redesain-navbar Portlet

null

Blog

4 PTN Ini Menggunakan Nilai UTBK pada Jalur Mandiri 2021

Ketahui detail pendaftaran hingga pengumuman Seleksi Mandiri di kampus impian.

Seleksi Mandiri, image via news.nestia.com

Ada nggak sih, Jalur Mandiri pakai nilai UTBK? Sobat Pintar sudah tahu atau belum, kalau nilai UTBK bisa digunakan untuk mengikuti Seleksi Mandiri? Yup, it happened last year. Pada tahun 2020, setidaknya ada lima PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk Jalur Mandiri.

Bagaimana dengan tahun 2021 ini? Apakah kampus incaranmu membuka Jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK? Mana saja universitas yang menggunakan nilai UTBK di Jalur Mandiri? Will you read through, Sobat?

 

1. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Nilai UTBK dapat digunakan untuk masuk Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Jalur Mandiri. Bukan untuk jenjang Sarjana, Sobat. Melainkan, nilai UTBK 2021/2022 dapat digunakan untuk mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Diploma Jalur Nilai (SMMD JN).

Obviously, pilihan jurusanmu untuk masuk UNS di Jalur Mandiri pakai nilai UTBK 2021 hanya pada jurusan-jurusan di Sekolah Vokasi UNS. Pendaftaran online, pembayaran pendaftaran, dan cetak kartu dijadwalkan pada 1 Mei – 7 Juli 2021. Pengumuman hasil seleksi akan berlangsung pada 27 Juli 2021.

 

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Seleksi Mandiri (SM) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyaring 30% dari total calon mahasiswa baru tahun 2021. Dari kuota tersebut, mereka yang belum lolos di SNMPTN/SBMPTN menjadi prioritas SM ITB. Akan tetapi, ITB tidak menyeleksi calon mahasiswa baru di Jalur Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK 2021/2021 saja.

Jika pilihan jurusanmu berada di fakultas selain Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), komponen Ujian Mandiri ITB yang akan Sobat ikuti terdiri dari nilai UTBK, nilai rapor, dan kriteria/ujian lain. Jika pilihan jurusanmu berada di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Sobat akan mengikuti Ujian Mandiri ITB yang terdiri dari nilai UTBK, nilai rapor, Tes Kemampuan Seni Rupa, dan kriteria lainnya. And yes, SM ITB 2021 membolehkanmu untuk langsung memilih jurusan – bukan fakultas/sekolah lagi.

Sebagai salah satu PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk Jalur Mandiri, ITB mengenakan biaya Seleksi Mandiri sebesar Rp100.000,00. Khusus bila pilihanmu FSDR, Sobat harus menyiapkan biaya sebesar Rp150.000,00. Jadwal pendaftaran SM ITB sampai sekarang masih belum dapat dipastikan.

 

3. Institut Sepuluh Nopember (ITS)

PTN Jalur Mandiri dengan nilai UTBK berikutnya adalah Institut Sepuluh Nopember (ITS). Seleksi Mandiri di ITS diselenggarakan bersama dengan Seleksi Kemitraan dan Seleksi Prestasi – Seleksi Kemitraan Mandiri dan Prestasi (SKMP).

Sobat Pintar dapat mengikuti SKMP ITS dengan menggunakan nilai UTBK 2021/2022 atau nilai Tes Kemampuan Akademik ITS, nilai rapor, deskripsi diri, dan prestasi lainnya. Jika jurusan pilihanmu adalah Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual, atau Desain Interior, maka Sobat harus mengunggah portofolio.

ITS adalah salah satu PTN yang masih buka Jalur Mandiri di Jawa Timur dengan pilihan jurusan yang cukup banyak. Iya, Sobat. Setiap peserta SKMP ITS dapat memilih hingga empat program studi!

Untuk mengikuti SKMP ITS, biaya pendaftaran yang dikenakan yaitu sebesar Rp200.000,00. Jadwal pendaftaran Seleksi Mandiri PTN 2021 di Surabaya ini akan berlangsung pada 8 Mei – 16 Juni 2021 dan pengumuman hasil dijadwalkan pada 24 Juni 2021. Jika lolos seleksi, Sobat Pintar harus melakukan pendaftaran ulang pada 5 -7 Juli 2021.

 

4. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Untuk Seleksi Mandiri PTN 2021, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) membuka dua jalur: Jalur Mandiri pakai nilai UTBK dan Mandiri Non-UTBK. Calon mahasiswa Program Sarjana Kelas Internasional dan Program Diploma dapat memilih kedua jalur tersebut.

Jika Sobat ingin mendaftar untuk Program Sarjana Kelas Reguler, pilihanmu hanya pada Jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK. Selain nilai UTBK 2021/2022, Seleksi Mandiri Unsoed juga menggunakan nilai rapor semester 1- 6 dan prestasi-prestasi yang lain.

Sama seperti ITS, Unsoed juga membolehkan calon mahasiswa memilih hingga empat program studi. Akan tetapi, Unsoed membatasi dua prodi untuk Program Sarjana dan dua prodi yang lain untuk Program Diploma.

Secara umum ketentuan Seleksi Mandiri Unsoed tak berbeda dengan ketentuan SBMPTN dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Jika ujianmu di rumpun Saintek, pilihanmu jurusan-juruusan Saintek saja. Jika ujianmu di rumpun Soshum, pilihanmu jurusan-jurusan Soshum saja. Namun jika ujianmu Saintek dan Soshum (IPC), Sobat dapat memilih jurusan di rumpun Saintek maupun Soshum.

Biaya pendaftarannya pun berbeda. Untuk rumpun Saintek/Soshum, biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp300.000,00. Sedangkan calon mahasiswa IPC dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp350.000,00.

Kapan pendaftaran Seleksi Mandiri PTN 2021 di Unsoed? Untuk Jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK, jadwal pendaftaran yaitu 31 Mei – 18 Juni 2021. Pengumuman hasil seleksi akan diadakan pada 28 Juni 2021, dan jadwal registrasi bagi calon mahasiswa baru dijadwalkan pada 5 – 9 Juli 2021.

 

Now, you may ask, is that it? Hingga sekarang, memang baru keempat kampus negeri ini yang telah meng-update informasi Seleksi Mandirinya. Kita masih harus menunggu detail pendaftaran Seleksi Mandiri di beberapa kampus negeri -  Jalur Mandiri UGM, misalnya.

Tentu saja, masih ada PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk Jalur Mandiri selain keempat kampus negeri di atas. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Indonesia (UI), misalnya, adalah dua universitas yang masih membuka Jalur Mandiri pada penerimaan mahasiswa baru 2021/2020. But again, kita masih harus menunggu untuk mendapatkan detail pendaftaran di kedua kampus negeri tersebut.

110

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet