redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.sammen.no

Guru BP/ BK – Sosoknya, Profesinya, Pekerjaannya, Jurusan Kuliahnya

Profesi Bimbingan Konseling

Siapa yang sering nongkrong ngobrol asik di ruang BP/ BK, nih? Atau sebaliknya, hubunganmu dengan guru-guru BP/ BK di sekolah udah mirip Tom si kucing sama Jerry si tikus alias nggak ada akur-akurnya? Sebenarnya apa sih, guru BP/ BK di sekolah itu? Yuk, cari tahu sama-sama.

 

Profesi yang Disebut Sebagai Konselor Pendidikan

Ada yang meyakini bahwa istilah Bimbingan Penyuluhan (BP) itu udah jadul alias ketinggalan jaman. Nama kerennya sekarang adalah Bimbingan Konseling. Bila mengacu pada Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN), maka nama resmi profesi yang mirip Psikolog di sekolah ini adalah Konselor Pendidikan.

Tapi karena lingkungan kerjanya bersama para guru, disebutlah Guru Bimbingan Konseling. Pada intinya, para bapak/ ibu guru inilah yang dapat membantu saat kamu memerlukan bimbingan, konsultasi, atau konseling dalam hal apapun. Kenapa? Karena mereka telah dibekali dengan keilmuan yang sesuai untuk memberi bimbingan, konsultasi, maupun konseling sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Tak Wajib Mutlak Lulusan Jurusan Bimbingan Konseling

Guru BP/ BK yang lulus dari Jurusan Bimbingan Konseling memiliki bekal yang diperlukan untuk mendampingi kamu-kamu yang masih suka galau pada berbagai macam persoalan – mulai chat messagemu yang cuma diread sampai cita-cita masa depanmu. Namun sebenarnya posisi konseling ini bisa juga digantikan oleh mereka yang lulus dari Jurusan Psikologi.

 

Guru BP/ BK Bisa Jadi Kawan Karib

Sebenarnya Guru BP/ BK itu nggak bengis, kejam, horor, galak, seram, atau semacam itu. Bukan tugas Guru BP/ BK untuk memberi hukuman saat kamu terlambat tiba di sekolah atau ada yang kurang dengan seragam sekolahmu.

Sebaliknya, Guru BP/ BK adalah orang yang bersahabat dengan siswa – membantu ketika prestasi belajarmu bermasalah, memompa semangatmu ketika motivasi belajarmu berada dititik terendah, menjadi mediator ketika terjadi konflik sosial di sekolah, bahkan bisa jadi tempat curhatmu ketika ada masalah dengan teman atau keluarga dirumah. Ibaratnya, Guru BP/ BK itu udah jadi ibu peri buat setiap siswa, deh!

 

Menerapkan Kerahasiaan Klien dalam Konseling

Pernah dengar tentang kerahasiaan informasi medis antara dokter dan pasiennya? Nah, hal yang sama juga berlaku dalam hubungan antara Guru BP/ BK dengan siswa. Jadi kamu nggak perlu khawatir curhatanmu bakal viral karena Guru BP/ BK paham banget tentang kode etik konseling.

 

Last but not least, Guru BP/ BK bukan jawaban atas semuuua masalahmu. Membantu mencegah timbulnya masalah di sekolah, atau mencegahnya membesar, memang bisa dilakukan sejak awal oleh Guru BP/ BK. Bahkan, sebagaimana telah disebutkan tadi, Guru BP/ BK dapat membimbingmu melewati masa-masa sulit. Namun pada akhirnya, kamu sendirilah yang harus melangkah.

Nah, udah tahu lebih banyak tentang Guru BP/ BK sekarang? Jangan segan lagi nyamperin ruang BP/ BK, ya! Atau barangkali, kamu sendiri pengen jadi Guru BP/ BK dan kuliah di Jurusan Bimbingan Konseling?

Lebih masukan Blog

10 Instansi Pemerintah yang Siap Menerima Lulusan PKN STAN

Memang menurut kalender Gregrorian saat ini, kita sudah berada pada dekade kedua dalam...

4 Jurusan Populer PKN STAN, Apa Saja?

"Pokoknya masuk PKN STAN, deh!" Lho, tunggu dulu! Udah tahu mau masuk jurusan apa di...

Menambah Komentar

Ika Maharani Pertiwi 1 Tahun Lalu

.

Harap sign in untuk melanjutkan.
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka