APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Hubungan Internasional di 5 PTS Ini Terakreditasi A

Selain di PTN, Hubungan Internasional di PTS dengan akreditasi A memiliki kualitas yang baik.

Hubungan Internasional di PTS, photo via yesonline.id

Hubungan Internasional adalah salah satu jurusan kuliah yang menarik karena begitu banyaknya bidang ilmu yang bersinggungan didalamnya. Dijurusan ini Sobat Pintar tak hanya belajar tentang interaksi internasional, politik, dan diplomasi, tapi juga budaya dan bahasa asing.

Meskipun tak menjadi jurusan yang paling difavoritkan, Hubungan Internasional memiliki tingkat peminatan yang tak pernah surut. Bahkan, jurusan ini menjadi salah satu yang cukup diminati sehingga persaingan masuknya pun cukup ketat.

Tapi selain PTN, saat ini sudah ada PTS-PTS dengan Jurusan atau Program Studi Hubungan Internasional yang telah terakreditasi A. Dengan akreditasi tersebut, maka kualitas akademis dan perkualiahannya pun tak perlu diragukan lagi. Dan PTS mana sajakah itu?

 

1. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

Tak hanya Jurusan Hubungan Internasional, sebagai sebuah institusi pendidikan pun, UMM telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Selain Badan Akreditasi Nasional, UMM memperoleh pengakuan dari QS Star, KNAPP, MTD Registered Public Accountants, dan NQA Global Assurance.

Hubungan Internasional sendiri merupakan salah satu jurusan atau program studi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. HI UMM dibuka secara resmi pada tahun 2004.

 

2. Universitas Pasundan, Bandung

Unpas berdiri pada tahun 1960 dan saat ini memiliki lima kampus terpisah di Bandung. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dimana Jurusan Hubungan Internasional berada, merupakan satu dari dua fakultas yang mengawali berdirinya Unpas. Kini, Universitas Pasundan telah menyelenggarakan perkuliahan pada tujuh fakultasnya.

 

3.  Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta

PTS ini didirikan oleh Pak Moestopo dan Ibu R.A. Soepartin Moestopo pada tahun 1962. Saat ini sudah ada tiga kampus yang menyelenggarakan perkuliahan UPDM dan enam jurusan atau program studi pada jenjang Sarjana, salah satunya ialah Ilmu Hubungan Internasional.

 

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta

UMY didirikan pada tahun 1981 dan saat ini sudah memiliki sembilan fakultas. Ilmu Hubungan Internasional sendiri merupakan salah satu jurusan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Akreditasi A sama-sama diraih oleh Hubungan Internasional sebagai jurusan dan UMY sebagai institusi pendidikan tinggi.

 

5. Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi

Ditilik dari namanya, tak heran bila kampus Unjani di Cimahi, Jawa Barat, berada di kawasan militer. Namun selain kampus Cimahi, Unjani juga memiliki kampus lain di Kota Bandung.

Berdiri pada tahun 1990, Unjani memiliki lima fakultas – salah satunya adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang menaungi Jurusan atau Program Studi Hubungan Internasional. FISIP Unjani berdiri pada tahun 1992, sedangkan HI Unjani dibuka pada tahun 1993.

 

Dengerin Podcast tentang Pengamat Isu Hubungan Internasional dan Isu Senjata Nuklir

Memang pilihan Jurusan Hubungan Internasional dengan akreditasi A tak melimpah – hingga mencapai angka puluhan, misalnya. Akan tetapi, faktor akreditasi jurusan dan insitutsi tetaplah penting ketika Sobat Pintar mempertimbangkan untuk kuliah di PTS.

Bila masa masuk kuliah masih lama, tak perlu membatasi diri pada pilihan Hubungan Internasional saja, Sobat. Lihat Kampus Pintar dan pertimbangkan pilihan-pilihan kampus atau bahkan jurusan lain. Jangan sampai menyesal dikemudian hari karena kuliah dijurusan atau PTS yang salah.

270

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog