CssBlog

redesain-navbar Portlet

Blog

Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari: Pengertian dan Proses Terjadinya 

Artikel ini menjelaskan perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan serta proses terjadinya.

Photo by Johannes Plenio on Pexels

Tau gak sih sobat, sekitar empat hingga tujuh kali dalam setahun, bumi, bulan, dan matahari berbaris tepat yang kita kenal sebagai fenomena gerhana. 

Orbit bulan mengelilingi bumi relatif miring terhadap orbit bumi mengelilingi matahari.  Kemiringan ini adalah penyebab fenomena gerhana terjadi hanya sesekali, bukan setiap bulan.

Ada dua jenis gerhana, gerhana bulan dan matahari. Selama gerhana bulan, bayangan bumi mengaburkan bulan dan selama gerhana matahari, bulan menghalangi matahari dari pandangan.

Lantas, apasih perbedaan gerhana bulan dan gerhana matahari? bagaimana proses terjadinya? Yuk kita bahas!

Pengertian Gerhana Bulan


Photo by Drew Rae on Pexels

Peristiwa masuknya bulan pada daerah bayang-bayang bumi disebut gerhana bulan. Gerhana bulan terjadi apabila matahari – bumi – bulan berada pada satu garis lurus. Gerhana bulan terjadi pada malam hari ketika Bulan berada pada fase bulan purnama.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan 

Photo by Alex Andrews on Pexels

Kita mengenal 2 macam gerhana bulan yaitu gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan total. Gerhana bulan sebagian terjadi apabila bulan masuk pada daerah penumbra bumi.

Penumbra adalah daerah bayang-bayang bumi yang tidak terlalu gelap. Adapun gerhana bulan total terjadi apabila bulan masuk pada daerah bayang-bayang umbra bumi. Umbra adalah daerah bayang-bayang bumi yang gelap.

Pengertian Gerhana matahari


Photo by melissa mayes on Pexels

Peristiwa terhalangnya sinar matahari oleh bulan sehingga sebagian tempat di bumi tidak memperoleh cahaya matahari disebut gerhana matahari.

Gerhana matahari terjadi apabila matahari – bulan – bumi berada dalam satu garis lurus. Gerhana matahari terjadi pada siang hari dan pada saat bulan berada pada fase bulan baru.
​​​​​​​

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Kita mengenal 2 jenis gerhana matahari yaitu gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari total. Gerhana matahari  sebagian terjadi apabila Bumi masuk pada penumbra bulan.

Gerhana total akan terlihat oleh orang-orang yang berada di daerah umbra bulan, sedangkan jika diamati dari daerah penumbra hanya akan tampak gerhana matahari sebagian.

Gimana sobat, seru banget kan belajar tentang gerhana? Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store, ya! Ada fitur Belajar Pintar yang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya, yaa.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

CssBlog

metablog-web Portlet