APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ini Dia! Referensi 5 Pilihan Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Beberapa kampus swasta menjadi pilihan kuliah yang patut dipertimbangkan.

Universitas Swasta Terbaik, image credit cottonbro

Tahukah Sobat bahwa ternyata universitas terbaik di Jakarta tak hanya didominasi oleh PTN? Setiap kita memang dapat menentukan untuk kuliah di PTN atau PTS. Masing-masing pilihan tentu memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya sendiri. But for now, let's explore a different option: private universities in Jakarta.

Ada banyak universitas swasta di Jakarta. Kita bisa menggunakan acuan akreditasi BAN-PT, klasterisasi Kemenristekdikti 2019, maupun berbagai versi pemeringkatan global. Tapi jika Sobat ingin mengeksplor opsi kuliah tahun ini, berikut adalah beberapa universitas swasta terbaik di Jakarta 2020.

 

1. Universitas Bina Nusantara

Salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta ini tepatnya berada di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Dalam daftar Kemenristekdikti 2019, Universitas Bina Nusantara berada pada peringkat ke-20, dalam klaster II. Sedangkan menurut BAN-PT, akreditasi kampus swasta ini adalah A.

Bukan hanya standardisasi nasional yang memastikan kualitas Universitas Bina Nusantara. Berada di posisi kedua setelah Institut Teknologi Bandung dalam daftar QS World University Rankings 2020, tak heran bila Ubinus menjadi salah satu universitas terbaik di Jakarta.

Universitas swasta ini pun menjadi yang terdepan dengan tawaran program kuliahnya. Mahasiswa universitas swasta di Jakarta ini dapat memilih program reguler, daring, atau internasional. Perkuliahan program sarjana pun dapat diambil dengan program satu gelar atau gelar ganda.

 

2. Universitas Trisakti

Berlokasi di pusat kota, tepatnya di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Universitas Trisakti seolah memang mengklaim statusnya sebagai kampus swasta terbaik di Jakarta. Menduduki peringkat ke-42 dalam klaster II Kemenristekdikti, Usakti pun mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

Memiliki sembilan fakultas, tak heran bila universitas swasta di Jakarta ini menjadi salah satu kampus pilihan bagi banyak calon mahasiswa baru. Seluruh fakultas tersebut yaitu Hukum, Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri, Teknologi Kebumian dan Energi, Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, serta Seni Rupa dan Desain.

 

3. Institut Kesenian Jakarta

Jika Sobat Pintar sedang mencari-cari universitas swasta terbaik di Jakarta 2020 khusus di bidang seni, Institut Kesenian Jakarta boleh jadi salah satu alternatifmu. Bidang-bidang seni yang bisa kita pelajari di kampus swasta ini antara lain seni peran, seni rupa, dan perfilman.

Ada tiga fakultas di IKJ. Pertama, Fakultas Seni Rupa yang menaungi Prodi Seni Murni, Prodi Seni Kriya, dan Jurusan Desain. Kedua, Fakultas Seni Pertunjukan yang mencakup Seni Teater, Seni Tari, Seni Musik, dan Etnomusikologi. Ketiga, Fakultas Film dan Televisi yang terdiri dari Film, Televisi, dan Fotografi.

 

4. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas swasta di Jakarta ini memiliki tiga lokasi kampus, yaitu di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Pluit, Jakarta Utara, dan Serpong, Banten. Dalam pencarian universitas swasta terbaik di Jakarta 2020, Unika Atma Jaya ketat mengawal Ubinus dengan berada pada peringkat ke-32 dalam klaster II Kemenristekdikti 2019.

Bagaimana dengan akreditasi institutsi? No worries, Sobat. Akreditasi A dari BAN-PT juga telah diraih oleh salah satu universitas terbaik di Jakarta ini.

Ingin tahu fakultas apa saja yang ada di universitas swasta terbaik ini? Seluruhnya ada Fakultas Ekonomi, Administrasi dan Komunikasi Bisnis, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Teknik, Hukum, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Psikologi, dan Teknobiologi. Adakah salah satu fakultas incaranmu, Sobat?

 

5. Universitas Pelita Harapan

Salah satu universitas swasta terbaik ini tak benar-benar berlokasi di Jakarta, melainkan di Tangerang, Banten. UPH memiliki akreditasi B dari BAN-PT dengan 13 fakultas pada program sarjana.

Dan apa sajakah fakultas-fakultas tersebut? Seluruhnya yaitu Fakultas Ekonomi, Ilmu Komputer, Desain, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Hukum, Liberal Arts, Kedokteran, Ilmu Seni, Keperawatan dan Ilmu Kesehatan, Psikologi, Ilmu Filsafat, serta Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. It's such a long list, isn't it, Sobat?

 

Itulah lima referensi universitas swasta terbaik di Jakarta 2020. Bagaimana dengan referensi kampus swasta yang ada di kantongmu, Sobat? Adakah kampus swasta pilihanmu, atau sebaiknya memilih kampus negeri saja?

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog