 

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul "Analisis Kerawanan Banjir di Kecamatan Waru, Sidoarjo."

Skripsi ini disusun dan diajukan untuk memenuhi syarat perolehan gelar Sarjana Geografi (S.Geo) pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum di Universitas Negeri Surabaya. Disamping itu, penulisan skripsi ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca.

Skripsi ini dapat diselesaikan semata karena penulis menerima banyak bantuan dan dukungan. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:

1. (Bapak/Ibu) Ketua Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya yang telah memudahkan perizinan penelitian. Dorongan semangat beliau memotivasi penulis untuk segera menyelesaikan skripsi.

2. (Bapak/Ibu) Pembimbing I yang selalu memberikan bimbingan, waktu, dan masukan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi.

3. (Bapak/Ibu) Pembimbing II yang juga memberikan perhatian dan waktu untuk membimbing penulis menyelesaikan skripsi.

4. (Bapak/Ibu) Kepala Laboratorium Geografi yang membantu memudahkan penulis saat menjalani uji laboratorium.

5. Serta berbagai pihak yang tidak mungkin dapat penulis sebutkan satu per satu.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna karena keterbatasan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Oleh karenanya, saran dan kritik yang bersifat membangun akan penulis terima dengan senang hati. Penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan.

Surabaya, 6 Maret 2021

Penulis

 

Contoh Kata Pengantar Proposal

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis menyusun proposal penelitian yang berjudul "Analisis Kerawanan Banjir sebagai Upaya Pengelolaan Bencana di Kecamatan Waru, Sidoarjo."

Penulisan proposal penelitian ini diajukan guna pembaruan informasi daerah rawan bencana banjir di Kecamatan waru, Sidoarjo. Informasi yang terbarui diharapkan mampu menjadi salah satu upaya untuk meminimalisir korban jiwa dan harta di daerah penelitian.

Penulis menyadari bahwa penyusunan proposal ini masih jauh dari sempurna karena pengalaman dan pengetahuan penulis yang terbatas. Oleh karena itu, saran dan kritik dari semua pihak sangat diharapkan demi perbaikan proposal di masa mendatang.

Surabaya, 6 Maret 2021

Penulis

 

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul "Cara Mengatur Pola Makan untuk Menurunkan Berat Badan."

Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Farida selaku guru Mata Pelajaran Biologi yang telah membantu penulis dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah berkontribusi dalam pembuatan karya ilmiah ini.

Karya ilmiah ini memberikan panduan praktis dalam mengatur pola makan. Bagi orang-orang dengan berat badan berlebih, pengaturan pola makan yang tepat dibutuhkan agar diperoleh berat badan yang ideal.

Penulis menyadari ada kekurangan pada karya ilmiah ini. Oleh sebab itu, saran dan kritik senantiasa diharapkan demi perbaikan karya penulis. Penulis juga berharap semoga karya ilmiah ini mampu memberikan pengetahuan tentang pola makan dan berat badan yang sehat.

Surabaya, 6 Maret 2021

Penulis

 

Itulah beberapa contoh kata pengantar singkat. Mulai dari kata pengantar makalah singkat hingga kata pengantar karya ilmiah, Sobat Pintar sudah melihat contoh-contohnya. Sekarang, Sobat dapat mengembangkan kata pengantar sendiri sesuai dengan kebutuhan dan karya tulismu nanti.

40

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan, nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

nomor telepon

+62 812 2000453

email

info@akupintar.id

Grand Slipi Tower Lt. 42
Jl. S. Parman Kav 22-24
Jakarta Barat

Layanan

Universitas

Siswa

Informasi

Kebijakan Privasi

Syarat & Ketentuan

Karir

Ikuti Kami

Facebook Instagram Youtube