APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Event, Jurusan Unik yang Masih Jarang Peminat

Cari Tahu Jurusanmu

photo via www.eventprofinder.com

Tentunya kamu pernah nonton konser musik atau menghadiri resepsi pernikahan. Bila kamu berkesempatan datang pada acara-acara yang cukup besar, misalnya konser musik yang mendatangkan penyanyi internasional atau resepsi pernikahan anak pejabat negara, pastinya kamu bisa melihat banyaknya audience atau undangan dan orang yang terlibat dalam acara tersebut. Sempat terlintaskah dibenakmu, bagaimana mengatur sedemikian banyak arus massa hingga acara dapat berjalan lancar?

Mengatur segala sesuatunya hingga suatu acara atau event terlaksana dengan lancar dari awal hingga akhir memerlukan banyak kemampuan dan keterampilan. Bila kamu sempat menjadi event organizer suatu acara di sekolah, tentu kamu tahu benar tentang hal ini. Dan bila serius dengan passion mengendalikan acara seperti ini, kamu bisa mempertimbangkan kuliah pada Jurusan Event.

 

Tentang Jurusan Event

Masih terdengar asing? Jurusan Event memang masih terbilang sepi peminat. Salah satu sebabnya, barangkali karena Event Management juga diajarkan sebagai satu matakuliah pada Jurusan Public Relations Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Lebih dari itu, saat ini Jurusan Event hanya ada di Universitas Prasetya Mulya. Tentunya, kamu punya pilihan yang lebih luas bila memutuskan untuk kuliah ke luar negeri, misalnya Australia.

Di Jurusan Event, kamu akan belajar tentang bagaimana menciptakan event atau acara. Lebih dari merencanakan event berskala kecil maupun besar, kamu juga akan belajar bagaimana mengatur anggaran, mengatur orang, membuat konsep, hingga memasarkan suatu event. Jadi, kamu juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang bisnis dan manajemen yang dapat diaplikasikan dalam pengadaan event.

 

Kuliah di Jurusan Event

Universitas Prasetya Mulya menyertakan matakuliah Principle of Event Management, Personal Development, Creative and Design Thinking, dan masih banyak lagi matakuliah lain pada Jurusan Event. Tipe event yang akan kamu pelajari di jurusan ini nantinya akan terbagi menjadi dua industri, yaitu MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) dan special event yang mencakup event budaya, pernikahan, olahraga, ulang tahun, dan lain-lain.

Lebih dari sekedar passion dan pengetahuan tentang penyelenggaraan even, kamu juga musti memiliki karakter yang dibutuhkan dibidang ini. Seorang event organizer yang handal adalah juga seorang yang tekun, detail, observan, rasional, independen, suka berhitung, berwawasan luas, suka menganalisis, suka melakukan riset, terampil berkomunikasi, suka memecahkan masalah, dan bisa bekerjasama dalam tim. Apakah kamu memiliki karakter seperti ini?

 

Prospek Kerja dan Profesi

Seiring dengan meningkatnya minat pariwisata, semakin dibutuhkan pula para profesional dibidang pengelolaan event. Selepas kuliah di Jurusan Event, kamu bisa menjadi seorang Manajer Pemasaran, Konsultan Pemasaran Digital, Perencana Meeting, Convention, dan Acara, Perancang Pameran, Project Manager, atau Manajer Event, tentunya. Kamu akan berkiprah dibidang Event Planner, Brand Activation Agency, Event Marketing, Event Conceptor, Event Consultant, MICE, Government MICE Organizer, dan lain-lain.

 

Menyelenggarakan event, baik nasional maupun internasional, yang sukses membutuhkan kualitas personel yang handal. Dibutuhkan ide-ide segar dan kreatif yang bisa diaplikasikan dalam kerja tim. Mengingat jumlah event akan terus bertumbuh kedepannya, apakah bidang profesional ini memang untukmu?

810

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
jurusan ap sekarang yang jarang peminatnya
00
jurusan ap sekarang yang jarang peminatnya
00
jurusan ap sekarang yang jarang peminatnya
00
jurusan ap sekarang yang jarang peminatnya
00
jurusan ap sekarang yang jarang peminatnya
00
jurusan ap sekarang yang jarang peminatnya
00
Jurusan Statistika,
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog