APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ilmu Keperawatan: Jurusan Incaran di Bidang Kesehatan

Jurusan Keperawatan merupakan salah satu jurusan favorit di perguruan tinggi.

Photo by Andrea Piacquadio Pexels

Jurusan Keperawatan menjadi salah satu incaran buat mereka yang pengin kuliah di jurusan kesehatan. Yup! Selain Kedokteran, peminat Jurusan Keperawatan cukup banyak. Sobat Pintar juga nggak, sih? Tapi sudahkah Sobat tahu semua tentang kuliah jurusan perawat? Kalau ini jurusan incaranmu, yuk kepoin!

 

Tentang Jurusan Keperawatan

Photo by Pranidchakan Boonrom on Pexels

Jurusan Keperawatan merupakan salah satu jurusan atau program studi pendidikan tinggi di rumpun Saintek. Mahasiswa Jurusan Keperawatan belajar tentang Ilmu Keperawatan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan profesi perawat.

Pendidikan calon perawat dapat ditempuh pada jenjang Diploma/Vokasi dan Sarjana. Mata kuliah kedua jenjang ini tak jauh beda, namun bobot perkuliahan keduanya tak sama. Jika perkuliahan diploma Ilmu Keperawatan lebih ditekankan pada praktik, maka perkuliahan S1 Ilmu Keperawatan mencakup pembelajaran teori maupun pendalaman praktik.

Kuliah jurusan perawat di Program Diploma/Vokasi sendiri terdiri dari Program D3 dan D4. Alumni dari kedua program vokasi ini masing-masing bergelar A.Md.Kep (Ahli Madya Keperawatan) dan S.Tr.Kep (Sarjana Terapan Keperawatan). Sedangkan gelar Jurusan Keperawatan pada jenjang S1 adalah S.Kep (Sarjana Keperawatan).

 

Pengetahuan dan Keahlian Perawat

Photo by Matthias Zomer on Pexels

Studi Ilmu Keperawatan adalah pilihan yang tepat bagi Sobat Pintar yang ingin menjadi seorang perawat. Kuliah jurusan perawat artinya kita belajar tentang teori maupun teknologi terkini dalam perawatan kesehatan fisik dan psikis. Pelayanan kesehatan yang dipelajari dalam Ilmu Keperawatan tak hanya ditujukan bagi orang sakit, namun juga bagi orang yang fisiknya tampak sehat.

Tugas perawat sejatinya lebih dari asisten dokter. Pelayanan, pengabdian, dan interaksinya dengan orang yang dirawat sebenarnya menjadi tolok ukur kesuksesan profesi perawat. Karena itulah, ada perawat anak-anak, perawat maternitas, perawat manula, dan berbagai perawat spesialis lain sesuai dengan Ilmu Keperawatan yang dipelajari (pemfokusan/minor).

Agar pelayanan keperawatan dapat dilakukan dengan baik, Jurusan Keperawatan membekali mahasiswanya dengan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan interpersonal yang baik. Kuliah jurusan perawat juga menempa kita untuk bekerja dengan tekun dan cermat, mampu berpikir kritis, dan menjadi bagian dari sebuah tim.

 

Syarat Kuliah Perawat

Photo by Anna Shvets on Pexels

Apakah kamu calon mahasiswa Ilmu Keperawatan, Sobat Pintar? Jawabannya enggak terserah kamu sepenuhnya, loh. Bahkan kalau kamu anak IPA sekalipun, tak berarti kamu bisa langsung kuliah di jurusan ini.

Kok bisa gitu? Iya, Sobat. Kamu harus tahu dahulu apakah kamu punya karakter dan kemampuan yang dibutuhkan untuk kuliah Keperawatan dan menjadi perawat. Kamu bisa mengetahuinya melalui Minat Pintar, gampang dan gratis!

Tes Masuk Jurusan KeperawatanJurusan Keperawatan merupakan salah satu jurusan atau program studi di rumpun Saintek. Pada seleksi SNMPTN maupun SBMPTN, siswa yang berasal dari kelas IPA memang berpeluang besar untuk lolos dan masuk Jurusan Keperawatan. Namun, sekali lagi, asal kelasmu di SMA saja tak cukup menjadi faktor penentu kenapa jurusan ini patut dipilih. 

 

Kuliah Akademi Keperawatan

Photo by Artem Podrez on Pexels

Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa ada prioritas kelulusan seleksi untuk anak IPA. Prioritas calon mahasiswa Ilmu Keperawatan dari kelas IPA bukan tanpa alasan. Tau nggak kenapa, Sobat? Betul, karena mata kuliah Ilmu Keperawatan itu IPA banget! Sebagian mata kuliah yang akan kita temui selama kuliah jurusan perawat yaitu:

- Ilmu Dasar Keperawatan

- Keperawatan Sistem Persepsi Sensori

- Keperawatan Sistem Pencernaan

- Keperawatan Sistem Neurobehavior

- Keperawatan Sistem Respirasi

- Sains Kesehatan

- Ilmu Biomedik, dll.

 

Prospek Kerja dan Karier Lulusan Keperawatan

Photo by Cedric Fauntleroy on Pexels

Setelah lulus kuliah jurusan perawat, kita bisa ngapain aja, sih? Yang pasti, pekerjaan perawat itu tak terbatas menjadi asisten dokter, Sobat! Alumni Ilmu Keperawatan nantinya dapat bekerja sesuai dengan spesialisasi yang telah ditempuh, seperti perawat anak, perawat medikal bedah, perawat gawat darurat, perawat keluarga, dan lain sebagainya.

Menariknya, prospek kerja keperawatan saat ini tak terbatas di dalam negeri saja, Sobat. Sudah banyak perawat lulusan Jurusan Keperawatan dalam negeri yang bekerja di luar negeri, seperti Jepang, Uni Emirat Arab, maupun negara-negara lain. Nggak percaya? Kalau begitu, wajib banget baca Kepoin Profesi dan Jurusan: Perawat nih, Sobat!

 

Universitas Jurusan Keperawatan

Photo by Anthony Shkraba on Pexels

Mantapkah pilihan kuliahmu di Jurusan Keperawatan, Sobat Pintar? Ilmu Keperawatan dapat dipelajari di jenjang D3, D4, dan S1. Untuk jenjang D3, universitas dan akademi keperawatan dengan akreditasi A antara lain:

1. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya

2. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Surakarta

3. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

4. Universitas Aisyiyah Surakarta

5. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta, dll.

Untuk jenjang D4, kuliah jurusan perawat dengan akreditasi A dapat ditempuh di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang. Untuk Ilmu Keperawatan Gigi, jenjang D4 dengan akreditasi A berada di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta.

Untuk jenjang S1, universitas dengan Jurusan Keperawatan terakreditasi A berada di:

1. Universitas Muhammadiyah Jakarta

2. Universitas Riau

3. Universitas Jenderal Soedirman

4. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani

5. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus

6. Universitas Airlangga

7. Universitas Aisyiyah Yogyakarta

8. Universitas Muhammadiyah Malang, dll.

Manakah universitas atau akademi keperawatan incaranmu, Sobat? Selalu pertimbangkan dengan baik sebelum menentukan kampus tempatmu kuliah, ya. 

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog