redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jarang Dilirik: Ini 7 Jurusan Kuliah Sepi Peminat – Adakah Incaranmu?

Terlepas dari plus minusnya, ada beberapa jurusan yang tak terlalu diminati oleh kebanyakan calon mahasiswa baru.

Jurusan Kuliah Sepi Peminat, photo by Joanna Kosinska on unsplash

Apa sih, alasanmu memilih jurusan kuliah yang sepi peminat? Memperbesar peluang lolos seleksi masuk mungkin menjadi salah satu alasan. Sementara bagi Sobat Pintar yang lain, jurusan kuliah yang diinginkan memang kebetulan terhitung sepi peminat.

Tapi apa saja sih, jurusan yang terhitung sepi peminat itu? Let's take a look down below, Sobat.

 

1. Kearsipan

Jurusan Kearsipan di Indonesia termasuk ke dalam program vokasi. Di jurusan ini kita belajar tentang pengelolaan, pelaporan, pencarian, model, dan berbagai hal tentang arsip yang lain. Ilmu tentang kearsipan cukup penting karena setiap arsip memiliki standar sendiri.

Jurusan ini pun tak tersedia di setiap perguruan tinggi. D3 Kearsipan dengan akreditasi A saat ini hanya ada di Universitas Gadjah Mada. Sementara di kampus-kampus lain, Jurusan Kearsipan digabungkan dengan Jurusan Ilmu Perpustakaan.

 

2. Fisioterapi

Jika ditanya tentang jurusan-jurusan kesehatan, kita dapat dengan mudah menyebutkan Kedokteran, Farmasi, Keperawatan, dan lain-lain. But are you familiar with physiotherapy? Di jurusan ini kita belajar tentang ilmu fisioterapi, tentang bagaimana memperbaiki gangguan fungsi atau masalah pada pergerakan tubuh.

Jurusan D3 Fisioterapi dengan akreditasi A berada di Politeknik Kemenkes Surakarta. Di kota yang sama, ada S1 Fisioterapi terakreditasi A di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 

3. Teknik Pengelasan

Jurusan Teknik Pengelasan – have you ever heard about it, Sobat? Jurusan kuliah untuk calon Sarjana Terapan ini adalah tempat dimana kita belajar tentang teknik las di bidang otomotif hingga konstruksi lepas pantai. Alumni jurusan ini cukup penting bagi industri baja dan sejenisnya, hingga PT PELNI dan PT KAI.

Selain bekerja sebagai pengelas profesional di perusahaan, Sarjana Terapan dari jurusan ini pun punya peluang untuk mendirikan usaha pengelasan secara mandiri. D4 Teknik Pengelasan dengan akreditasi A saat ini berada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

 

4. Teknik Perkalapan

Teknik Perkapalan juga bukan jurusan yang difavoritkan oleh kebanyakan calon mahasiswa baru. Di jurusan ini kita belajar tentang kapal, bagaimana merancang dan membangunnya, struktur dan bentuk dasarnya, proses produksinya, cara memperbaikinya, navigasinya, pengoperasian armadanya, hingga tentang hukum laut.

Di mana kuliah Teknik Perkapalan? Kampus-kampus dengan Teknik Perkapalan terakreditasi A saat ini yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Diponegoro.

 

5. Teknik Perpipaan

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya punya jurusan yang menarik ini, Sobat. Telah terakreditasi A, di jurusan ini kita belajar tentang komponen dan perancangan pipa. Did you know, Sobat? Sistem perpipaan yang baik dibutuhkan di bidang industri seperti konstruksi pabrik hingga maritim seperti pada pengeboran minyak lepas pantai.

Karena luasnya bidang aplikasi perpipaan, tak heran bila mahasiswa jurusan ini juga belajar tentang Teknik Kimia. Bahkan materi perkuliahan mereka masih "berkerabat dekat" dengan Teknik Sipil.

 

6. Manajemen Transportasi

Alumni Program Diploma Manajemen Transportasi sering kita jumpai bekerja di Departemen Perhubungan, baik di Dinas Lalu Lintas Angkatan Darat (DLLAJ) maupun Angkasa Pura. Prospek kerja ini bukan tanpa alasan, Sobat. Selama kuliah, mahasiswa Jurusan Manajemen Transportasi belajar tentang manajemen lalu lintas kendaraan dan barang niaga di darat, laut, dan udara.

Alumni jurusan ini adalah mereka yang memahami tentang perencanaan, pengoperasian, dan pemeliharaan alat-alat transportasi. Mereka juga mengetahui bagaimana membuat kalkulasi biaya operasional kendaraan, menentukan tarif yang sesuai untuk diberlakukan, memperkirakan konsumsi bahan bakar, hingga mengatur rute transportasi.

D3 Manajemen Transportasi Udara dengan akreditasi A berada di Institusi Transportasi dan Logistik Trisakti. Dengan akreditasi yang sama, D3 Manajemen Transportasi Laut berada di Sekolah Maritim Yogyakarta dan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti. Sedangkan D4 Transportasi Darat terakreditasi A berada di Sekolah Tinggi Transportasi Darat Bekasi.

 

7. Kehutanan

Iya, jurusan ini jarang diminati oleh kebanyakan calon mahasiswa baru. And yes, our president today was graduated from Forestry. But no, you don't learn how to run a country at Forestry. Di Jurusan Kehutanan, kita belajar tentang manajemen hutan, teknologi hasil hutan, konservasi hutan, termasuk pula budidaya hutan.

Meskipun tak banyak peminat, Jurusan Kehutanan ada di banyak kampus. Beberapa diantaranya, misalnya, Universitas Lampung, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Hasanuddin.

 

Berminat kuliah di salah satu jurusan di atas, Sobat? Tentu Sobat Pintar sudah tahu bahwa memilih jurusan kuliah tak bisa dilakukan hanya berdasar pada peluang masuk. So, what's your choice, Sobat?

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet