PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via e-learning.um.ac.id

Fakultas Keolahragaan – Ada Apa Aja Sih Disitu?

Jurusan di Fakultas Keolahragaan

Kamu tipe orang yang nggak betah duduk berjam-jam di dalam kelas? Kamu selalu antusias dengan pelajaran Olahraga, bahkan termasuk siswa berprestasi? Dan bagaimana dengan cita-citamu? Apakah ahli fisioterapi, pelatih atau instruktur olahraga dan kebugaran, konsultan diet, pelatih pribadi, atlit profesional, hingga guru Olahraga adalah salah satu dari profesi yang ingin kamu kerjakan kelak? Maka mungkin saja salah satu jurusan di Fakultas Keolahragaan berikut ini cocok buatmu.

 

1. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Sesuai namanya, tentu kamu bisa nebak kalau jurusan ini khusus mencetak calon-calon guru Olahraga di sekolah. Gelar lulusan Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan adalah Sarjana Pendidikan (SP.d).  Jurusan ini disebut juga dengan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi di kampus-kampus lain – sama aja sih, kamu enggak usah bingung.

 

2. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Jika impianmu adalah menjadi pelatih atau mengasuh sebuah klub olahraga, kemungkinan besar jurusan ini sesuai untukmu. Berbeda dari Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang lebih terfokus pada aspek pedagogi atau metode pengajaran pada lembaga pendidikan formal, Pendidikan Kepelatihan Olahraga lebih terfokus pada satu cabang olahraga saja. Meskipun demikian, gelar kedua jurusan ini masih sama, yaitu Sarjana Pendidikan.

 

3. Ilmu Keolahragaan

Calon Sarjana Olahraga menelaah lebih dalam tentang keolahragaan dijurusan ini. Tak hanya mengkaji ilmu olahraga secara umum, Jurusan Ilmu Keolahragaan juga secara khusus mendalami spesialisasi olahraga tertentu.

 

4. Olahraga Rekreasi

Pada dasarnya jurusan ini akan membuka wawasanmu tentang hubungan antara olahraga dan peningkatan kualitas hidup atau kesejahteraaan jasmani masyarakat. Dengan kata lain, kamu akan mempelajari tentang jenis olahraga apa yang sesuai untuk suatu komunitas penduduk di suatu wilayah, bagaimana cara memasyarakatkan suatu jenis olahraga rekreasi, dan sebagainya.

Salah satu bentuk olahraga rekreasi adalah futsal. Jika kamu memperhatikan bagaimana futsal diterima dan berkembang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, maka bisa jadi kamu memiliki bakat alam seorang Sarjana Olahraga (S.Or). Barangkali nantinya kamu akan melanjutkan pola yang sama dengan cabang olahraga yang lain?

 

5. Kepelatihan Kecabangan Olahraga

Jurusan ini membekali mahasiswanya dengan metode-metode kepelatihan terbaru yang aplikatif. Akan tetapi berbeda dari Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, lulusan Jurusan Kepelatihan Kecabangan Olahraga bergelar Sarjana Olahraga.

 

Selain kelima jurusan di atas, beberapa kampus menawarkan pula Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan, Pendidikan Olahraga, dan PGSD Penjas (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani). Beberapa diantaranya memang jurusan yang berbeda, sedangkan sebagian lain hanya berbeda nama saja.

Dan kampus mana saja yang punya jurusan-jurusan menarik ini? Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Negeri Surabaya adalah kampus-kampus terbaik dengan sarana yang memadai dan tenaga pengajar yang berkualitas.

Atau kamu mau nyoba masuk ke Fakultas Keolahragaan yang baru dibuka tahun 2018? Jika demikian, bidiklah jurusan impianmu di Universitas Sebelas Maret.

Lebih masukan Blog

8 Pilihan Karir Lulusan Bahasa dan Sastra

Kamu udah terlanjur jatuh hati sama sastra, baik Sastra Indonesia maupun sastra asing yang...

4 Fakultas dengan Lahan Kerja Pasti bagi Lulusannya

Mungkin kamu cukup sering mendengar tentang skeptisme jurusan kuliah, "Ah, paling-paling...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru