APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Hindari Drama Presentasi di Kelas dengan Cara Ini

Presentasi di depan kelas bisa menjadi pengalaman belajar yang berharga.

Photo by Christina Morillo on Pexels

Presentasi di depan kelas suka bikin kamu merasa mulas ga, sih? Saat namamu dipanggil guru, tiba-tiba saja kamu bisa mendengar suara dari rongga dadamu, "Dugdugdug!" Kakimu melangkah kaku meninggalkan bangku, menuju "guillotine" yang tak tampak di depan kelas. Enggak tau lagi deh, perutmu yang melilit mual atau tanganmu yang mendadak dingin sampai-sampai suaramu terhenti di kerongkongan. Di sana, di depan kelas menghadap wajah seluruh teman-temanmu yang menunggu, mulutmu terbuka tanpa suara.

Pernah mengalaminya, Sobat Pintar? Tenang, bukan cuma kamu yang pernah megap-megap kayak ikan begitu. Presentasi yang baik di depan kelas memang memerlukan persiapan. Nah, apa saja yang harus kamu siapkan agar bisa presentasi di depan kelas dengan percaya diri?

 

1. Persiapkan Materi Presentasi

cara presentasi di depan kelas
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Kesiapan dan penguasaan materi punya andil besar dalam menentukan sukses tidaknya presentasi di depan kelas. Lakukan riset, buat outline atau garis besar materi yang akan disampaikan dan pastikan bahwa materi tersebut relevan dengan topik yang dibahas. Siapkan seluruh materi presentasi, baik naskah maupun slides, sebelum melakukan presentasi. 

 

2. Gunakan Bahan Presentasi yang Menarik dan Mudah Dibaca

presentasi di depan kelas
Photo by Ksenia Chernaya on Pexels

Jika kamu menyiapkan slides untuk presentasi, buatlah slides yang jelas. Salah satu teknik presentasi yang baik adalah memastikan bahwa font yang digunakan di dalam slides berukuran cukup besar dan mudah dibaca, bahkan oleh teman-temanmu yang duduk di baris belakang. Kalau kamu bisa, boleh banget tuh menambahkan gambar atau ilustrasi yang menarik.

 

3. Latihan Presentasi

presentasi yang baik di depan kelas
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

Agar kejadian komat-kamit kayak ikan di atas tidak terjadi, berlatihlah melakukan presentasi sebelum hari H itu tiba. Mungkin kamu bakal melakukan pembukaan presentasi kelompok, atau kebagian menyampaikan materi? Tak ada salahnya mencoba semua peran itu dengan berlatih presentasi di depan cermin, di depan keluarga, atau dengan teman-teman kelompokmu. Meskipun sering diabaikan, latihan seperti ini sebenarnya dapat membuatmu jago presentasi di kelas.

 

4. Kenali dan Pahami Audiens

presentasi di depan kelas dengan percaya diri
Photo by Matheus Bertell on Pexels

Audiens adalah mereka yang menyimak presentasimu. Karena kita lagi ngebahas soal presentasi di depan kelas, audiensmu adalah teman-teman sekelasmu – iya, mereka yang sehari-hari kamu ajak ngobrol dan makan ke kantin. Namun jangan sampai hubungan pertemanan kalian memengaruhi cara presentasi di depan kelas ya, Sobat Pintar. Jangan sampai lupa bahwa selama beberapa menit, kamu berperan sebagai penyaji materi presentasi dan mereka adalah audiensmu.

 

5. Persiapkan Diri

langkah-langkah presentasi yang baik
Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Bukan hanya materi presentasi yang penting, tetapi kamu juga penting, Sobat. Jangan skip sarapan sebelum berangkat sekolah di hari H presentasi. Ingat, badanmu butuh energi yang cukup untuk meregulasi denyut jantung dan menenangkan syaraf yang bikin kamu kayak ikan tadi. Menjelang presentasi, usahakan untuk tidak tenggelam dalam kecemasanmu sendiri dan fokus pada apa yang harus dikerjakan. Salah satu tips presentasi di depan kelas yang bisa kamu coba untuk menenangkan diri adalah fokus mengatur napas dalam hitungan yang teratur – moga-moga berhasil mengurangi kepanikanmu, ya!

 

6. Beri Kesempatan untuk Diskusi setelah Presentasi

teknik presentasi yang baik
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

Ingat audiensmu tadi? Teman-teman yang kamu ajak ngobrol dan makan ke kantin setiap hari tadi? Kamu tentu hapal siapa yang serius, siapa yang suka bercanda, siapa yang cepat menangkap informasi, bahkan siapa saja yang butuh waktu lebih lama untuk memahami sesuatu yang sudah berulang kali disampaikan. Nah, untuk menyamakan persepsi terhadap materi presentasi, beri kesempatan kepada audiensmu untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi. Langkah ini dapat digunakan saat presentasi Bahasa Inggris, Kimia, Sosiologi, atau mapel-mapel yang lain.

 

7. Mengikuti Kelas Public Speaking

jika temanmu mempresentasikan tugasnya di depan kelas kamu sebaiknya
Photo by Sam Lion on Pexels

Telah dibutkan sebelumnya bahwa audiens itu tidak sama. Sebenarnya begitu pula dengan siswa yang kebagian tugas presentasi. Sebagian kamu mungkin dapat dengan mudah presentasi di depan kelas dengan percaya diri, tetapi masih ada sebagian kita yang butuh bantuan lebih besar agar dapat sekadar berdiri di depan kelas. Enggak apa-apa, Sobat Pintar. Setiap orang memang berbeda-beda.

Buat yang pengin belajar langkah-langkah presentasi yang baik, sekarang kalian dapat mengikuti kelas public speaking di Kursus Pintar. Di samping belajar teknik presentasi yang baik bersama mentor, kelas kursus seperti ini juga dapat memberimu akses materi tanpa batas waktu serta e-sertifikat.

Lantas bagaimana dengan presentasimu sendiri selama ini, Sobat Pintar? Apa kamu punya tips rahasia bagaimana cara presentasi di sekolah? Setiap kita boleh-boleh saja punya cara masing-masing untuk melancarkan presentasi. Namun yang pasti, jika temanmu mempresentasikan tugasnya di depan kelas kamu sebaiknya menyimak dengan baik, ya!

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog