APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ikuti 5 Langkah Ini untuk Mempersiapkan SBMPTN

Strategi jitu diperlukan agar lolos UTBK SBMPTN.

Persiapan SBMPTN, photo via www.quipper.com

Tak hanya UNBK, Sobat Pintar yang tengah duduk dikelas XII juga harus mempersiapkan diri untuk UTBK SBMPTN. Sobat menyelesaikan UNBK dulu, baru kemudian belajar untuk UTBK? It's too late, Sobat.

Tentunya, Sobat Pintar yang gap year tak merasakan beban ganda persiapan dua ujian ini, tapi tetap saja diperlukan langkah-langkah jelas untuk menghadapi UTBK. Then, what are the specific steps to take in preparing for the university admission test?

 

1. Kerjakan Soal SBMPTN Tahun Lalu

Bukan berarti soal-soal SBMPTN tahun-tahun kemarin akan muncul lagi sama persis pada UTBK SBMPTN tahun ini, Sobat. Akan tetapi, semakin sering 'bergaul' dan 'bertemu,' semakin familiar pula Sobat Pintar dengan dengan soal-soal SBMPTN. It takes time to grasp the underlying concept of each test item.

Dengan sering berlatih soal, Sobat Pintar dapat memperhatikan soal-soal seperti apa yang berulang muncul pada SBMPTN. Dengan memahami persebaran soal tersebut, Sobatpun dapat membuat skala prioritas materi yang harus dipelajari dan dipahami.

 

2. Evaluasi Kesiapanmu Mengerjakan Soal-Soal SBMPTN

Dengan berlatih soal-soal SBMPTN sejak tahun-tahun sebelumnya, Sobat Pintar dapat merasakan sendiri "Oh, ternyata soal SBMPTN itu mudah sekali," atau "Oh, ternyata soal SBMPTN itu sulit sekali." Perlu dicatat, meyakini soal-soal SBMPTN mudah dapat membuat Sobat Pintar lengah dan menggampangkan.

Sebaiknya, meskipun Sobat merasa soal-soal SBMPTN terlalu mudah, tetaplah berlatih. Jangan sampai menyesal bila pada saat ujian nanti Sobat terkaget-kaget dengan soal yang lebih sulit dari dugaan. Anything is possible, isn't it?

Lebih baik lagi bila Sobat dapat melakukan evaluasi dengan menghitung skor dari seluruh soal latihan TPS dan TKA. Anggaplah sedang membuat try out sendiri. Bahkan bila memungkinkan, bandingkan nilai Sobat dengan nilai tertinggi dan terendah yang diterima tahun lalu pada jurusan yang diincar. Perhatikan pula jumlah mahasiswa baru yang diterima.

 

3. Siapkan dan Review Rangkuman Materi

Dengan berlatih soal, Sobat Pintar dapat mengenali materi apa yang sering muncul – bahkan berulang dari tahun ketahun. Sebagaimana telah disebutkan diatas, pemahaman tersebut dapat membantu Sobat membuat skala prioritas materi yang harus dipelajari dan dipahami.

Jadi, tak perlu belajar seluruh materi dari kelas X, Sobat. Bila perlu, Sobat Pintar dapat menyusun rangkuman materi-materi khusus tersebut untuk dijadikan rujukan setiap kali diperlukan.

 

4. Susun dan Patuhi Jadwal Belajar

Well, this may sound a little bit unpleasant, but it's important that you have a schedule. Untuk materi yang masih terasa belum dikuasai sepenuhnya, luangkan waktu yang lebih banyak untuk mempelajarinya. Bukan berarti materi yang mudah tak perlu dipelajari lagi lho, ya!

Memiliki jadwal belajar dapat membantu Sobat mengatur waktu kapan mempersiapkan diri untuk UNBK dan kapan untuk SBMPTN. Yet, what's more important when you have the schedule is to stick to it.

 

5. Rajin Mengikuti Try Out

Khususnya menjelang masa-masa SBMPTN, banyak lembaga atau instansi pendidikan yang menyelenggarakan try out. Misalnya, Aku Pintar juga menyelenggarakan Try Out Akbar Bersama beberapa waktu lalu. Nah, kesempatan seperti ini jangan disia-siakan, Sobat.

Mengikuti try out dapat membiasakan Sobat Pintar pada situasi ujian. Bagi Sobat yang gap year, mengikuti try out UTBK dapat membantu menyesuaikan perubahan dari paper-based test pada SBMPTN tahun lalu menjadi computer-based test yang dimulai sejak UTBK 2019.

Meskipun sama-sama try out, setiap kali try out akan selalu berbeda. You'll learn how to deal with different situation every time, hence. You can as well use the result to improve your learning strategy. Hopefully, being trained and well prepared take you to your dreamed education.

720

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
terima kasih informasinya
00
TO gratis lagi kuy :)
00
TO gratis lagi kuy :)
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog