APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

ITS Tiga Besar di Indonesia versi THE Asia University Rankings 2020

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali berhasil bertengger di pemeringkatan Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2020 yang dirilis pada acara Virtual Live THE Asia dan terbit pada 3 Juni 2020. Peringkat tersebut menunjukkan bahwa nama ITS bersanding dengan dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain sebagai tiga besar terbaik di Indonesia.

Manajer Senior urusan World Class University ITS, Rulli Pratiwi Setiawan ST MSc PhD, menjelaskan bahwa ITS berhasil mempertahankan posisinya di peringkat 301-350 se-Asia. Rulli menjelaskan jika ada lima kriteria yang diperhitungkan dalam pemeringkatan kali ini, di antaranya Pengajaran (25 persen), Penelitian (30 persen), Sitasi (30 persen), Pandangan Internasional (7,5 persen), dan Pendapatan Industri (7,5 persen).

Di tahun ini pun, ITS berhasil berdiri kokoh di tiga besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Bahkan dalam lima besar perguruan tinggi tersebut, ITS masih tetap unggul di kriteria Sitasi dengan skor 23,40. Kriteria ini merupakan jumlah kutipan dari publikasi artikel di jurnal internasional yang bereputasi. “Data tersebut diambil dari Scopus selama lima tahun terakhir,” jelas Rulli.

Dalam kriteria Pengajaran, lanjut Rulli, ITS mendapat skor sebesar 23,30. Lalu, kriteria Penelitian mendapat skor 13,60, kriteria Pandangan Internasional mendapat skor 34,70, dan kriteria Pendapatan Industri mendapat 62,60. “Total skor yang diraih ITS dalam THE Asia University Rankings 2020 ini adalah 24,22,” ungkap alumnus Arsitektur ITS ini.

Menilik skor yang diperoleh ITS, Rulli mengutarakan bahwa meski skor tertinggi berada di kriteria Pendapatan Industri, kenyataannya kriteria tersebut ternyata masih kalah dari beberapa perguruan tinggi lainnya. Justru dari lima kriteria yang ada, bobot yang besar dan skor yang unggul dari kriteria Sitasi lah yang cukup membantu capaian keseluruhan skor dari ITS.

Rulli menuturkan bahwa ini merupakan tahun kedua ITS masuk dalam pemeringkatan THE. Berbeda dengan pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS), pemeringkatan THE ini lebih sulit apabila dilihat dari berbagai kriteria yang menjadi tolok ukur. Hal ini tercermin dari masih sedikitnya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam radar pemeringkatan tersebut. “Tahun 2020 ini terdapat enam PTN di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan THE, salah satunya ITS,” jelas dosen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ini.

Kemudian, Rulli menjelaskan bahwa untuk dapat masuk dalam peringkat THE pun ada beberapa syarat yang perlu dimiliki suatu perguruan tinggi. Ketiga hal tersebut yaitu terkait Pengajaran, Universitas, dan Penelitian. Kategori Pengajaran yakni harus memiliki program Strata 1, kategori Universitas yakni jumlah staf di masing-masing area studi tidak lebih dari 80 persen, dan kategori Penelitian yakni telah mempublikasikan 1.000 artikel jurnal dalam lima tahun terakhir atau minimum 150 publikasi tiap tahunnya.

Menurut Rulli, bukan hal yang mudah untuk masuk dalam pemeringkatan THE. Namun, ke depannya ITS akan berusaha untuk mempertahankan bahkan meningkatkan. Untuk mewujudkannya, kegiatan internasionalisasi di ITS akan semakin ditingkatkan mulai tahun 2020 ini. “Pelatihan World Class University, bukan hanya ditujukan untuk rekan-rekan dosen, namun juga para tenaga kependidikan (karyawan, red) dan mahasiswa,” papar alumnus doktoral Hiroshima University, Jepang ini.

Selain itu, imbuhnya, ke depan ITS akan terus meningkatkan reputasi di kancah internasional. Salah satunya adalah kolaborasi dengan para peneliti kelas dunia. Kolaborasi penelitian ini diharapkan dapat berujung pada penulisan artikel bersama dengan penulis dari perguruan tinggi di luar negeri, sehingga dapat menunjang capaian penilaian di kriteria Sitasi dan Reputasi, baik di kategori Pengajaran maupun Penelitian.

Menurut Rulli, untuk mencapai semua target tersebut, tentunya diperlukan sinergi dan kolaborasi seluruh sivitas akademika. Pun untuk bisa semakin memantapkan posisi ITS di level dunia, semua komponen di ITS perlu untuk semakin paham pentingnya pemeringkatan internasional. “Peringkat memang bukan tujuan akhir, tapi hal itu bisa menjadi benchmarking untuk melihat posisi ITS di level dunia,” tandasnya.

Jangan lewatkan kesempatan mengetahui lebih banyak tentang Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan mendapatkan hadiah di Virtual Edu Expo (VEE). Pameran kampus-kampus favorit di Indonesia ini akan diselenggarakan secara virtual pada 6-7 Februari 2021.

Setelah mendaftar, pengunjung pameran dapat mengikuti berbagai aktivitas, mulai dari mengunjungi lounge Virtual Edu Expo (VEE), mengunjungi booth ITS maupun universitas-universitas lain, bahkan berkonsultasi dengan perwakilan universitas untuk mendapat informasi lebih lengkap.

Yang lebih seru, seluruh aktivitas seperti menghadiri talk show, mengunjungi dan mengunduh brosur di booth, serta mengikuti scavenger hunt yang tersebar di area Virtual Edu Expo (VEE) akan menghasilkan poin. Informasi lengkap dan cara perolehan poin dapat dilihat di leaderboard yang terdapat di menu.

10 pengunjung dengan poin terbesar akan mendapat kesempatan untuk memperoleh hadiah total jutaan rupiah. Masih ada lagi hadiah e-money dengan total jutaan rupiah bagi pengunjung yang beruntung dan dapat menjawab pertanyaan di sesi akhir talk show serta pertanyaan yang diberikan di lounge setiap jamnya.

Jadi tunggu apa lagi? Segera daftar dan nikmati beragam aktivitas di pameran kampus-kampus favorit di Indonesia secara virtual di Virtual Edu Expo (VEE) pada 6-7 Februari 2021 mendatang. Semuanya gratis!

 

 

 

Sumber: www.its.ac.id
30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog