redesain-navbar Portlet

Blog

Skills Penting pada Masa Revolusi Industri, image via globalenglish.com

Ini Bekalmu: 10 Skills Penting pada Masa Revolusi Industri 4.0

Setiap masa menuntut kecakapan dan keterampilan yang berbeda.

Kurang dari 100 hari lagi kita akan tiba ditahun 2020. Eitts, jangan fokus pada angka cantiknya ya, Sobat. Ada yang lebih penting daripada jajaran angka cantik, yaitu apa bekal kita untuk menghadapi tahun 2020? Ini dia sepuluh skills yang akan kita butuhkan dalam masa revolusi industri ini.

 

1. Mampu Menyelesaikan Persoalan yang Rumit

Menurutmu, siapa yang lebih cerdas: manusia atau komputer? Dunia sekarang sudah berada dalam masa AI dan Big Data – meskipun belum benar-benar terasa di negara-negara berkembang. Tapi kalau tak ingin posisimu tergantikan oleh komputer, sebagaimana kuda tergantikan oleh mobil, asahlah kemampuanmu dalam menghadapi masalah.

Sayangnya, tak ada panduan jelas dalam mengembangkan dan menguasai skill ini. Pada dasarnya, kecakapan dalam menyelesaikan masalah tumbuh dengan sendirinya secara alami, seiring dengan pengalaman hidup kita sendiri.

 

2. Mampu Berpikir Secara Kritis

Ide-ide yang inovatif takkan dapat diwujudkan tanpa pemikiran yang kritis. Tapi bagaimana sih, berpikir kritis itu sebenarnya? Kita berpikir kritis ketika meluangkan waktu untuk melakukan observasi, memeriksa, kemudian menganalisa, hingga sampai pada suatu kesimpulan, pemahaman, atau penilaian yang logis.

Kita mampu memikirkan tentang suatu persoalan secara mendalam, dengan kepala yang jernih. Disitulah kita berpikir secara kritis. Memang  dibutuhkan kesabaran dalam hal ini, sehingga skill ini memerlukan waktu sampai kita benar-benar menguasainya. But it's worth the effort, Sobat.

 

3. Memiliki Daya Kreativitas yang Tinggi

Super kreatif adalah skill mahapenting pada tahun-tahun kedepan. Mesin dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat, tapi mesin tak bisa kreatif. Disitulah kita menang, Sobat!

Bahkan, kreativitaslah yang membuat umat manusia mampu menciptakan mesin. Data yang dihasilkan mesin adalah bahan mentah yang membutuhkan kreativitas kita agar dapat disuguhkan menjadi informasi yang bermanfaat. So from now on, go and train yourself to think out of the box.

 

4. Sanggup Memimpin Orang Lain

Ada pepatah Afrika: If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together. Mimpi yang besar sulit untuk diwujudkan seorang diri. You need a legion behind you. Therefore, you have to be able to lead them all. Yes, you need a good people management skill.

 

5. Dapat Bekerja Sama dengan Orang Lain

Kesuksesan kerja tim memerlukan koordinasi yang baik antar anggotanya. Skill ini bukan tentang bagaimana memimpin tim, tapi tentang orang-orang didalam tim itu sendiri. And yes, skill ini masih terkait dengan people management skill diatas.

 

6. Memiliki Kecerdasan Emosi

Dari seluruh tipe kecerdasan majemuk, kecerdasan intrapersonal dan interpersonal secara spesifik dibutuhkan dalam era revolusi industri keempat. Pasalnya, keduanya terkait dengan pengelolaan emosi.

How is it important? Ketika kita mampu mengelola emosi diri, maka kita dapat belajar bagaimana mengendalikan emosi orang lain. Terkadang emosi berperan cukup penting dalam kesuksesan kerja tim, Sobat. Pernah mengalaminya?

 

7. Mampu Membuat Keputusan yang Benar dan Tepat

Robot atau mesin, sejauh ini, masih belum memiliki kemampuan untuk membuat penilaian dan keputusan. Contoh sederhananya, kita dapat menilai bahwa baju warna kuning kurang cocok dikenakan, jadi kita memutuskan untuk menggantinya dengan warna merah. Seandainya kita memiliki asisten robot sekalipun, ia tak bisa melakukannya.

Teknologi terus berkembang, pasti. Robot atau mesin pada tahun-tahun kedepan mungkin dapat memilih, tapi belum tentu pilihan tersebut benar dan tepat. Kenapa hanya kita manusia yang dapat melakukannya? Karena dalam hal ini dibutuhkan pemikiran kritis, kesabaran, observasi, dan kemauan untuk melakukannya.

 

8. Mau Membantu Orang Lain

Membantu orang lain memang sudah menjadi nilai baik ditengah-tengah masyarakat kita. Tapi meyakini bahwa sesuatu itu baik saja tak cukup, Sobat. Kita pun harus mau melakukannya. Either you are a team member or leader, this particular skill takes the willingness to serve others.

 

9. Handal Bernegosiasi dan Mempengaruhi Orang Lain

Skill ini berperan penting dalam tercapainya kesepakatan bersama tanpa kegaduhan atau pertengkaran. Salah satu tanda kita kurang cakap bernegosiasi adalah ketika terpaksa mengiyakan apapun yang dikatakan orang lain tanpa mampu menyanggah.

Jadi bagaimana agar kita dapat bernegosiasi dengan baik? First of all, kita harus memiliki tujuan yang jelas. Setelah itu, keluwesan kita dalam menyampaikan gagasan dan pemikiran pada orang lain menentukan sejauh mana kesuksesan negosiasi yang dijalankan. Yes, it takes practice and experience.

 

10. Dapat Bersikap Fleksibel dan Adaptif

Setiap orang memiliki pemikiran, ide, tindakan, opini, emosi, dan berbagai hal lain yang tak sama dengan orang lain. Seluruh perbedaan ini sebenarnya menuntut perbedaan perlakuan pula. Nah, bisakah kita memahami perbedaan tersebut? Bisakah kita menyesuaikan sikap dengan setiap perbedaan yang kita temui pada setiap orang?

 

Itulah sepuluh skills penting abad ini – or so, to say. Hingga beberapa tahun kedepan ketika revolusi industri 4.0 sedang mencapai puncaknya, skills yang telah disebutkan diatas akan sangat dibutuhkan agar kita mampu beradaptasi dengan keadaan. Kebutuhan setiap zaman berbeda, dan sudah semestinya kita menyiapkan diri dengan bekal yang sesuai, bukan?

Lebih masukan Blog

4 Jurusan Teknik – Mana Pilihanmu?

Warga mayoritas fakultas ini adalah laki-laki. Kebanyakan tampang mahasiswanya memang...

Minum Air Hangat atau Dingin? Ini 4 Manfaatnya

Dalam beberapa hari belakangan ini kita mengalami cuaca panas yang cukup terik disiang hari....

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka