APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ingin Kuliah Hukum? Ini 5 Konsentrasinya

Cari Tahu Jurusanmu

photo via www.lexisnexis.co.za

Kamu nonton Law and Order dan jatuh hati pada sosok lawyer yang beratraksi di ruang sidang? Bukan berarti masuk Fakultas Hukum, lantas kamu bisa menangani semua perkara, ya! Fakultas ini membagi bidang hukum sesuai dengan konsentrasinya, dan berikut ini lima diantaranya.

 

1. Hukum Perdata

Konsentrasi inilah yang harus dipilih jika kamu ingin jadi notaris. Yup, disinilah kamu belajar tentang hukum yang mengikat kontrak dan perjanjian. Karenanya, kamu akan bertemu dengan matakuliah Hukum Adat dalam Perkembangan, Perbandingan Hukum Perdata, Hukum Perselisihan, Hukum Perkawinan, Hukum Keluarga dan Waris, Pengembangan Hukum Keperdataan, Hukum HAKI, Hukum Perbankan, Contract Drafting, Hukum Pasar Modal dan Investasi, Hukum Ekonomi, dan lain-lain.

 

2. Hukum Pidana

Jika cita-citamu adalah menjadi seorang advokat, oditur militer, polisi, atau jaksa, pilihlah konsentrasi Hukum Pidana di Fakultas Hukum. Meskipun pasal-pasal KUHP-nya berderet tak habis-habis, disinilah kamu belajar tentang penanganan kasus-kasus kriminal. Matakuliahnya juga kental dengan nuansa kriminal, seperti Kriminologi, Hukum Pidana, Victimologi, Kejahatan Korporasi, Penologi, Kriminalistik, Hukum Pidana Internasional, Pengadilan Hak Asasi Manusia, Hukum Pidana dan Yurisprudensi, Perbandingan Hukum Pidana, dan lain-lain.

 

3. Hukum Tata Negara

Bila ingin jadi anggota DPR atau menjadi ketua Mahkamah Konstitusi, konsentrasi Hukum Tata Negara wajib kamu pilih. Disini kamu belajar tentang pokok-pokok aturan kenegaraan, lembaga kenegaraan, termasuk pembuatan undang-undang. Matakuliah dalam konsentrasi Hukum Tata Negara antara lain Perbandingan Hukum Tata Negara, Hukum Konstitusi, Kapita Selekta Hukum Tata Negara, Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian, Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, dan lain-lain.

 

4. Hukum Administrasi Negara

Masih saudaraan sama Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara juga mengatur tentang seluk beluk negara. Sebagai saudara jauh, Hukum Tata Negara lebih terfokus pada administrasi dan birokrasi aparatur negara, termasuk juga pembangunan. Pastinya beda dari Hukum Tata Negara, pada konsentrasi Hukum Administrasi Negara kamu bertemu dengan matakuliah Hukum Kepegawaian, Hukum Perencanaan dan Pengawasan Pembangunan, Hukum Keuangan Negara, Hukum Perizinan, Hukum Administrasi Negara di Daerah, dan lain-lain.

 

5. Hukum Internasional

Ya, kamu bisa belajar tentang Hukum Internasional meskipun bukan di jurusan Hubungan Internasional. Justru saat ini penting banget untuk mengetahui aspek hukum antar wilayah negara disebabkan oleh pengaruh globalisasi. Hukum Internasinal juga yang bicara saat terjadi kasus ekstradisi, deportasi, bahkan suaka. Jadi, pada konsentrasi Hukum Internasional kamu akan berjibaku dengan matakuliah Hukum Laut Internasional, Studi Kasus Hukum Internasional, Hukum Udara dan dan Ruang Angkasa, Hukum Perjanjian Internasional, Hukum Organisasi Internasional, dan lain-lain.

 

Kelima konsentrasi diatas ditawarkan pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Perguruan tinggi lain mungkin punya tawaran berbeda, tapi biasanya kelima konsentrasi tersebut disertakan. Jadi, sekarang kamu sudah memiliki arah yang lebih jelas tentang pilihan karirmu didunia hukum?

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog