redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jarang Diketahui: Ini 4 Kelebihan Kuliah pada Jurusan Perhotelan

Kuliah perhotelan patut dipertimbangkan karena fleksibilitas seleksi masuk dan peluang kerjanya.

Jurusan Perhotelan, image credit Pixabay

Apakah serial drama bertema hotel menginspirasi Sobat Pintar untuk kuliah perhotelan? Atau, ada rekomendasi dari orang-orang terdekat untuk kuliah perhotelan? Kalaupun tidak, ada baiknya kita cari tahu lebih banyak tentang Jurusan Perhotelan. Apa sebab?

 

1. Perhotelan, Salah Satu Alternatif Kuliah

Siapa sih, yang tak ingin kuliah dan lulus dengan gelar sarjana? We all do, don't we? Namun adakalanya karena satu dan lain hal kita menghadapi pilihan yang serba terbatas – salah satunya, dengan mengambil program diploma atau vokasi. Pada saat seperti inilah, Jurusan Perhotelan patut kita pertimbangkan.

Jurusan Perhotelan biasanya merupakan Program D1, D3, atau D4. Walaupun begitu, ada pula kuliah perhotelan pada jenjang S1. Bukankah ini berarti kita punya lebih banyak alternatif untuk mengikuti tes masuk kuliah, Sobat?

 

2. Dari Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Hingga Universitas

Now, here comes the next questions. Dari begitu banyaknya pilihan, di mana universitas yang ada Jurusan Perhotelan? Atau, di mana kita bisa kuliah perhotelan yang bagus? Salah satu kriteria yang bisa kita gunakan adalah akreditasi jurusan dari BAN-PT.

Pada Program D1, Jurusan Perhotelan terakreditasi A berada di (1) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan (2) Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid.

Untuk Program D3, rekomendasi kampus dengan Jurusan Perhotelan terakreditasi A berada di (1) Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid, (2) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, dan (3) Universitas Airlangga.

Sedangkan pada Program D4, ada (1) Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, (2) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, (3) Universitas Bina Nusantara, dan (4) Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid yang memiliki Jurusan Perhotelan dengan akreditasi A BAN-PT.

Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi – Bali International Institute of Tourism Management (STIE – BIITM Sahid Bali) merupakan salah satu alternatif kuliah perhotelan pada jenjang S1. Jurusan Manajemen Perhotelan ini telah terakreditasi B oleh BAN-PT.

 

3. Beragam Ilmu yang Dipelajari

Ada banyak aspek yang terlibat dalam pengelolaan sebuah hotel – mulai dari makanannya hingga kebersihannya, mulai dari laporang keuangannya hingga kenyamanan tamu hotel. Maka pasti ada beragam ilmu yang dipelajari saat kuliah perhotelan.

Manajemen Perhotelan, misalnya, dipelajari agar kita tahu bagaimana merekrut, melatih, hingga mengevaluasi kinerja karyawan hotel. Penguasaan berbagai bahasa asing juga menjadi keterampilan wajib karena tamu hotel tak bisa dibatasi dari negara tertentu saja.

Tak ketiggalan, Akuntansi Perhotelan juga menjadi ilmu penting. Pengadaan barang, mulai dari pembelian hingga penyimpanan, merupakan bagian penting dari bisnis perhotelan.

Apakah Sobat Pintar banyak membantu pekerjaan di rumah selama masa karantina mandiri ini? Nah, bayangkan ketika membersihkan lantai, menyiapkan kamar, menata meja dan kursi, merawat taman, menyajikan makanan, dan masih banyak lagi pekerjaan lain yang biasa kita kerjakan di rumah menjadi pekerjaan dengan skala dan standar hotel.

Keterampilan seperti itulah yang akan kita pelajari saat kuliah perhotelan. Dalam istilah perkuliahan, kita menyebutnya sebagai tata boga (food production), tata hidang (food and beverage service), patiseri (pastry and bakery), tata graha (house keeping), dan masih banyak lagi!

 

4. Peluang Kerier yang Beragam Pula

Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama kuliah perhotelan membekali para Ahli Pratama Perhotelan (A.P.Par), Ahli Madya Perhotelan (A.Md.Par), Sarjana Terapan Perhotelan (S.Tr.Par), dan Sarjana Pariwisata (S.Par) agar siap menyandang berbagai profesi setelah lulus kuliah perhotelan. Apa saja ragam profesi tersebut?

Beberapa diantaranya yaitu menjadi housekeeper, receptionist, tour leader atau tour guide, chef, waiter atau waitress, hingga hotel manager. Tak ingin bekerja di hotel? Ilmu kewirausahaan selama kuliah perhotelan membekalimu untuk mengelola bisnis dibidang pariwisata dengan mendirikan travel agent, misalnya.

There're loads of possible things to do, indeed. Meskipun demikian, jangan lupa untuk memastikan bahwa pilihan alternatif yang diambil memang tetap sesuai dengan bakat dan minatmu, Sobat. Jadi, jangan ragu cek bakat minatmu dengan menggunakan Minat Pintar, ya!

60

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp