redesain-navbar Portlet

null

Blog

Di Mana Kuliah Teknik Biomedik? Kenali 5 Kampus Pilihan Terbaikmu

Teknik Biomedik jurusan yang masih baru, namun persaingan masuknya cukup ketat.

Teknik Biomedik, photo by National Cancer Institute on unsplash

Ada yang menarik di Jurusan Biomedik nih, Sobat Pintar. Teknik Biomedik (terkadang disebut Teknik Biomedis) terhitung sebagai jurusan kuliah yang masih baru di Indonesia – apalagi kalau dibandingkan dengan Kedokteran atau Manajemen. Lantas, apanya yang menarik tentang Jurusan Biomedik ini? Mau tau? Let's read on!

 

Apa Itu Teknik Biomedik?

Simply put, Teknik Biomedik adalah gabungan antara ilmu teknik dan ilmu medis. Mahasiswa yang belajar di Jurusan Biomedik belajar tentang bagaimana menerapkan ilmu teknik/ rekayasa (engineering) pada bidang kesehatan/ kedokteran ataupun Biologi.

Sobat Pintar pernah melihat alat-alat canggih seperti mesin MRI di rumah sakit? Masih banyak, dan semakin banyak, peralatan di rumah sakit yang mengikuti perkembangan teknologi. Nah, pengoperasian peralatan medis canggih seperti ini sebenarnya membutuhkan skill teknik alih-alih ilmu medis. Di sinilah sebenarnya alumni Jurusan Biomedik dibutuhkan.

Di negara-negara maju, prospek kerja Teknik Biomedik justru lebih luas lagi, Sobat. Eksplorasi penciptaan alat-alat prostetik yang dapat menggantikan bagian tubuh atau organ manusia hanya dibatasi oleh nilai moral dan etika tiap-tiap praktisinya.

Artinya, masih banyak peluang dan kemungkinan yang dapat kita gali ke depannya di bidang Teknik Biomedis. The limit is, again, depends on yourself.

Di sisi lain, sayang sekali baru ada beberapa universitas yang ada Jurusan Teknik Biomedik. Eitts, tapi biarpun sedikit, universitas-universitas ini justru yang reputable, Sobat! It surely will take an effort to get into one. Dan mana sajakah universitas yang ada Jurusan Teknik Biomedik itu?

 

1. Teknik Biomedik UI

Pada awalnya, Teknik Biomedik UI merupakan salah satu peminatan di Jurusan Teknik Elektro. Fokus Teknik Biomedik UI adalah pada riset dan pengembangan rekayasa sains dan teknologi untuk kepentingan medis.

Mahasiswa Jurusan Biomedik UI belajar tentang Teknik Elektro dan pengetahuan medis. Mata kuliah teknik antara lain Fisika Listrik, Rangkaian Listrik, Elektromagnetik, Elektronika Analog, Sinyal dan Sistem, Embedded Devise, dan Pencitraan Medis. Sedangkan beberapa mata kuliah medis yaitu Atomi, Fisiologi, dan lain-lain.

Alumni Jurusan Biomedik UI dibekali kecakapan untuk merancang-bangun prototipe devise dan teknologi dalam industri dan pelayanan kesehatan. Prospek kerja Teknik Biomedik UI antara lain di laboratorium kesehatan, perusahaan farmasi, rumah sakit, instansi pemerintah, dan lain sebagainya.

 

2. Teknik Biomedik ITS

Ini dia, salah satu jurusan di ITS dengan keketatan persaingan masuk yang cukup tinggi. Teknik Biomedik ITS menjadi rumah bagi mahasiswanya untuk memupuk kemampuan sintesis dan analisis di bidang pengolahan sinyal biomedik, instrumentasi biomedik, biomaterial, kontrol biomedik, dan biomekanika.

Dengan kemampuan tersebut, prospek kerja Teknik Biomedik ITS mencakup bidang teknik klinis, pengolahan sinyal dan citra medis, desain peralatan medis, teknologi bantuan untuk individu berkebutuhuan khusus, dan rehabilitasi medis. Apakah Sobat Pintar akan menjadi bagian dari 3% calon mahasiswa yang lolos seleksi masuk jurusan ini?

 

3. Teknik Biomedik ITB

Teknik Biomedis terhitung sebagai jurusan baru di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Meskipun begitu, prospek yang ditawarkannya jauh melesat ke masa depan.

Dengan kecakapan multi disiplinnya, prospek kerja Teknik Biomedik ITB tak terbatas di bidang kesehatan saja seperti laboratorium klinik, rumah sakit, maupun farmasi. Akan tetapi, clinical engineer dari jurusan ini pun dapat menekuni bidang industri perangkat lunak maupun penelitian.

 

4. Teknik Biomedik UGM

Di UGM, Teknik Biomedis menjadi bagian dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Walaupun jurusan baru, Teknik Biomedik UGM sudah memiliki kurikulum yang settled. Beberapa mata kuliahnya antara lain Teknik Kendali Neurofuzi, Biomekanik dan Robotik, Perencanaan Rekayasa, Medan Elektromagnetis, dan Matematika Elektro.

Karenanya, engineers dari Teknik Biomedik UGM kelak adalah mereka yang memiliki pengetahuan rekayasa, kemampuan analisis, system development, dan berbagai kecakapan lain. Ingin kuliah di jurusan ini, Sobat?

 

5. Teknik Biomedis Unair

Tekno Biomedik atau Teknik Biomedis juga ada di Unair. Mahasiswa jurusan ini belajar tentang Biologi Dasar, Ilmu Bahan, Fisiologi Manusia untuk Teknik, Metode Statistika, Metodologi Penelitian, Perangkat Antar Muka, Analisis Biomaterial, Robotika Medis, Biofotonik, dan masih banyak lagi.

Bersiaplah mengikuti prakrikum pada semester-semester awal kuliah di jurusan ini, Sobat. It'll be surely worth your time and effort. Nantinya, alumni Teknik Biomedis Unair adalah mereka yang punya pengetahuan tentang rehabilitation engineering, biomedical instrumentation, medical biomaterials, hingga perkembangan terbaru Teknik Biomedis.

 

Jadi, manakah Jurusan Biomedik pilihanmu, Sobat? Tak ada ruginya menyiapkan seleksi masukmu nanti, baik itu di SNMPTN, SBMPTN, atau Seleksi Mandiri, sedari sekarang. Bagaimana caranya? Tentu saja, salah satunya dengan Belajar Pintar!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet