CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Event Management, Sebuah Jurusan Kuliah di Bidang Industri Kreatif

Salah satu kampus pariwisata terbaik di Bali, PIB, membuka peluang untuk Sobat Pintar belajar tentang manajemen event.

Ingat ga Sobat, event apa yang pernah kamu ikuti dan paling berkesan? Pernahkah terpikirkan olehmu, siapa orang-orang di balik terselenggaranya event itu? Bagaimana mereka mengemas event tersebut sedemikian rupa sehingga kamu tak bisa melupakannya sampai sekarang?

Jika kamu tertarik untuk mengulik behind the scene-nya suatu event, pas banget nih, Sobat Pintar. Adalah Event Management, sebuah jurusan kuliah yang dapat memberimu kesempatan untuk belajar segala sesuatu tentang bagaimana menyelenggarakan kegiatan atau event. Kegiatan apa saja yang dimaksud? Seperti apa kuliahnya, di mana sekolah event di Indonesia, dan bagaimana peluang kerjanya? Yuk, cari tahu.

 

Jurusan Kuliah untuk Orang-Orang yang Dinamis dan Kreatif


 

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, Event Management adalah sebuah jurusan kuliah yang memberimu kesempatan untuk belajar tentang penyelenggaraan suatu kegiatan atau event. Kalau kamu pernah menonton konser, itu juga termasuk event, Sobat. Namun apakah event terbatas pada konser saja? Tentu tidak.

Mahasiswa Event Management belajar bagaimana mengelola event yang meliputi festival, trade fair, wedding, talk show, olah raga, workshop, seminar, bazar, kontes, hingga fashion show. Berbagai kegiatan bisnis yang tercakup dalam perkuliahan di Event Management Bali ini lebih dikenal dengan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition). Itulah sebabnya, jurusan ini dikenal juga Jurusan Event and MICE.

Event dan MICE sendiri merupakan industri yang sangat besar di bidang kreatif. Kebayang ga, kreativitas macam apa yang dibutuhkan untuk merancang dan menyelenggarakan sebuah wedding yang romantis dan berkesan bagi semua orang yang hadir, misalnya? Apa yang harus kamu siapkan agar dapat mengelola sebuah bazar atau pameran yang terdiri dari ratusan tenants? Atau, yang lebih simpel, bagaimana agar sebuah seminar yang kamu rencanakan dapat berjalan lancar? Semua itu bakal kamu pelajari di Jurusan Event Management, Sobat Pintar.

 

Kuliah Event Management, antara Teori dan Praktik


 

D4 Event Management Politeknik Internasional Bali (PIB) menawarkan perkuliahan yang proporsional antara teori dan praktik. Pada tahun pertama perkuliahan, mahasiswa jurusan ini belajar tentang MICE dalam bisnis internasional dan teknologi, animasi dan desain grafis/3D, bermacam-macam jenis beverages, tourismpreneurship, sampai operasional katering. Di tahun berikutnya, perkuliahan meliputi penyelenggaran event dalam bentuk festival dan budaya, penyelenggaraan wedding internasional dan nusantara, fotografi dan videografi untuk berbagai event yang berbeda, manajemen digital marketing, termasuk pula brand activation dan public relation.

Mahasiswa tingkat tiga di Jurusan Event Management PIB akan mengikuti professional placement atau internship di Indonesia. Pada saat yang sama, mereka juga akan mengikuti perkuliahan tentang event management di bidang sport and entertainment, manajemen artist and stage, protokol dalam penyelenggaraan event resmi pemerintah, keamananan dalam penyelenggaraan event, hingga bagaimana mengelola industri pariwisata yang berkelanjutan. Professional placement akan berlanjut higga tahun terakhir kuliah sambil mahasiswa Event Management PIB juga akan mengikuti mata kuliah Business Incubator dan Final Project.

Berbagai kegiatan praktik dan perkuliahan di atas bertujuan agar mahasiswa Event Management PIB memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang memadai untuk nantinya menjadi wedding planner, professional conference/exhibition organizer, director of banquet and event di berbagai hotel, ataupun show director. Tak sedikit pula alumni Event Management PIB lantas menjadi entrepreneur, bekerja di bidang tour and travel, atau menjadi pegawai di Kemenparekraf.

 

Kuliah di Bidang Kreatif di Perguruan Tinggi


 

Sebagai kampus pariwisata di Bali, Politeknik Internasional Bali memiliki laboratorium dan lokasi event terbaik di Indonesia. Taman Bhagawan, misalnya, merupakan salah satu venue eksklusif bagi mahasiswa Event Management PIB untuk berpraktik langsung bagaimana menyelenggarakan dan mengelola berbagai macam event, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Di luar kampus, mahasiswa Event Management PIB berkesempatan untuk praktik magang di four/five-star hotels berkelas internasional. Bali Tourism Board juga secara rutin merekrut mahasiswa Event Management PIB untuk internship.

Jurusan kuliah di bidang kreatif seperti Event Management di perguruan tinggi saat ini masih dapat dihitung dengan jari. Di satu sisi, kita berpeluang meraih kesempatan yang begitu luas untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya di bidang kreatif ini, Sobat Pintar. Di sisi lain, kita harus cermat memilih kampus tempat kuliah agar mendapatkan exposure yang memadai untuk memaksimalkan kesempatan tersebut.

Asal kamu tahu, Sobat Pintar. Sepanjang tahun 2022 saja, Bali menjadi tuan rumah tempat diselenggarakannya ratusan event. Kebayang ga, kalau kamu kuliah di sebuah kampus yang berlokasi tepat di jantung industrinya, seperti di Politeknik Internasional Bali ini?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog