redesain-navbar Portlet

null

Blog

Gen Z: Kuasai 6 Jenis Literasi Penting Ini

Penguasaan literasi yang baik dapat membantu meningkatkan kualitas diri dan hidup.

Literasi, image via www.vox.com

Mulai tahun depan, kita akan menghadapi asesmen kompetensi literasi. Menurut KBBI, literasi adalah kemampuan kita untuk mengolah informasi – bukan sekedar membaca ya, Sobat!

Bahkan lebih jauh lagi, literasi sebenarnya merupakan perilaku sosial kita. Kapan tepatnya perilaku kita merupakan wujud dari literasi? Ketika kegiatan kita dalam membaca, menyimak, melihat, menulis, bahkan berbicara bertujuan untuk mengakses, memahami, dan menggunakan informasi, maka itulah wujud literasi kita.

Kok, banyak banget ternyata bentuk literasi itu ya, Sobat? Memang! Bahkan, setidaknya ada enam jenis literasi yang semestinya kita kuasai sebagai pelajar. Apa saja keenam literasi tersebut?

 

1. Literasi Baca Tulis

Salah satu jenis literasi yang akan menggantikan Ujian Nasional adalah literasi baca tulis. Literasi baca tulis adalah kemampuan kita dalam memahami isi teks tertulis, baik yang eksplisit maupun implisit. Literasi baca tulis juga mencakup kemampuan kita untuk menuangkan ide dan gagasan kedalam tulisan.

Membaca dan menulis sendiri merupakan literasi yang paling awal dikenal dalam sejarah peradaban kita sebagai manusia. Tak heran bila literasi baca tulis merupakan bagian dari literasi dasar.

 

2. Literasi Numerasi

Selain baca tulis, literasi numerasi juga merupakan bagian dari literasi dasar. Bersama literasi baca tulis, literasi numerasi juga direncanakan akan menggantikan Ujian Nasional mulai tahun 2021 nanti. Literasi numerasi sendiri merupakan kecakapan kita dalam menggunakan simbol dan angka matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis kehidupan sehari-hari.

Kecakapan literasi numerasi memberi kita kemampuan untuk menganalisis informasi matematis. Kemudian, interpretasi analisis tersebut dapat kita gunakan untuk membuat prediksi, memperhitungkan, maupun mengambil keputusan.

 

3. Literasi Sains

Kita perlu memiliki pengetahuan ilmiah dan menggunakannya untuk mengambil keputusan yang tepat. Dengan demikian, kita dapat menjalani hidup yang lebih sehat dan aman. Maka, literasi apa yang dibutuhkan?

Ya, adalah literasi sains, sebuah literasi yang menekankan pada kemampuan kita untuk memahami fenomena alam di sekitar kita. Tak hanya fenomena alam, literasi sains juga mencakup fenomena sosial.

 

4. Literasi Finansial

Literasi finansial adalah pengetahuan tentang keuangan. Tak selesai pada pengetahuan saja, literasi finansial juga mencerminkan kecakapan kita dalam menerapkan pemahaman, konsep, risiko, dan keterampilan dibidang finansial.

Literasi finansial yang baik berdampak pada kesejahteraan finansial yang baik. Dampak positif ini tak hanya pada tataran pribadi, tapi juga dalam skala sosial yang lebih luas.

 

5. Literasi Digital

Pada era digital sekarang ini, literasi digital menjadi kemampuan yang sangat penting. Literasi inilah yang memberi kita kecakapan untuk tak hanya memperoleh, tapi juga menyaring informasi. Sebagaimana kita pahami bersama, informasi yang kita peroleh hari ini datang membanjir tanpa mampu kita hentikan.

Dalam pengertian yang lebih sederhana, literasi digital lebih mengacu pada penggunaan komputer dan internet. Sedangkan dalam cakupan yang lebih luas, kemampuan berpikir kritis, mengevaluasi media digital, serta membuat konten  komunikasi juga merupakan bagian dari literasi digital.

 

6. Literasi Budaya dan Kewargaan

Sudah seberapa baik kita memahami dan memposisikan diri sebagai individu didalam sebuah negara dengan beragam suku, adat istiadat, bahasa daerah, dan kepercayaan? Semakin baik kita menempatkan diri dalam keberagaman tersebut, artinya semakin baik pula literasi budaya dan kewargaan kita.

Literasi ini juga mencakup hak dan kewajiban kita sebagai warga negara, Sobat. Maka, memiliki literasi budaya dan kewargaan memberi kita pemahaman nilai yang kuat sebagai warga negara Indonesia.

 

Keenam literasi diatas merupakan literasi yang disepakati dalam World Economic Forum 2015 – penting bagi kita sebagai pelajar untuk menguasainya. Memang masih ada jenis-jenis literasi berbeda, seperti literasi kesehatan, literasi data, literasi kritikal, literasi visual, dan lain sebagainya, yang disampaikan oleh pendapat yang berbeda.

But for now, let's just go with the six literacy above. Bukan sekedar memenuhi standar literasi sekolah, alangkah baiknya bila kita dapat menerapkan literasi-literasi diatas dalam kehidupan kita sehari-hari. Bukankah salah satu tujuan kita belajar ilmu pengetahuan adalah untuk menerapkannya secara nyata?

180

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp