redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ingin Lolos Wawancara Seleksi Mandiri? Ketahui Ini

Diperlukan kesiapan matang menghadapi wawancara Seleksi Mandiri.

Wawancara Seleksi Mandiri, photo via www.mrsjudyaraujo.com

Walaupun UTBK sedang berlangsung, Sobat Pintar boleh menimbang Seleksi Mandiri, lho. Rather than being pessimistic, it's considered a smart move that you have several back up plans.

Meskipun namanya back up plans, tetap saja perlu dipersiapkan dan tak boleh dianggap enteng. Apalagi, Seleksi Mandiri punya sesi wawancara atau interview. That's why, you need to get prepared.

 

Kenapa Harus Ada Wawancara pada Seleksi Mandiri?

Karena diadakan oleh pihak PTN masing-masing, wawancara Seleksi Mandiri akan sangat berbeda antara satu PTN dan PTN yang lain. Namun pada dasarnya, wawancara tersebut bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang memiliki pola pikir sesuai dengan harapan atau standar PTN yang bersangkutan.

Pihak PTN mengenali pola pikir Sobat Pintar melalui serangkaian pertanyaan yanng diajukan. Itulah sebabnya, pada dasarnya tak ada jawaban benar atau salah. Jadi, Sobat tak perlu khawatir memberi jawaban salah. Tapi seberapa sesuaikah jawaban yang diberikan dengan ekspektasi pihak PTN, itulah yang perlu diperhatikan.

 

Bagaimana Menjawab Wawancara pada Seleksi Mandiri?

Pada intinya, jangan segan mengungkapkan pemikiran Sobat. Bahkan bila sempat merasa terkejut ketika mendenganya, bisa jadi tujuan suatu pertanyaan hanya untuk mengetahui cara Sobat memberikan tanggapan.

You don't have to know everything because you come to study. Pada dasarnya, pewawancara ingin melihat seberapa antusias Sobat pada jurusan yang dipilih. Jika dirasa tepat, boleh saja menyampaikan argumen atau pertanyaan selama proses wawancara berlangsung.

 

Apa Saja yang Bisa Ditanyakan Saat Wawancara Seleksi Mandiri?

Meskipun tujuan wawancara Seleksi Mandiri bukan untuk menguji kemampuan akademik, tetap saja ada kemungkinan Sobat Pintar diuji, bahkan diintimidasi. But keep in mind that it's all meant to know your quality. Beberapa pertanyaan berikut ini biasanya ditanyakan dalam wawancara Seleksi Mandiri.

- Ceritakan tentang dirimu!

- Mengapa ingin masuk jurusan ini?

- Apa citacitamu kedepan?

- Apa kelebihan dan kekuranganmu?

- Mengapa kami harus menerimamu?

- Skill apa yang saat ini dikuasai?

- Kegiatan kemahasiswaan apa yang ingin diikuti?

Tentunya, masih banyak pertanyaan lain yang akan diajukan. Masih sama, pada dasarnya seluruh pertanyaan tersebut adalah untuk mengukur kualitas diri Sobat Pintar.

 

Persiapan Apa yang Diperlukan Menghadapi Wawancara Seleksi Mandiri?

All you should do during the interview is just being yourself because, again, they simply want to know more about you. Have you heard that honesty is the best policy? Tak perlu membuat-buat yang tak ada, Sobat. Mulai dari kegiatan ekskul yang pernah diikuti, skill yang dikuasai, maupun yang lain.

Being honest means you're not afraid of showing your uniqueness, as well as saving yourself from any potential problems in the future. You know, dishonesty doesn't last forever and always brings consequences. Nah, Sobat Pintar masih punya waktu cukup sedari sekarang untuk menggali lebih dalam tentang diri sendiri.

Pula, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan dan PTN yang bersangkutan. Sobat Pintar bisa menggunakan fitur Kampus Pintar untuk mendukung persiapan ini. All set, you're good to go. Good luck for your test, Sobat!

0
460

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp