redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ini 7 Jurusan Menteri-Menteri/ Kabinet Jokowi 2020 yang Paling Populer

Pendidikan dan perjalanan hidup tokoh-tokoh bangsa dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerusnya.

Jurusan Menteri-Menteri, photo by Jonathan Daniels on unsplash

Kita bisa memperoleh inspirasi dari orang-orang di sekitar kita, termasuk juga dari riwayat pendidikan Menteri Kabinet Indonesia Maju. Apa latar belakang pendidikan para Bapak/ Ibu Menteri hingga berada pada capaian karier mereka saat ini? Aren't you curious, Sobat?

 

1. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan: Moh. Mahfud MD

Biografi Menko Polhukam ini cukup menarik, Sobat. Bagaimana tidak? Sebelum berada dalam susunan kabinet Jokowi jilid 2, Bapak Mahfud MD pernah menjabat sebagai anggota DPR, Menteri Pertahanan di Kabinet Persatun Nasional, Hakim Konstitusi, hingga Ketua Mahkamah Konstitusi.

Riwayat pendidikan Menko Polhukam kita saat ini pun sama menariknya. Tak hanya meraih gelar Sarjana dari Hukum Tata Negara (S1) UII, Bapak Mahfud MD juga seorang Sarjana Sastra dari Sastra Arab UGM. Terkait dengan riwayat pendidikan kabinet Jokowi, Bapak Menko Polhukam adalah seorang Doktor Ilmu Hukum Tata Negara.

 

2. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian: Airlangga Hartarto

Dari sekian jurusan para menteri Jokowi, riwayat pendidikan Bapak Menko Perekonomian kita saat ini cukup unik. Beliau adalah alumnus Teknik Mesin UGM dengan dua gelar Master, yaitu MBA dari Monash University dan MMT dari Melbourne Business School University.

Sebelum menjabat sebagai Menko Perekonomian dalam daftar menteri Jokowi 2020, Bapak Airlangga Hartarto pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Profil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini juga menarik karena ayah beliau, Ir. Hartarto, pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Menko Prodis.

 

3. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Muhadjir Effendy

Sobat Pintar tentu tak asing dengan sosok Menko PMK ini. Iya, beliau pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Bagaimana dengan riwayat pendidikan Bapak Menko PMK kita sekarang?

Bapak Muhadjir Effendy menyelesaikan pendidikan sarjana beliau di Jurusan Pendidikan Sosial IKIP Malang (sekarang UM). Riwayat pendidikan S2 dan S3 beliau berturut-turut di Administrasi Publik UGM dan Ilmu-Ilmu Sosial Unair.

 

4. Menteri Luar Negeri: Retno Lestari Priansari Marsudi

Ibu Retno LP Marsudi adalah salah satu sosok Kartini dalam daftar menteri Jokowi 2020. Sebelum menjabat sebagai Menlu dalam susunan kabinet Jokowi jilid 2 dan jilid 1, Ibu Retno Marsudi menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Belanda.

Sejak lulus dari Ilmu Hubungan Internasional UGM, Ibu Menlu kita sekarang ini terus berkiprah di bidang diplomasi. Berkat beasiswa Kemenlu, ditambahkanlah S2 Hukum Uni Eropa Haagse Hogeschool Belanda dalam riwayat pendidikan beliau.

 

5. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati

Jabatan sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia berakhir ketika Ibu Sri Mulyani memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Biografi beliau sebagai menteri cukup menarik, berawal sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Plt Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, hingga kembali menjabat sebagai Menkeu.

Keberadaan Ibu Sri Mulyani dalam susunan kabinet Jokowi jilid 2 tak terlepas dari riwayat pendidikan beliau. Pendidikan S1 ditempuh di Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan UI, S2 Science of Policy Economics dan S3 Economics di University of Illinois Urbana Champaign.

 

6. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Nadiem Anwar Makarim

Sebagai pelajar, Sobat Pintar pasti sudah berkali-kali mendengar nama Mas Menteri kita ini, Nadiem A Makarim. Beliau memiliki gelar Bachelor of Arts dari Jurusan Hubungan Internasional (International Relations) Brown University. Riwayat pendidikan beliau berlanjut dengan gelar Master of Business Administration dari Harvard Business School.

Perjalanan karier dan biografi beliau di dunia start up tentu tak asing lagi. Mas Menteri pernah membesarkan market place hingga penyedia jasa transportasi, sebelum menjadi bagian dari susunan kabinet Jokowi jilid 2 seperti sekarang.

 

7. Menteri Kesehatan: Terawan Agus Putranto

Memiliki riwayat pendidikan sipil dan militer pada waktu yang sama membuat profil Menteri Kesehatan kita saat ini cukup menarik. Bapak Terawan merupakan alumnus Sepamilwa (Sekolah Perwira Militer Sukarela) ABRI dan Kedokteran UGM. S2 dan S3 beliau berturut-turut adalah Spesialisasi Radiologi Unair dan Unhas.

Sebelum menjadi Menkes dalam susunan kabinet Jokowi jilid 2, beliau menjabat sebagai Kepala RSPAD Gatot Subroto. Biografi Bapak Terawan bahkan juga mencakup keanggotaan beliau sebelumnya sebagai bagian dari tim dokter Kepresidenan RI.

 

Itulah tujuh menteri dengan karier dan jurusan kuliah kabinet Jokowi yang terbilang populer. Bukankah beliau-beliau adalah sosok yang menginspirasi, Sobat? Who knows, barangkali pilihan jurusan kuliahmu nanti akan membawamu kelak pada karier yang sama cemerlangnya dengan Bapak/ Ibu menteri kita tersebut.

0
40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet