redesain-navbar Portlet

null

Blog

Finlandia: Potret Pendidikan Terbaik di Dunia

Finlandia memiliki sistem pendidikan yang mampu mengantarkan pelajar-pelajarnya menjadi pembelajar terbaik di dunia.

Potret Pendidikan Terbaik di Dunia, image via hk.asiatatler.com

Beberapa waktu lalu Kemendikbud menyatakan bahwa UNBK 2020 dibatalkan. Rencana peniadaan UNBK yang sedianya bermula tahun depan harus dilakukan setahun lebih awal.

Menarik bahwa tak semua negara menerapkan ujian kelulusan sekolah. Salah satu negara yang tak menguji siswanya untuk lulus sekolah adalah Finlandia. Bahkan, Finlandia diakui sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Apa sebabnya?

 

1. Tak Banyak Pekerjaan Rumah bagi Siswa

Setiba di rumah, pelajar di Finlandia membutuhkan waktu sekitar setengah jam saja untuk mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. Mereka belajar sendiri di rumah tanpa tutor atau guru les pribadi.

 

2. Suasana Sekolah Lebih Relaks

Pelajar di Finlandia belajar beberapa matapelajaran saja selama di sekolah. Waktu istirahat sekolah cukup lega sehingga mereka dapat makan dengan santai dan melakukan kegiatan-kegiatan lain. Bahkan, mereka punya waktu 15 hingga 20 meni untuk keluar ruangan, melemaskan otot, dan relaks selama jam sekolah.

 

3. Guru yang Sama selama Bertahun-Tahun

Sistem pendidikan di Finlandia mengatur hubungan antara guru dan siswa sedemikian rupa, sehingga relasi yang terjalin antara seorang siswa dan gurunya dapat berlangsung hingga enam tahun. Proses belajar yang konsisten ini memungkinkan guru untuk memantau perkembangan setiap siswa. Tak jarang, guru lebih berperan sebagai mentor bagi siswa.

 

4. Jam Sekolah yang Sehat

Penelitian menunjukkan bahwa jam sekolah yang diawali terlalu pagi dapat berdampak buruk bagi kesehatan, kenyamanan, dan kematangan psikis pelajar. Itulah sebabnya, sekolah-sekolah di Finlandia dimulai pukul 9:00 – 9:45 pagi dan berakhir pukul 2:00 – 2:45 siang.

Masing-masing jam pelajaran berlangsung lebih lama, dan jam istirahat justru jauh lebih lama lagi. Alih-alih menjejali siswa dengan pelajaran, sistem pendidikan Finlandia lebih mengutamakan lingkungan belajar yang sehat.

 

5. SMA atau SMK, Prospek yang Sama-Sama Cerah

Sistem pendidikan Finlandia tidak memisahkan secara mutlak antara sekolah vokasi dan sekolah non-vokasi. Apapun pilihan sekolahnya, pelajar Finlandia punya kesempatan yang sama untuk sukses dimasa depannya.

 

6. Usia Sekolah Lebih Longgar

Usia masuk sekolah di Finlandia adalah tujuh tahun. Pendidikan wajib yang harus ditempuh berlangsung selama sembilan tahun. Setelah menuntaskan pendidikan wajib, setiap pelajar Finlandia bebas menentukan langkah hidup selanjutnya.

 

Alih-alih fokus pada nilai, peringkat, dan capaian akademis, pelajar-pelajar di Finlandia memiliki kesempatan yang begitu luas untuk sungguh-sungguh belajar. Dengan begitu, mereka memiliki kesempatan untuk tumbuh sebagai manusia seutuhnya.

 

 

Disadur dari:

https://bigthink.com/mike-colagrossi/no-standardized-tests-no-private-schools-no-stress-10-reasons-why-finlands-education-system-in-the-best-in-the-world

110

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp