redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ini Dia, 3 Cara Menumbuhkan Mental Baja di Lingkungan Kerja

Punya mental baja penting untuk bikin kerja lebih produktif.

Mental Baja, Photo by Marcelo Novais on Unsplash

Di dalam dunia kerja sering terjadi hal yang menguji mental. Presentasi numpuk, revisian udah sampe lima kali tetap belum diterima, proposal belum kelar, hingga laporan bulanan yang belum dijamah. Semua itu bisa membuat kita kewalahan. Bukannya dikerjakan, tapi malah dipikirin terus sampai mood kita hancur. Sering banget tuh kejadian.

Nah, disaat seperti inilah rasanya kepala pengen meledak. Istilah kerennya sih burnout. Kamu udah pernah merasakan burnout ? Terus mau menyerah tapi kebentur tanggung jawab? Eitss… menyerah bukan pilihan, Sobat. Kamu harus tetap kuat dan semangat agar kewajibanmu dapat berjalan lancar.

Buat jaga diri tetap semangat kamu butuh senjata nih. Mental baja-lah senjatanya. Punya mental yang kuat menjadi penting di lingkungan yang penuh tantangan. Mental baja bisa ditumbuhkan mulai sekarang agar siap menghadapi segala kemungkinan di masa depan. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan mental baja? 

Kuncinya ada di rutinitas pagimu. Coba lakukan 3 hal ini sebelum kamu memulai hari.

 

1. Katakan Hal Positif Pada Dirimu

Saat pagi membuka mata, cobalah kamu berjalan di depan cermin dan mulailah memuji diri. Ucapkan pujian yang ingin kamu dapatkan dari orang lain atas segala pencapaianmu. Aktivitas ini bisa mempengaruhi pikiran, sikap, dan perilakumu. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan dan stres. Bila dilakukan setiap hari, kebiasaan ini dapat menambah kepercayaan diri dan sikap optimis dalam menjalani segala kemungkinan yang terjadi. Mood kamu juga akan meningkat dan menjagamu selalu bersikap positif sepanjang hari.

 

2. Buat Target Harianmu

Daripada bingung memilih pekerjaan mana yang akan dilakukan duluan, sebaiknya kamu membuat target harian. Target ini akan membuatmu tertantang untuk menjadi lebih baik. Target ini juga akan membuatmu fokus pada tujuan dan mengesampingkan hal yang mengganggumu. Mencoret daftar pekerjaan yang telah dirampungkan akan membuatmu senang dan menimbulkan kelegaan yang membuatmu ingin melakukannya lagi .

 

3. Kontrol Pikiranmu, Jangan Biarkan Dia Mengontrolmu

Kita tidak bisa mengontrol hal yang akan menimpa kita, tetapi yang bisa kita kontrol adalah respon kita. Sering juga kita dengar bahwa “realita ada di pikiran kita.” Oleh karenanya penting agar kita menjaga pikiran. Jangan sampai kita memikirkan hal negatif karena bisa jadi hal itulah yang akan terjadi. overthinking tidak diperlukan dalam hal ini. Yang diperlukan adalah menyelesaikan tugas. Kerjakan saja tugas yang ada dan terbuka pada setiap tantangan.


Nah, jadi itu tiga cara menumbuhkan mental baja buat kamu, Sobat Pintar. Kamu boleh banget melakukannya setiap hari dan rasakan perbedaannya. Jangan mudah putus asa karena kamu tidak tahu seberapa dekat dirimu dengan tujuan. Yuk, semangat menggapai cita!

 

 

 

Penulis: Chatarina

Penyunting: Deni Purbowati

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet