redesain-navbar Portlet

null

Blog

Daftar KIP Kuliah 2021: Apa Saja Ketentuannya dan Bagaimana Caranya?

Pendaftaran KIP Kuliah mengikuti ketentuan yang berlaku.

Daftar KIP Kuliah, photo by cottonbro on Pexels

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah menjadi salah satu alternatif pembiayaan kuliah bagi sebagian kita. Bagaimana dengamu, Sobat Pintar? Adakah teman-temanmu atau Sobat sendiri yang membutuhkan bantuan biaya kuliah dari pemerintah ini? Atau minimal, perlu sekedar tahu tentang KIP Kuliah 2021?

Nah, kali ini kita bakalan bahas tentang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Let's read on, and perhaps later share the information with those who need it.

 

Tentang Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Photo by Victor on Pexels

Apa itu KIP Kuliah? KIP Kuliah adalah bantuan pembiayaan pendidikan oleh pemerintah untuk lulusan SMA/sederajat. Kalau gitu, KIP Kuliah Kemdikbud sama dengan beasiswa, dong?

Memang benar, Sobat Pintar. Tapi beasiswa atau bantuan biaya pendidikan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini beda loh dari beasiswa-beasiswa yang selama ini sudah sering kita temui. Beberapa keunggulan KIP Kuliah Kemdikbud yaitu:

- Proses daftar KIP Kuliah bebas biaya.

- Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud bisa dilakukan melalui ponsel.

- Pembiayaan KIP Kuliah sudah mencakup biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (termasuk UTBK).

- Pembiayaan KIP Kuliah mencakup bantuan biaya kuliah (dibayarkan langsung ke kampus/universitas) dan biaya hidup (ditentukan oleh Puslapdik).

Bagi kita yang membutuhkan bantuan pembiayaan pendidikan di perguruan tinggi, KIP Kuliah Kemdikbud udah kayak super hero yang menyelamatkan dunia, deh! Apalagi, salah satu keunggulan beasiswa ini adalah jangka waktu pemberian KIP Kuliah yang sesuai dengan lama pendidikan yang ditempuh oleh penerima beasiswa masing-masing.

Tak jadi soal apakah Sobat Pintar akan melanjutkan kuliah ke program vokasi atau sarjana. Pasalnya, jangka waktu pemberian KIP Kuliah untuk lulusan SMA/sederajat terdiri dari:
- Program D2 maksimal empat semester

- Program D3 maksimal enam semester

- Program D4 maksimal delapan semester

- Program S1 maksimal delapan semester.

 

Jadwal Pendaftaram KIP Kuliah 2021

Photo by jarmoluk on Pixabay

Kapan pendaftaran akun Kartu Indonesia Pelajar (KIP) Kuliah? Proses daftar KIP Kuliah 2021 sudah dimulai sejak 8 Februari. Sementara itu, batas pendaftaran KIP Kuliah 2021 hingga 31 Oktober. Kerangka waktu pendaftaran untuk SNMPTN dan SBMPTN dijadwalkan secara terpisah.

 

Cara Daftar KIP Kuliah

Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Kalau begitu, bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah Kemdikbud 2021? Ada beberapa tahapan cara membuat KIP Kuliah yang perlu diketahui bila Sobat Pintar membutuhkan bantuan pembiayaan dari pemerintah ini untuk kuliah, yaitu:

1. Mengakses laman pendaftaran KIP Kuliah 2021 atau meng-install aplikasi KIP Kuliah Kemdikbud di ponsel.

2. Melakukan pendaftaran akun Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dengan memasukkan NIK, NISN, NPSN, serta alamat email aktif.

3. Jika tervalidasi, kita akan memperoleh email yang berisi informasi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.

4. Masuk pendaftaran lagi dengan memasukan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.

5. Lengkapi proses pendaftaran dengan memilih seleksi yang diikuti (SNMPTN/SBMPTN/Mandiri).

Penerima KIP Kuliah Kemdikbud nantinya akan melakukan verifikasi dengan pihak perguruan tinggi di mana dia diterima. Verifikasi tersebut dibutuhkan guna memastikan bahwa si penerima KIP Kuliah Kemdikbud memang berhak atas bantuan pembiayaan kuliah sebagai mahasiswa baru.

 

Syarat Penerima KIP Kuliah 2021

Photo by Bru-nO on Pixabay

Lantas, siapa sajakah yang sebenarnya berhak mengajukan dan memperoleh KIP Kuliah 2021? KIP Kuliah Kemdikbud ditujukan bagi calon mahasiswa baru dengan kriteria khusus, yaitu:

- Diterima di perguruan tinggi (PTN atau PTS) di jurusan yang terakreditasi

- Sudah memiliki Kartu Indonesia Pelajar (KIP) di sekolah

- Punya potensi akademik yang baik tetapi kemampuan ekonomi keluarga terbatas (peserta Program Keluarga Harapan, pemegang Kartu Keluarga Sejahtera, atau masuk dalam desil kurang/sama dengan kategori IV pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)

- Berasal dari panti asuhan/sosial.

Bagaimana jika keluarga kesulitan menyediakan pembiayaan kuliah, namun kita tak memenuhi satupun persyaratan keterbatasan ekonomi di atas? Don't worry, Sobat Pintar. Kita masih bisa daftar KIP Kuliah dengan mengajukan:

- Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua maksimal Rp4.000.000,00 per bulan, atau

- Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00.

So, apakah Sobat Pintar memenuhi persyaratan di atas? Jika memang eligible, jajaki peluangmu untuk mendapatkan KIP Kuliah Kemdikbud, lanjutkan belajarmu, wujudkan mimpimu, dan bangun masa depanmu. Pelajari dan ketahui semua yang Sobat butuhkan tentang Kartu Indonesia Pintar di kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

140

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet