APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jadwal Pendaftaran: 5 Jalur Mandiri UNS (Universitas Sebelas Maret)

Pilih Jalur Mandiri UNS sesuai dengan kriteriamu

Jalur Mandiri UNS, image credit stevepb

Tahun lalu, tepatnya pada 2019, pendaftaran Jalur Mandiri UNS diminati oleh 16.683 calon mahasiswa. Dari angka belasan ribu tersebut, hanya 3.189 pendaftar yang lolos seleksi. Nah, bagaimana dengan tahun ini, Sobat? Jika Sobat Pintar ingin tahu tentang Seleksi Mandiri UNS 2020, baca sampai selesai, yuk!

 

1. SPMB UNS: Sekolah Vokasi

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Vokasi di Universitas Sebelas Maret ada dua jalur. Jalur pertama adalah PMDK yang sudah selesai – pengumumannya pada 10 April 2020 yang lalu. Jalur kedua adalah Seleksi Utama Masuk Diploma yang akan berakhir dalam beberapa hari ke depan.

Pendaftaran, pembayaran pendaftaran, dan cetak kartu peserta Seleksi Utama Masuk Diploma terjadwal pada 8 Juni hingga 25 Juli 2020. Pengumuman seleksi ini akan dilangsungkan pada 30 Juli 2020. Jika Sobat Pintar ingin daftar SM UNS pada jalur ini, buruan!

 

2. SPMB UNS: Seleksi Mandiri UNS Jalur Ujian (SMJU)

Selain SNMPTN dan SBMPTN, SM UNS (Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret) bisa menjadi pilihan masuk kampus negeri di Surakarta ini, Sobat. Yang menarik, SM UNS S1 ada banyak ragamnya – dan yang pertama adalah SMJU. Mandiri UNS SMJU dilakukan dengan menggunakan nilai UTBK atau Ujian Tulis (UTUL) UNS.

Pendaftaran Jalur Mandiri UNS ini dijadwalkan mulai kemarin, 20 Juli hingga 19 Agustus 2020 bagi peserta UTBK dan 1 Juli sampai 5 Agustus 2020 bagi peserta UTUL. Jadwal pembayaran pendaftaran dan cetak kartu tanda pesertanya sama dengan tanggal pendaftarannya masing-masing.

Hingga kini, jadwal UTUL UNS masih belum ditetapkan. Namun dipastikan, ada tes wawancara bila Sobat Pintar memilih Mandiri UNS UTBK maupun UTUL.

 

3. SPMB UNS: Seleksi Mandiri UNS Jalur Kemitraan (SMJK)

Mandiri UNS SMJK dapat diikuti oleh Sobat yang sudah mengantongi rekomendasi dari instansi mitra yang memiliki MoU (Nota Kesepahaman) atau perjanjian kerja sama dengan UNS. Instansi mitra yang dimaksud bisa merupakan perusahaan, institusi pemerintah, maupun pemerintah daerah.

Pendaftaran Jalur Mandiri UNS SMJK dijadwalkan pada 15 Juni sampai 15 Agustus 2020 – termasuk pula pembayaran biaya pendaftaran dan cetak kartu tanda peserta. Tak ada ujian tulis maupun wawancara pada UM UNS 2020 SMJK.

 

4. SPMB UNS: Seleksi Mandiri UNS Jalur Prestasi (SMJP)

Sobat Pintar merasa pede dengan prestasimu selama ini? Nah, Mandiri UNS SMJP ini mungkin untukmu, Sobat! Prestasi yang dapat diajukan untuk mengikuti Seleksi Mandiri UNS 2020 di jalur ini bisa berupa prestasi akademik di sekolah maupun prestasi non-akademik seperti hafalan Al-Qur'an, seni, olah raga, lomba KIR, olimpiade Sains, dan lain-lain.

Masa pendaftaran Jalur Mandiri UNS SMJP sama seperti jalur sebelumnya, yaitu pada 15 Juni hingga 15 Agustus 2020. Demikian pula dengan masa pembayaran biaya pendaftaran dan cetak kartu tanda peserta. Hal lain pun sama, yaitu tanpa ada ujian tulis dan wawancara pada Mandiri UNS ini.

 

5. SPMB UNS: Seleksi Mandiri UNS Jalur Disabilitas (SMJD)

Yes, the name describes itself. Mandiri UNS SMJD ditujukan khusus bagi calon mahasiswa dengan disabilitas. Tak harus dari SMALB, Sobat dari SMA/ MA/ SMK juga bisa mengikuti pendaftaran Jalur Mandiri UNS ini. It's just the right time to shine and show your academic achievement, Sobat!

Sama seperti pendaftaran Jalur Mandiri UNS sebelumnya, jadwal pendaftaran, pembayaran, dan cetak kartu SMJD juga pada 15 Juni hingga 15 Agustus 2020. And again, tak ada ujian tulis dan wawancara yang menanti bagi Sobat yang bersiap daftar SM UNS SMJD.

 

Dari seluruh Jalur Mandiri UNS di atas, belum diketahui jadwal pengumuman hasil seleksinya. As we know it, things have gone so uncertain lately due to the ongoing pandemic. Mau tak mau, kita jadi harus sering-sering cek update informasi dari kampus incaran nih, Sobat. But you bet it's worth the effort.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog