APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Daftar Universitas Jalur Prestasi yang Sudah Dibuka 2023

Persiapkan diri mengikuti Seleksi Mandiri Jalur Prestasi di PTN impianmu.

Photo by Yan Krukau on Pexels

Seleksi jalur prestasi di Perguruan Tinggi Negeri itu enggak cuma lewat Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) loh, Sobat Pintar. Kamu masih punya kesempatan mengikuti seleksi jalur prestasi di Seleksi Mandiri. Pada dasarnya, sama seperti SNBP, jalur prestasi adalah jalur seleksi masuk kuliah berdasarkan prestasi yang kamu miliki, baik itu nilai rapor, penghargaan di bidang olahraga, seni, kegiatan ekstrakurikuler, maupun prestasi di bidang sains dan teknologi seperti juara olimpiade atau penelitian.

Nah, apa saja jalur prestasi 2023 yang sudah dibuka di PTN saat ini? Ini dia, Sobat, daftar jalur prestasi PTN 2023 yang bisa kamu ikutin.

jalur prestasi yang sudah dibuka 2023
Photo by Yan Krukau on Pexels

1. Universitas Padjadjaran

Jalur prestasi Universitas Padjadjaran menyeleksi calon mahasiswa S1 berdasarkan prestasi di bidang sains, olahraga, dan seni. Meskipun didasarkan pada ketiga bidang tersebut, proses seleksinya masih akan mempertimbangkan prestasi akademik. Bahkan kriteria kelulusan seleksi mencakup nilai gabungan dari peringkat prestasi tertinggi di level nasional/internasional dari semua portofolio calon pendaftar eligible yang ada serta nilai akademik sesuai kuota yang ada. Asal kamu tau, kuota jalur prestasi Universitas Padjadjaran 2023 maksimal 10 persen dari total kuota Jalur Mandiri di tiap-tiap program studi.

Di samping nilai rapor, kamu wajib memiliki nilai SNBT/UTBK 2023 atau nilai SMUP 2023 agar dapat mengikuti jalur prestasi masuk Universitas Padjadjaran. Bukan sembarang nilai rapor, kamu pun harus masuk ke dalam 25 persen siswa terbaik di kelas bila mendaftar untuk prestasi sains. Persyaratan-persyaratan wajib lainnya yang juga harus kamu penuhi untuk mengikuti seleksi pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Padjadjaran adalah:

- minimal juara III kompetisi seni, budaya, sains, olahraga, dan kompetisi lain yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

- juara I bidang seni dan olahraga tingkat provinsi dan/atau minimal juara tiga kejuaraan tingkat nasional /internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, pemerintah pusat, atau lembaga internasional

- penghafal kitab suci atau prestasi keagamaan lainnya.

Kamu eligible untuk mengikuti jalur prestasi 2023 ini, Sobat Pintar? Catat tanggal-tanggal penting berikut.

Jadwal

Kegiatan

29 Maret – 1 Juni 2023

Pendaftaran + pembayaran biaya seleksi

2 Juni – 14 Juli 2023

Proses verifikasi

21 Juli 2023

Pengumuman

Daftar Jalur Prestasi PTN 2023
Photo by RDNE Stock project on Pexels

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Seleksi jalur prestasi berikutnya adalah jalur prestasi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Seleksi jalur prestasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa S1 (Sarjana) dan D4 (Sarjana Terapan). Beberapa program studi S1 yang tercatat memiliki keketatan tinggi pada Seleksi Mandiri 2022 antara lain Sains Aktuaria, Teknik Industri, Teknik Pangan, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Biomedik, Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan.

Jalur prestasi masuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini hanya untuk siswa dari jurusan eksakta, Sobat Pintar. Eitts, kalian yang bukan dari jurusan eksakta masih bisa mengikuti seleksi pendaftaran mahasiswa baru di Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini, tetapi hanya bila program studi pilihanmu adalah Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, atau Studi Pembangunan. Kalau kalian yang dari SMK, gimana dong? Khusus bagi pendaftar dari SMK, kalian perlu menyesuaikan relevansi jurusan sebelumnya dengan program studi yang dipilih.

Namanya saja seleksi jalur prestasi, maka kamu wajib punya prestasi atau penghargaan agar dapat mengikuti seleksi pendaftaran mahasiswa baru di Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini. Kamu diharuskan memiliki minimal satu dari:

- juara lomba tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional olimpiade sains, olahraga, seni, karya ilmiah

- penghafal kitab suci

- pengalaman organisasi (ketua, wakil, atau anggota)

- pengalaman ketua panitia.

Siap mengikuti jalur prestasi 2023 ini, Sobat Pintar? Catat jadwalnya berikut.

Jadwal

Kegiatan

8 – 31 Mei 2023

Pendaftaran

22 Juni 2023

Pengumuman

pendaftaran mahasiswa baru di
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

3. Universitas Indonesia

Seleksi jalur prestasi di Universitas Indonesia dikenal dengan PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar). Seleksi jalur prestasi ini berdasarkan nilai rapor dan ditujukan untuk calon mahasiswa Program Vokasi dan Sarjana. Sebelum memutuskan untuk mengikuti seleksi pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Indonesia ini, pastikan dahulu bahwa sekolahmu sudah mengajukan permohonan untuk mengikuti PPKB ke Universitas Indonesia ya, Sobat.

Kapan jalur prestasi Universitas Indonesia 2023 berlangsung? Ini dia jadwalnya, Sobat Pintar.

Jadwal

Kegiatan

Mei – Juni 2023

Pendaftaran

Juli 2023

Pengumuman

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

4. Universitas Negeri Semarang

Di mana lagi jalur prestasi yang sudah dibuka 2023? Jawabannya Universitas Negeri Semarang dong, Sobat. Seleksi jalur prestasi Program S1 dan D3 ini ditujukan bagi siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara di bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba mata pelajaran, serta keagamaan. Di samping prestasi, proses seleksi juga termasuk ujian tulis Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA). Kesesuaian prestasi dengan pilihan program studi serta daya tampung turut menjadi pertimbangan dalam proses seleksi. Daya tampung jalur prestasi Universitas Negeri Semarang 2023 per program studi mulai satu hingga lima kursi saja.

Mahasiswa yang lolos dari seleksi jalur prestasi ini nantinya akan membayar UKT kategori I atau II. Masa pendaftaran jalur prestasi di Universitas Negeri Semarang ini adalah 1 Maret 2023 sampai 9 Juni 2023.

jalur prestasi 2023 yang sudah dibuka
Photo by Yaroslav Shuraev on Pexels

5. Universitas Negeri Yogyakarta

Jalur prestasi Universitas Negeri Yogyakarta ditujukan bagi calon mahasiswa Program S1 melalui seleksi prestasi akademik dan prestasi unggul. Kedua seleksi tersebut sama-sama memerlukan nilai rapor. Bedanya, peserta seleksi jalur prestasi unggul diharuskan mengunggah bukti prestasi di bidang akademik dan nonakademik, seperti piagam penghargaan atau sertifikat, minimal di tingkat kabupaten/kota.

Kapan pelaksanaan jalur prestasi masuk Universitas Negeri Yogyakarta ini? Berikut tanggal-tanggal pentingnya, Sobat.

Jadwal

Kegiatan

27 Maret – 6 Juli 2023

Pendaftaran

7 Juli 2023

Batas finalisasi + cek kartu

13 Juli 2023

Pengumuman


Photo by Mikhail Nilov on Pexels

6. Universitas Negeri Malang

Jalur prestasi 2023 berikutnya adalah di Universitas Negeri Malang. Seleksi jalur prestasi ini dibuka bagi siswa SMA/SMK/MA di dalam maupun luar negeri yang memiliki prestasi unggul di bidang olahraga, keagamaan, seni dan peminatan, serta penalaran. Proses seleksi jalur prestasi di Universitas Negeri Malang meliputi penilaian portofolio dan verifikasi terhadap bukti-bukti prestasi. Bila lolos di tahap seleksi administrasi ini, kamu dapat mengikuti uji keterampilan dan/atau wawancara (bidang seni dan olahraga).

Mau ngikutin seleksi jalur prestasi ini, Sobat Pintar? Di bawah ini jadwal jalur prestasi Universitas Negeri Malang 2023.

Jadwal

Kegiatan

21 - 26 Juni 2023

Pendaftaran

30 Juni 2023

Pengumuman seleksi administrasi

3-4 Juli 2023

Praktik/unjuk kerja prestasi

6 Juli 2023

Pengumuman

7-11 Juli 2023

Masa sanggah


Photo by RDNE Stock project on Pexels

7. Universitas Negeri Jakarta

Jalur prestasi di Universitas Negeri Jakarta dibuka untuk Program S1 dan D3. Jenis prestasi yang diseleksi meliputi:

- saintek (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknologi)

- sosial humaniora (Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, Lomba Debat)

- seni dan sastra (seni musik, seni tari, seni peran, seni rupa, lomba baca puisi, menulis)

- olahraga

- musabaqah.

Untuk mengikuti seleksi pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Negeri jakarta pada jalur prestasi 2023, kamu harus berprestasi pada salah satu bidang di atas, pada tingkat nasional atau internasional, baik secara individu maupun beregu. Di tingkat nasional, kamu diharuskan meraih minimal juara III dalam lomba yang diselenggarakan oleh lembaga resmi terkait.

Kapan pelaksanaan jalur prestasi Universitas Negeri Jakarta 2023? Ini dia jadwalnya, Sobat.

Jadwal

Kegiatan

25 April – 10 Juni 2022

Pendaftaran

15 Juni 2022

Pengumuman kelulusan portofolio

22 – 23 Juni 2022

Ujian wawancara

29 Juni 2022

Pengumuman


Photo by MART PRODUCTION on Pexels

8. Universitas Negeri Surabaya

Terdapat lima macam jalur prestasi di Universitas Negeri Surabaya, yakni keagamaan, olahraga, seni, kepemimpinan, serta sains dan soshum. Asal kamu tau, Sobat, seleksi jalur prestasi sains dan soshum merupakan jalur prestasi 2023 yang belum ada di tahun-tahun sebelumnya. Wajib banget diikutin nih, buat kalian yang memiliki sertifikat kejuaraan bidang sains dan soshum I, II, atau III pada tingkat propinsi maupun nasional/internasional.

Jalur prestasi Universitas Negeri Surabaya ini memang belum resmi dibuka, tetapi sudah dijadwalkan. Berikut jadwal seleksi pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Negeri Surabaya melalui jalur prestasi.

Jadwal

Kegiatan

8 – 24 Juni 2023

Pendaftaran

26 Juni 2023

Tes tulis

27 Juni 2023

Tes wawancara/keterampilan

28 Juni 2022

Pengumuman

 

Itulah delapan jalur prestasi yang sudah dibuka 2023, Sobat Pintar. Mana nih, seleksi jalur prestasi yang bakal kamu ikutin? Perhatikan betul-betul ya, setiap universitas memiliki kriteria penilaian yang berbeda-beda. Namun secara umum, seleksi jalur prestasi terbilang kompetitif dan memiliki persyaratan yang ketat.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog