APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Dikenal Santuy, Ini 5 Jurusan Kuliah Paling Mudah

Beberapa jurusan tertentu dikenal dengan reputasi sebagai jurusan kuliah yang tak membutuhkan perjuangan melelahkan.

Photo by Dan Dumitriu on Unsplash

Jurusan kuliah yang mudah itu mungkin ada banyak, tetapi yang benar-benar bikin hidup terasa santuy sepertinya masih bisa dihitung jadi. Enggak percaya, Sobat Pintar?

Ini dia, beberapa jurusan yang dikenal santuy. Psst... disclaimer, perkuliahan antar kampus pasti berbeda dan kali ini kita bakal ngejulidin lima jurusan kuliah tersantai dari POV mahasiswa yang sudah terlanjur salah jurusan. Memang, rumput tetangga selalu tampak lebih hijau. Yuk, mulai julidnya!

 

1. Pariwisata

jurusan kuliah paling mudah
Photo by Ross Sneddon on Unsplash

Anak Pariwisata itu kuliahnya asyik. Jalan-jalan melulu! Udah lah sering jalan ke luar kampus, sampai luar kota juga, yang didatengin tuh objek-objek pariwisata pula. Bagi mahasiswa yang kuliahnya kudu berjam-jam di lab dan praktikum, Pariwisata kayaknya jurusan paling mudah dan seru, deh.

Pariwisata juga terkenal sebagai jurusan kuliah yang santai tapi menjanjikan. Ya, bagian mana dari Indonesia sih, yang enggak bisa jadi objek pariwisata? Enggak perlu menunggu lulus, mahasiswa Pariwisata banyak yang bekerja part time sambil kuliah saking banyaknya peluang kerja di bidang pariwisata. Belajar sambil jalan-jalan, dan dibayar pula.

Meskipun terkesan sebagai jurusan kuliah yang paling santai, sebenarnya mahasiswa Pariwisata kudu serius belajarnya. Pasalnya, kegiatan pariwisata itu cakupannya luas banget. Mahasiswa Pariwisata cukup sering harus menjadi generalist yang tau juga tentang arkeologi, sejarah, antropologi, geografi, beberapa bahasa asing, filsafat, lingkungan, hukum ekonomi, hingga statistik.

 

2. Sastra Indonesia

jurusan yang dikenal santuy
Photo by Charl Folscher on Unsplash

Karena sudah mengenal dan menggunakan Bahasa Indonesia sejak kecil, belajar sastranya enggak bakalan sulit. Kita juga sudah mengenal puisi, cerpen, dan karya-karya sastra yang lain selama sekolah. Apalagi buat anak senja, kuliah Sastra Indonesia adalah kesempatan untuk menjadi semakin puitis! Jadi, butuh penjelasan apa lagi untuk meyakinkanmu bahwa Sastra Indonesia adalah jurusan kuliah yang gampang?

Namun ternyata masih banyak yang harus kita pelajari saat kuliah meskipun guru Bahasa Indonesia sudah mengenalkan sastra selama di sekolah. Kajian budaya, apresiasi sastra, maupun penulisan kreatif hanyalah sedikit dari mata kuliah yang bakal membuatmu belajar lebih banyak tentang sastra Indonesia. Jika ditanya jurusan apa untuk orang pendiam yang gemar menulis, Sastra Indonesia boleh jadi salah satu jawabannya.

 

3. Ilmu Hukum

jurusan kuliah yang mudah
Photo by Romain Dancre on Unsplash

Jurusan apa yang gampang cari kerja? Ilmu Hukum, inilah jurusan kuliah yang santai tapi menjanjikan. Kamu enggak perlu mikirin biaya dan mengerjakan praktikum, kuliahnya enggak perlu modal buat studi tur ke luar kota, dan jurusan ini tersedia hampir di setiap kampus.

"Hanya" dibutuhkan ketekunan untuk kuliah Ilmu Hukum. Bukan tanpa alasan bila Hukum dikenal sebagai jurusan kuliah yang gampang. Konsentrasi yang kamu pilih nanti akan menentukan pendidikan profesi dan jenjang pendidikan berikutnya. Walaupun bertambah jenjang, pola perkuliahanmu tak akan banyak berubah – minimal, masih tetap memerlukan ketekunan untuk membaca banyak banget buku.

Berikutnya, setelah ketekunan, yang kamu butuhkan adalah jejaring sebagai penentu peluang kerja setelah lulus nanti. Berawal dari staf legal atau bekerja di firma hukum, alumni Ilmu Hukum dikenal berpenghasilan baik. Seberapa mulus lepas landasnya kariermu nanti bakal banyak dipengaruhi dari masa-masa awal bekerja ini. Bukan tanpa alasan bila Ilmu Hukum dikenal sebagai jurusan kuliah yang mudah, kan?

 

4. Pendidikan Jasmani

jurusan kuliah yang paling santai
Photo by dylan nolte on Unsplash

Siapa nih, yang mengantuk terus di kelas tetapi seketika melek di jam pelajaran olahraga? Kalau kamu demen banget olahraga, ini rekomendasi jurusan kuliah yang santai tapi menjanjikan buatmu, Sobat Pintar.

Alumni Pendidikan Jasmani memang disiapkan untuk menjadi guru olahraga di sekolah. Namun kuliah di jurusan yang dikenal santuy ini juga membekalimu dengan pengetahuan tentang gizi, anatomi, hingga keamanan dan keselamatan. Berbekal semua itu, kamu masih bisa menjadi personal trainer kalaupun tak mengajar di sekolah. Setidaknya, kamu bisa hidup dengan lebih sehat karena tau apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatanmu sendiri sambil tetap santuy.

 

5. Pendidikan Tata Rias

jurusan kuliah yang gampang
Photo by Rendy Novantino on Unsplash

Masih ada lagi nih, jurusan kuliah yang santai tapi menjanjikan. Sama seperti jurusan kependidikan yang lain, Pendidikan Tata Rias sebenarnya menyiapkanmu untuk menjadi guru. Namun setelah lulus kuliah nanti, kamu juga bisa menjadi make up artist!

Enggak perlu menunggu lulus, kamu sudah mulai bisa mematok harga jasa tata riasmu sejak masih kuliah. Kamu juga bisa menambah penghasilan melalui media sosial dengan menjadi content creator. Meskipun Pendidikan Tata Rias itu jurusan yang dikenal santuy, return of investment-nya enggak santuy loh, Sobat!

Emangnya sesantuy apa sih, kuliahnya? Sebenarnya enggak santuy-santuy banget. Perkuliahannya membutuhkan banyak praktik – dan biaya. Akan tetapi, jurusan ini biasanya memang dipilih oleh mereka yang punya passion di bidang kecantikan, jadi pasti semangat banget kuliahnya! Enggak perlu menghafal banyak teori, enggak perlu banyak menulis, Pendidikan Tata Rias adalah jurusan termudah dan terasyik yang bisa kamu pilih di perguruan tinggi.

Jadi, menurutmu kuliah paling santai jurusan apa? Memang, mudah dan santai itu relatif. Namun selama kamu kuliah di jurusan yang tepat, yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu, besar kemungkinan kuliahmu bakalan lebih mudah dan lebih santai.

Gimana? Kamu masih bingung dengan minat dan kemampuanmu? Ga perlu insecure, kamu bisa mengikuti Tes Penjurusan Kuliah dan Tes Kemampuan terlebih dahulu. Tes-tes ini gratis dan seru, Sobat! Yuk, ditungguin hasilnya, biar kita dan semua orang di rumah pada tau, jurusan kuliah paling mudah dan paling santai buatmu itu yang mana.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog