APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jadwal Pendaftaran PDSS Sudah Dibuka, Begini Caranya

Guru Pintar perlu mengetahui langkah-langkah untuk melakukan pengisian PDSS.

Photo by Christin Hume on Unsplash

Pendaftaran PDSS 2023 sudah dibuka sejak awal pekan ini, tepatnya 9 Januari 2023. Pendaftaran, atau lebih tepatnya pengisian PDSS dilakukan oleh siapa? Bagaimana cara pengisiannya? Yang tak kalah penting, kapan batas pengisian PDSS 2023? Mari bahas sampai tuntas di sini, Guru Pintar.

 

Apa Itu PDSS?

pengisian pdss span ptkin 2023
Photo by fauxels on Pexels

PDSS adalah kependekan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. PDSS merupakan basis data berisikan catatan kinerja sekolah serta nilai rapor siswa yang eligible untuk mendaftar SNBP. Nah, mungkin sebagian Guru Pintar masih bertanya-tanya siapa yang mengisi PDSS.

Baiklah, pengisian PDSS dilakukan oleh siapa? Terlepas dari orang per orang yang mengerjakannya, yang pasti pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah. Oleh sebab itu, kebenaran data dalam pengisian PDSS merupakan tanggung jawab sekolah dan kepala sekolah.

Pengisian PDSS SPAN PTKIN 2023 pun demikian, dilakukan oleh dan menjadi tanggung jawab sekolah. SPAN PTKIN sendiri merupakan kependekan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Seleksi ini menyaring calon mahasiswa baru di UIN/STAIN/IAIN.

 

Bagaimana Cara Pengisian PDSS?

kode registrasi dapodik emis
Photo by Alejandro Escamilla on Unsplash

Guru Pintar sudah tahu kan, kapan PDSS 2023 dibuka? Di awal telah disebutkan bahwa pengisian PDSS 2023 sudah dapat dilakukan sejak awal pekan ini. Di atas sudah disebutkan pula siapa yang mengisi PDSS. Nah, jika Guru Pintar akan melakukan pengisian PDDS, berikut langkah-langkahnya.

1. Login pada laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

2. Periksa profil sekolah (gunakan sidebar Profil yang memuat informasi mengenai sekolah dan kepala sekolah).

3. Pada menu Jurusan, definisikan jenis kelas, kurikulum, jurusan mata pelajaran.

4. Pada sidebar Finalisasi, lakukan finalisasi data sekolah.

5. Pada sidebar Siswa, isikan dan NISN siswa eligible per jurusan.

6. Pada sidebar Finalisasi, lakukan finalisasi data siswa.

7. Selanjutnya, definisikan kurikulum tiap semester dan mata pelajaran tiap semester.

8. Pastikan seluruh data sudah benar, kemudian lakukan finalisasi data kurikulum.

9. Berikutnya, isikan jenis studi tiap siswa eligible per jurusan.

10. Isikan nilai setiap siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya.

11. Periksa dan pastikan isian nilai sudah benar karena tidak dapat dibatalkan, kemudian lakukan finalisasi data nilai (pembatalan finalisasi data sekolah, data siswa, dan data kurikulum dapat dilakukan selama belum melakukan finalisasi data nilai).

Langkah-langkah di atas dapat membantu Guru Pintar mengisi PDSS. Tentu saja, teknis cara pengisian PDSS orang per orang mungkin tak sama, tetapi secara garis besar urutan data yang diisikan adalah data sekolah, data siswa, dan data kurikulum, dan data nilai.

 

Kapan Pengisian PDSS 2023?

Pengisian PDSS SPAN UM PTKIN
Photo by Anna Nekrashevich on Pexels

Mengenai waktu pengisiannya, kapan pendaftaran PDSS? Sekali lagi, pengisian PDSS sudah dapat dimulai sejak tanggal 9 Januari 2023. Jadwal pengisian PDSS ini akan ditutup tanggal 9 Februari 2023.

Bagaimana dengan jadwal pengisian PDSS SPAN PTKIN? Oh ya, apa itu PDSS SPAN PTKIN?

PDSS SPAN PTKIN adalah Pangkalan Data Sekolah dan Siswa yang digunakan dalam Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Pada 2022, pengisian PDSS menjadi syarat pendaftaran SPAN UM (Ujian masuk) PTKIN. Oleh sebab itu, sekolah, madrasah, maupun pondok pesantren wajib melakukan pengisian PDSS SPAN UM PTKIN.

Untuk jadwal pendaftaran sekolah atau pengisian PDSS SPAN PTKIN 2023 adalah mulai 17 Januari 2023 sampai 13 Februari 2023, diikuti dengan pendaftaran siswa mulai 16 Februari 2023 sampai 4 Maret 2023. Sementara jadwal pendaftaran UM PTKIN dimulai sejak 10 April 2023 sampai 15 Mei 2023.

Sebagai catatan tambahan, dalam pengisian PDSS mungkin diperlukan kode registrasi Dapodik EMIS dari kepala sekolah. tentunya, kode tersebut dapat diperoleh setelah sekolah terdaftar dan diverifikasi dalam sistem Dapodik.

Di lain pihak, siswa yang eligible mungkin juga akan bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan password siswa di PDSS. Untuk itu, guru atau staf yang bertanggung jawab dalam pengelolaan PDSS dapat membantu menyosialisasikan cara mendapatkan password PDSS siswa sebelum jadwal pendaftaran SNBP tanggal 14 sampai 28 Februari 2023.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog