APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jalur-Jalur Pendaftaran di Berbagai PTN Selain SNBP dan SNBT (Part 2)

Ada beberapa jalur seleksi yang bisa ditempuh untuk masuk PTN.

Photo by matthew Feeney on Unsplash

Jalur masuk PTN 2023 yang telah dibahas di part 1 dapat kamu baca di sini. Jangan sampai skip baca ya, Sobat Pintar, biar enggak nyesel entar.

Nah, lanjut, yuk. Selain macam-macam jalur masuk perguruan tinggi negeri yang telah dibahas di part 1, masih ada lagi jalur masuk PTN 2023 yang belum disebutkan.

Emangnya ada jalur apa saja untuk masuk kuliah? Apa lagi nih, jalur daftar PTN selain SNBT & SNBP yang belum kita sebutin? Here we go, Sobat Pintar.

daftar kuliah jalur rapot
Photo by Karen Zhao on Unsplash

1. UM PTKIN

Kamu udah tau SPAN PTKIN kan, Sobat? Kalau udah baca part 1 yang disebutin tadi, kamu pasti udah kenal sama SPAN PTKIN. Iya, SPAN PTKIN itu adalah cara daftar kuliah jalur rapot yang mirip kayak SNBP.

Terus, ada ga nih, yang mirip kayak SNBT? Ada dong, Sobat. Ini dia, UM PTKIN yang, sama seperti SNBT, menyeleksi calon mahasiswa baru berdasarkan test kuliah. UM PTKIN sendiri adalah kependekan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Hanya saja, pilihan kampus di UM PTKIN terbatas pada perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Agama, yakni Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), dan Universitas Islam Negeri (UIN). Namun jangan khawatir, Sobat. Jalur masuk universitas negeri, sekolah tinggi negeri, dan institut negeri di bawah Kemenag ini menyediakan banyak pilihan buatmu. UM PTKIN 2023 bakal diikuti oleh 58 PTKIN dan satu prodi keagamaan universitas negeri di luar Kemenag.

Kapan kamu bisa mengikuti jalur masuk kuliah selain SNBT ini? Jadwal pendaftaran UM PTKIN akan dilangsungkan mulai 10 April 2023 sampai 15 Mei 2023. Peserta UM PTKIN akan mengikuti ujian menggunakan komputer berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Uji cobanya dijadwalkan pada 22 sampai 27 Mei 2023 dan pelaksanaan ujian dijadwalkan pada 29 Mei 2023 sampai 8 Juni 2023.

jalur masuk ptn 2023
Photo by Polina Zimmerman on Pexels

2. SIMAMA

Kamu mau kuliah Kebidanan atau Keperawatan di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan? Udah tau jalur apa saja untuk masuk kuliah di Poltekkes Kemenkes, Sobat? Ini dia salah satunya, SIMAMA.

SIMAMA adalah Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama di seluruh politeknik di Indonesia yang berada di bawah Kemenkes. Jalur masuk kuliah selain SNBT ini sama-sama berbasis tes, tetapi dengan mata uji Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA (Biologi, Kimia, dan Fisika). Lulusan SMA/MA/SMU/Paket C semua jurusan dapat mendaftar SIMAMA pada seluruh prodi. Peserta SIMAMA disyaratkan memiliki kesehatan yang tidak mengganggu kelancaran kuliah dan aktivitas kinerja sesuai profesinya kelak. Untuk itu, beberapa prodi mensyaratkan tinggi badan minimal 155 cm bagi laki-laki dan 150 cm bagi perempuan. Prodi-prodi tertentu juga mensyaratkan peserta SIMAMA dari SMK yang relevan.

Politeknik yang mengikuti SIMAMA adalah Poltekkes Kemenkes Aceh, Banjarmasin, Banten, Bengkulu, Denpasar, Gorontalo, Jakarta (ada tiga), Jambi, Jayapura, Kalimantan Timur, Kendari, Kupang, Makassar, Malang, Maluku, Mamuju, Manado, Mataram, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkal Pinang, Pontianak, Riau, Semarang, Sorong, Surabaya, Surakarta, Tanjungkarang, Tanjungpinang, Tasikmalaya, Ternate, dan Yogyakarta. Mau ikutan jalur masuk kuliah 2023 ini, Sobat Pintar? Pendaftarannya dijadwalkan mulai 1 Maret 2023 sampai 20 April 2023. Tesnya sendiri akan dilangsungkan 2 Mei 2023 sampai 7 Mei 2023 (periode 1) dan 15 Mei 2023 sampai 20 Mei 2023 (periode 2).

masuk perguruan tinggi negeri
Photo by Antoni Shkraba on Pexels

3. SBM Poltekpar

Udah kenal sama jalur masuk perguruan tinggi negeri ini atau belum, Sobat? SBM Poltekpar adalah kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Politeknik Pariwisata. Asal kamu tau, Politeknik Pariwisata adalah institusi pendidikan tinggi vokasional yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Meskipun berada di bawah kementerian, Politeknik Pariwisata Kemenparekraf tidak memiliki Ikatan Dinas – sama seperti Poltekkes Kemenkes.

Ada enam politeknik di bawah Kemenparekraf yang akan membuka jalur daftar PTN selain SNBT & SNBP, yakni Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok. Kegiatan pendaftaran, pembayaran formulir dan pencetakan Kartu Peserta Seleksi (KPS) SBM Poltekpar dijadwalkan berlangsung mulai 13 Februari 2023 sampai 27 Mei 2023.

Nah, sekarang kamu udah tau macam-macam jalur masuk kuliah selain SNBP dan SNBT. Ternyata jenis-jenis pendaftaran PTN itu enggak cuma SNBP dan SNBT kan, Sobat? Kamu bisa daftar kuliah 2023 Jalur Seleksi Mandiri, SIPENCATAR, SPAN PTKIN, UM PTKIN, SIMAMA, atau SBM Poltekpar.

Pendaftaran universitas ada banyak jalur, memang. Tak ada salah satu jalur yang lebih baik dari lainnya. Yang penting, kamu dapat memilih prodi yang sesuai dengan minat dan potensimu, kemudian memilih jalur seleksi yang memberimu kemungkinan lolos terbesar. Good luck, Sobat Pintar!

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog