redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ikuti: 5 Langkah Setelah Lolos SNMPTN 2020

Pengumuman kelulusan SNMPTN harus diikuti dengan pendaftaran pada PTN yang dituju.

Setelah Lolos SNMPTN, image via www.studyinternational.com

Pengumuman hasil SNMPTN 2020 telah dirilis pada tanggal 8 April yang lalu. Sobat Pintar yang telah mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus, bukan berarti otomatis diterima sebagai calon mahasiswa baru di PTN yang dituju. Kenapa bisa begitu?

 

1. Tahap Verifikasi dengan PTN yang Dituju

Perlu dipahami bahwa LTMPT hanya menyampaikan pengumuman peserta SNMPTN yang lolos  seleksi. Pihak yang menyeleksi calon mahasiswa adalah PTN yang bersangkutan. Maka, Sobat Pintar yang lolos seleksi harus melakukan daftar ulang dan mengikuti verifikasi pada masing-masing PTN.

 

2. Periksa Persyaratan Sesuai PTN Masing-Masing

Untuk mengetahui ketentuan verifikasi diatas, kita harus memeriksa laman masing-masing PTN dimana Sobat mengikuti SNMPTN. Universitas Syiah Kuala, misalnya, menyediakan unduhan dalam bentuk PDF tentang tata cara verifikasi data akademik calon mahasiswa baru yang lolos SNMPTN 2020.

Sesuai himbauan LTMPT, sebaiknya kita mempersiapkan data akademik untuk proses verifikasi tersebut. Data akademik yang diperlukan mencakup rapor, portofolio asli (pada jurusan yang memintanya), ijazah atau SKTL (Surat Keterangan Tanda Lulus) asli, maupun persyaratan lain yang ditentukan oleh PTN.

 

3. Verifikasi bagi Pemegang KIP Kuliah

Ketentuan verifikasi bagi Sobat Pintar yang memegang KIP Kuliah sedikit berbeda. Selain data akademik, PTN akan melakukan verifikasi pula terhadap data ekonomi calon mahasiswa baru. Proses verifikasi ini dapat dilakukan melalui dokumen yang diminta atau kunjungan langsung ke alamat tinggal yang telah dicantumkan.

 

4. Daftar Ulang Peserta SNMPTN

Selain mengikuti verifikasi, calon mahasiswa baru juga harus melakukan daftar ulang atau registrasi pada PTN yang dituju. Jadwal, ketentuan, dan persyaratan registrasi masing-masing PTN berbeda, jadi pastikan seluruhnya dengan mengakses laman PTN yang Sobat tuju pada SNMPTN.

Proses verifikasi dan registrasi diatas otomatis menggugurkan kesempatan Sobat untuk mengikuti SBMPTN 2020. Sebagaimana telah ditentukan sebelumnya, peserta seleksi yang lolos SNMPTN memang tidak dapat mengikuti SBMPTN.

 

5. Menjadi Duta Pencegahan Covid-19

Calon mahasiswa baru 2020 yang lolos SNMPTN diharapkan keikutsertaannya dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia dan seluruh dunia. Bagaimana Sobat Pintar dapat turut ikut serta dalam gerakan perjuangan ini?

Langkah pertama, akses laman official LTMPT untuk mengunduh satu infografis tentang Covid-19 dan twibbon Calon Mahasiswa Indonesia Melawan Corona. Gunakan salah satu foto terbaikmu pada twibbon tersebut. Kemudian, unggah infografis dan twibbon pada laman media sosialmu dalam satu kali post.

Pada bagian caption, Sobat dapat berkreasi sebaik mungkin. Himbau dan ajak semua orang untuk ikut berkontribusi melalui berbagai cara dalam menangani pandemi Covid-19. Jangan lupa, gunakan tagar #KontribusiNyataCalonMahasiswa, #CalonMahasiswaIndonesiaMelawanCorona, dan #LTMPT2020.

Selain tagar, Sobat juga perlu men-tag akun media sosial @LTMPTOFFICIAL, @KEMDIKBUD.RI, dan @DITJEN.DIKTI. Dan terakhir, buka akses media sosialmu untuk publik agar panitia dapat memeriksa konten yang sudah Sobat unggah.

Doesn't it sound cool, Sobat? Bahkan, kegiatan ini dapat membantumu membangun jejaring pertemanan yang lebih luas dari rumah.

0
30

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp